Rabu, 08 April 2015

03.33.00
1

Info Gunung Galunggung - Galunggung merupakan sebuah gunung yang memiliki kawasan yang cukup luas, yang mencakup kawah talaga bodas di wilayah perbatasan garut, kawah saat di sisi utara, dan kawah pusat di sisi selatan yang mengarah ke kota Tasikmalaya. Puncak tertingginya berada di antara kawah-kawah tersebut, yakni gunung beuticanar (2.240 mdpl).

Kawah galunggung terakhir kali meletus pada tahun 1982-1984, dimana letusan tersebut sangat melegenda karena bencana besar yang dihasilkan oleh letusan gunung ini. Kini, kawasan kawah bekas letusan tahu 1982 tersebut menjadi kawasan wisata yang sangat nyaman untuk dikunjungi. Wisatawan dapat menikmati pemandangan kawah Galunggung dengan sangat nyaman, karena akses jalan dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya telah dibangun di kawasan ini. Untuk mencapai bibir kawah, anda hanya perlu berjalan menyusuri tangga yang tersedia. Selain wisata pemandangan kawah, di kawasan wisata galunggung ini, anda juga dapat menikmati pemandian air panas yang telah dilengkapi berbagai fasilitas seperti kolam dan bak mandi privat.
Bagi para pendaki, Galunggung menjadi pilihan mudah untuk tujuan camping. Kawah galunggung cocok untuk wisata camping anda, posisinya yang sangat dekat dari kota, membuat anda tak perlu waktu lama untuk sampai disini, sangat cocok bagi anda yang tak mempuanyai waktu libur yang panjang. Namun, bagi anda yang ingin mendaki mencapai puncak, kawah ini tidak menyediakan jalur untuk menuju ke beuticanar, dikarenakan tebing-tebing tinggi yang sangat sulit untuk dilalui. Bagi anda yang ingin mencari tantangan, mungkin bisa saja memaksakan ke puncak lewat kawah, namun bagi para pemula yang tak berpengalaman, disarankan untuk mengambil jalur lain yang lebih bersahabat, yakni lewat talaga bodas.

Talaga Bodas

Untuk mencapai talaga bodas, rute paling mudah adalah lewat Garut, tepatnya lewat daerah wanaraja, anda dapat menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai ke danau ini. Talaga bodas sendiri meupakan objek wisata yang dibuka untuk umum, maka dari itu anda tak akan kesulitan untuk mencari tempat ini. Talaga bodas merupakan sebuah danau kawah yang memiliki pemandangan indah, cukup mirip dengan kawah putih di gunung Patuha. Bagi anda yang ingin melalui rute dari Tasik, ada juga rute menuju talaga bodas lainnya, yakni dari arah rajapolah dan ciawi, namun rute ini tak bisa dilewati dengan kendaraan, jalur ini hanya dapat dilewati dengan hiking.
Posisi puncak sendiri sebenarnya tak terlalu berbeda jauh dari posisi Talaga bodas, elevasinya kurang lebih hanya 500 meter lebih tinggi dari talaga bodas, namun jalur yang cukup sulit untuk di lalui akan menyulitkan anda, sehingga butuh waktu cukup lama untuk sampai ke puncak beuticanar. Jalur ini sangat jarang digunakan, sehingga banyak ditumbuhi rumput-rumput liar. Jika anda ingin menuju ke puncak, disarankan untuk meminta bantuan penduduk lokal sebagai penunjuk arah.
Sejam setelah anda berjalan, anda akan keluar dari vegetasi hutan dan menemukan area berpasir terbuka. Inilah kawah saat (1.827 mdpl), tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat istirahat sejenak, sambil menikmati pemandangan sekitar. Setelah itu, anda akan memasuki vegetasi hutan lagi, dengan track yang semakin sulit. Kurang lebih butuh waktu sekitar 3 jam perjalanan dari danau talaga bodas menuju puncak beuticanar.


Puncak beuticanar sendiri merupakan kawasan terbuka yang cukup untuk diisi sekitar 7 tenda pendaki. Pemandangan yang ada sangat indah terlihat, kawah saat dan talaga bodas akan terlihat sangat indah dari sini. Pemandangan kawah galunggung tak akan terlihat dari sini, karena posisinya yang tepat berada di belakang kawah tersebut.

Baca juga info gunung lainnya disini. Semoga bermanfaat, salam lestari!

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus