Selasa, 12 Januari 2016

20.02.00
Bali merupakan pulau yang identik dengan keindahan alamnya yang mendunia. Bali merupakan aset wisata paling berharga bagi Indonesia. Tiap tahunnya, berjuta-juta wisatawan datang untuk menikmati keindahan pantai-pantai, bentang alam, dan budaya pulau dewata ini.

Selain memiliki pantai-pantai nan indah, ternyata bali juga punya banyak gunung yang layak untuk dijajal sebagai arena pendakian. Bagi para petualang yang kebetulan sedang berlibur di Bali, 4 gunung ini sangat layak untuk dikunjungi, demi melihat sisi lain keindahan pulau Bali.

1. Gunung Agung (3.031 Mdpl)

foto via gunungbagging.com
Dilihat dari statusnya sebagai gunung tertinggi di pulau Bali, dan merupakan satu-satunya gunung berketinggian di atas 3ribu mdpl, Gunung Agung jelas merupakan destinasi pendakian yang paling menarik untuk dijelajahi. Selain itu, seperti banyak tempat lainnya di Bali, gunung ini sangat disakralkan oleh masyarakat sekitar, sehingga ada banyak aturan adat istiadat setempat yang harus dipelajari sebelum mendaki gunung ini.

Untuk mendaki gunung Agung, bisa melalui jalur Pasar Agung yang merupakan jalur pendakian utama yang biasa digunakan para pendaki. Ada juga jalur lain seperti jalur Desa Junggul, Desa Pucang, dan jalur Kedumpal, namun ketiga jalur ini kurang direkomendasikan karena beberapa alasan, seperti jarang dilalui atau jalurnya tidak sampai puncak tertinggi.

2. Gunung Batur (1.717 Mdpl)

foto via samanthasiahaan.com
Gunung Batur merupakan destinasi paling populer untuk wisata hiking di pulau Bali. Alasannya jelas karena punya pemandangan sunrise yang sangat indah. Selain itu, karena ketinggiannya yang hanya 1.717 mdpl, gunung ini sangat bersahabat untuk di daki. Karena mungkin dikhususkan untuk objek pariwisata, berbagai fasilitas pendukung banyak dibangun di gunung ini. Beberapa warung juga bisa ditemui di atas gunung Batur.

2 jalur pendakian paling terkenal dan sering digunakan adalah jalur Pura Jati dan Toya Bungkah. Gunung ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi hiking santai ala-ala wisatawan.

3. Gunung Batukaru (2.276 Mdpl)

foto via travelplusindonesia.blogspot.co.id
Gunung Batukaru merupakan salah satu gunung dengan vegetasi pepohonan yang masih cukup terawat di Pulau Bali. Wajar saja, karena Gunung Batukaru merupakan kawasan Cagar Alam yang dilindungi. Di puncak gunung ini terdapat bangunan Pura tertinggi di pulau Bali, yakni Pura Puncak Kedaton.

3 jalur pendakian yang bisa dilalui antara lain via Desa Jatiluwuh, Pura Batukaru, dan Desa Pujungan. Seperti halnya gunung-gunung lain, Gunung Batukaru juga merupakan salah satu gunung yang disakralkan penduduk sekitar, terbukti dengan adanya Pura Batukaru di bawah, dan Pura Puncak Kedaton di atas.

4. Gunung Abang (2.151 Mdpl)

foto via keranjang2.wordpress.com
Gunung ini merupakan salah satu dari sedikit gunung berketinggian di atas 2ribu mdpl yang ada di Bali. Dengan ketinggian 2.151 mdpl, Abang menempati urutan ketiga tertinggi setelah Agung dan Batukaru. Gunung Abang merupakan tempat asal dan rumah bagi warga Bali Aga, penduduk asal pulau Bali. Tak heran di gunung ini akan banyak ditemukan bangunan pura dengan arsitektur khas Bali kuna.

Jalur yang bisa dilalui untuk mendaki gunung Abang antara lain via Desa Suter dan jalur Songan yang merupakan jalur pendakian terpanjang di Bali.

***

Sebagian besar gunung-gunung yang ada di pulau Bali merupakan tempat suci yang disakralkan oleh masyarakat sekitar, maka dari itu, sebagai tamu yang berkunjung, sudah sewajarnya jika kita harus menghormati dan menghargai adat istiadat yang dipercaya masyarakat sekitar. Selalu utamakan keselamatan dalam setiap pendakian dan jangan tinggalkan apapun selain jejak kaki, semoga bermanfaat, salam lestari!

Baca juga :
Gunung di Jawa Barat untuk Pendakian
Gunung di Jawa Tengah untuk Pendakian
Gunung di Jawa Timur untuk Pendakian

0 komentar:

Posting Komentar