Sabtu, 20 Juni 2015

00.00.00

Lagu untuk Mendaki - Musik merupakan suatu karya seni yang benar-benar sangat dicintai oleh hampir semua manusia di muka bumi ini, sampai rasa-rasanya kamu bakal dianggap manusia aneh kalau sampai alergi mendengarkan musik, hehe. Ya, semua orang suka musik, tak terkecuali para pendaki gunung. Saat menghadapi kebetean menghadapi jalur terjal tiada akhir, musik bisa jadi penghibur yang membantu mempertahankan mood dan semangat. Saat bahan obrolan habis, musik bisa jadi solusi bahan obrolan baru bersama teman pendaki. Saat kesepian dan sedikit ketakutan dikala mendaki seorang diri, musik bisa menjadi teman pembuat hati tentram. Pokoknya musik adalah salah satu elemen penting yang bisa jadi solusi untuk memecahkan permasalahan pendaki.

Nah, kali ini saya akan memberikan beberapa daftar lagu atau playlist yang bisa kamu putar saat sedang mendaki gunung. Setiap pendakian pastinya punya tema, tipe, ataupun tujuan yang berbeda, oleh karena itu daftar lagu yang kami rekomendasikan pun akan disesuaikan dengan jenis pendakian yang kamu lakukan. Dan untuk kali ini, kami akan memberikan rekomendasi rangkaian lagu yang layak diputar saat kamu melakukan pendakian santai. Apa saja lagu-lagunya, so check this out gengs!

1. Learn to Fly - Foo Fighter


Selain iramanya yang asik dan ramah walaupun lumayan nge-rock, salah satu lagu terpopuler dari grupnya Dave Grohl ini punya lirik yang asik dan cocok buat para pendaki gunung. Dari judulnya aja udah cocok banget, pendaki kan mencari ketinggian seolah-olah mau belajar terbang kayak burung. Lagu ini dijamin bakalan menghibur kamu selama perjalanan pendakian santaimu berlangsung.

2. What a Wonderful World - Rod Stewart


Saat melakukan pendakian santai, pastinya kamu punya banyak waktu buat menikmati keindahan pemandangan alam sepanjang perjalanan. Lagu yang aslinya dibawakan oleh Louis Armstrong ini bakalan cocok menemani kamu menikmati dan mensyukuri keindahan alam saat sedang melakukan pendakian, tengok aja liriknya yang memuji-muji keindahan alam. Dengan suara yang serak-serak basah, Rod Stewart berhasil me-remake lagu ini menjadi lebih bernyawa dan lebih nyaman untuk di dengar.

3. Patience - Gun n' Roses



GNR emang terkenal sebagai band rock yang sangat mendunia, lagu-lagunya pun kebanyakan berirama rock yang sangat keras. Namun, jangan panik, lagu satu ini akan sangat nyaman untuk didengarkan siapa saja, dengan siulan Axl Rose di awal dan petikan gitar yang renyah dari Slash, lagu ini bakal memanjakan telingamu sepanjang perjalanan pendakian.

4. Hidup Adalah Perjuangan - Dewa 19


~Kemenangan hari ini, bukanlah berarti kemenangan esok hari, kegagalan hari ini, bukanlah berarti kegagalan esok hari, hidup adalah perjuangan tanpa henti-henti, usah kau menangisi hari kemarin, aaaa~ Itulah sedikit penggalan lirik lagu dari salah satu band terbesar di Indonesia ini. Irama musiknya yang asik, dan lirik lagunya yang memotivasi bakalan cocok untuk kamu dengarkan saat mendaki gunung.

5. Supersonic - Oasis


Irama britpop yang sedikit ngerock dari lagu Oasis yang satu ini, sangat asik untuk didengarkan sambil menyusuri tanjakan terjal sepanjang jalur pendakian. Suara merdu Liam Gallagher dipadu dengan tabuhan drum dan cabikan gitar sang kakak, menjadikan lagu ini salah satu lagu terbaik milik Band legendaris asal kota Manchester ini.

6. Kesepian Kita - Pas Band feat Tere


Salah satu lagu favorit saya saat mendaki gunung. Irama grunge-nya yang cukup bersahabat, dengan lirik yang sangat dalam, membuat lagu ini layak masuk daftar playlist lagu untuk menemani pendakianmu. 

7. Somewhere only We Know - Lily Allen


Alunan piano, suara merdu dari seorang gadis, dan lirik lagu yang berbau alam, jadi kombinasi yang sangat pas untuk didengarkan sambil berjalan menyusuri jalan setapak di hutan belantara. Kenapa tidak versi aslinya yang dinyanyikan oleh Keane? Karena saya laki-laki, sukanya yang versi perempuan, hehehe. So, why don't we go, somewhere only we know..

8. Kembali - Steven & Coconut Treez


Buat para pecinta musik Reggae, saya masukkan salah satu lagu paling nyaman untuk di dengarkan sepanjang pendakian, yaitu lagu "Kembali" dari Steven & Coconut Treez. Irama reggae yang sudah tentu sangat asik untuk didengarkan, ditambah lirik yang sangat pas, lagu ini sangat layak masuk dalam playlist mendakimu. Disini yang berikan damai dihati..yeee..

9. Hard Sun - Eddie Vedder


Buat yang suka dan sudah nonton film Into the Wild, pastinya bakal tak asing dengan lagu yang satu ini. Ya, lagu ini adalah salah satu lagu soundtrack film petualangan Chrish McCandless tersebut. Saat mendengarkan lagu ini sambil menyusuri jalan setapak di tengah hutan, dijamin kamu bakal terbayang gimana kerennya petualangan Alexander Supertramp, hehe.

10. Mahameru - Dewa 19


Wah lagu ini sudah pasti wajib masuk daftar putar setiap pendakian gunung, apalagi bagi kamu yang sedang mendaki Gunung Semeru. Liriknya bercerita tentang pendakian gunung, disertai petikan gitar dan musik yang sangat enak didengar, dan ada juga suara alam pegunungan malam hari di awal lagu yang bikin lagu ini makin spesial. Top deh pokoknya, dinyanyikan oleh Ari Lasso yang ternyata juga dulunya gemar mendaki gunung, membuat lagu ini semakin bernyawa.

Itulah 10 lagu yang layak untuk masuk ke dalam playlist lagu pendakian santai yang akan kamu lakukan. Pilihan lagu ini sepenuhnya adalah versi penulis, dengan tentunya dipengaruhi berbagai genre musik yang disukai penulis. Bagi kamu yang punya usulan lagu lain yang juga sangat asik untuk di dengarkan saat mendaki, silahkan tambahkan di kolom komentar.

Oh hampir lupa, hargailah privasi pendaki lain saat kamu memutar musik dikala mendaki, baiknya gunakan headset agar tidak menimbulkan polusi suara yang bisa mengganggu ketenangan orang lain, apalagi saat malam hari dimana waktunya pendaki lain untuk beristirahat. Namun jika mereka tak terlihat terganggu, lanjutkan saja putar musikmu, siapa tahu mereka juga ikut terhibur dan menikmati, hehe. Salam Lestari!

0 komentar:

Posting Komentar