Jumat, 02 Oktober 2015

01.04.00
1
carrier atau keril atau ransel untuk mendaki gunung
Pendaki gunung itu identik dengan tas-tas gede berisi seabrek peralatan dan perbekalan yang selalu menempel di punggunya kemanapun ia akan berjalan. Tas gede yang biasa dipanggil carrier atau keril ini perannya memang sangat penting buat pendaki, tanpa carrier, pendaki bakal kesulitan membawa segala peralatan yang dibutuhkan dalam pendakian. Demi keamanan dan kelancaran pendakian, kamu perlu punya carrier berkualitas baik yang bisa diandalkan, soalnya jika si carrier kualitasnya jelek alias abal-abal, nantinya pasti bakal merepotkan atau malah mencelakakan pendakian yang kamu lakukan. Buat kamu yang kebetulan akan membeli sebuah carrier, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat saat hendak membeli sebuah carrier yang akan kamu pakai untuk mendaki gunung.

Pilih Brand yang Terkenal Berkualitas Bagus

Brand-brand internasional yang sudah terkenal mendunia macam Osprey, REI, The North Face, atau Deuter  pastinya tidak akan menawarkan produk dengan kualitas abal-abal. Pikirkan saja, jika barang-barang dari brand tersebut berkualitas buruk, mana mungkin hingga saat ini brand tersebut masih dipercaya banyak pendaki dunia. Maka dari itu, jika memang tersedia, dan dana yang kamu punya mencukupi, lebih baik kamu beli carrier dari brand-brand terkenal tersebut. Jika mencari carrier dengan harga yang lebih bersahabat, brand-brand lokal yang sudah cukup terkenal seperti Eiger, Consina, Cozmeed atau Avtech bisa dijadikan pilihan alternative. Jangan coba-coba untuk membeli carrier dari brand yang belum teruji kualitasnya, salah-salah nanti malah menyusahkan jika tiba-tiba carrier abal-abal yang kamu beli malah rusak di tengah pendakian.

Perhatikan Kapasitas

Berikutnya kamu perlu mempertimbangkan kapasitas carrier yang akan kamu beli sesuai dengan kebutuhan. Kapasitas ini bergantung pada jenis kegiatan yang bakal kamu lakukan dengan lama waktu pendakian yang bakal kamu jalani, karena jumlah barang yang perlu kamu bawa sangat bergantung pada 2 hal tersebut. Berikut ini ada table tentang perbandingan kapasitas carrier yang dibutuhkan terhadap waktu pendakian yang akan kamu lakukan.

Lama Waktu Perjalanan
Kapasitas Carrier (liter)
1-3 Malam
35-50
3-5 Malam
50-80
Lebih dari 5 Malam
80+

Perhitungkan Berat Sendiri dari Carrier

Jika kamu penyuka dan sering menerapkan style ultralight dalam pendakian, berat setiap barang yang kamu bawa pastinya akan menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan, tak terkecuali berat dari carrier yang kamu bawa. Berat carrier biasanya tergantung dari jenis dan tipe carrier, misalnya carrier Deuter ACT Lite akan punya berat yang lebih ringan dari Futura Pro. Sesuaikan pilihan kamu dengan style dan tipe pendakian yang sering kamu lakukan.

Sesuaikan dengan Ukuran Tubuh terutama Punggung

Jika kamu sudah memilih brand yang disukai, kemudian telah menyesuaikan kapasitas yang kamu butuhkan, jangan buru-buru langsung bayar dan pergi dulu, masih banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan terlebih dahulu, diantaranya soal pas atau tidaknya ukuran carrier dengan punggungmu. Lebih baik coba-coba pakai dulu carrier yang akan kamu beli, apakah pas atau tidak dengan ukuran tubuhmu, terutama panjang punggung. Beberapa merk menyediakan beragam ukuran carrier yang bisa dipilih, jika carrier yang telah kamu pilih tidak pas dengan ukuran tubuhmu, cobalah untuk menanyakan apakah carrier tersebut tersedia dalam ukuran yang lain. Hal ini penting demi kenyamanan carrier saat nanti kamu pakai mendaki medan-medan terjal di gunung sana.

Pertimbangkan Fitur-fitur Tambahan yang Dimiliki

Frame

Kebanyakan carrier saat ini sudah dilengkapi dengan frame baja, baik di dalam maupun luar carrier. Frame ini sangat penting perannya menyangkut keseimbangan penyebaran beban pada tubuh.

Akses Masuk Utama dan Tambahan

Carrier dengan kapasitas besar biasanya punya akses masuk dari bagian atas, namun tak jarang juga yang menyediakan akses masuk alternative berupa risleting di bagian tengah ataupun bawah carrier. Hal ini akan memudahkan kamu saat tiba-tiba harus mengambil barang yang sudah terlanjur kamu packing di bagian dalam carrier. Jika tak ada akses tambahan ini, kamu terpaksa harus mengeluarkan barang-barang diatasnya untuk dapat mengambil barang tersebut.

Tempat Khusus Sleeping Bag

Sleeping bag biasanya punya ukuran yang lumayan besar, selain itu juga harus selalu terhindar dari basah, maka dari itu, barang ini lebih baik kamu pisahkan dari barang-barang lain, terutama yang mengandung air. Karena itu, carrier yang punya tempat khusus untuk sleeping bag (biasanya di bagian bawah) bisa kamu pertimbangkan.

Kantong-kantong Tambahan

Kadangkala kantong-kantong tambahan di bagian luar carrier itu sangat penting dan berguna sekali, terutama jika kamu termasuk tipe pendaki agak ribet yang suka membawa banyak barang-barang kecil yang akan kamu pergunakan selama pendakian. Dengan adanya kantong-kantong tambahan di bagian luar, kamu bisa memisahkan barang tersebut dari barang-barang utama yang tersimpan di dalam carrier, agar lebih mudah dibawa saat diperlukan. Kantong luar dengan risleting akan lebih baik untuk menyimpan barang penting. Kantong samping yang elastic juga sangat bagus untuk menyimpan botol minuman atau matras gulung.

Fitur Lainnya

Fitur-fitur lain seperti tempat menggantung barang di bagian luar juga perlu kamu pertimbangkan, karena mungkin ada beberapa barang harus disimpan di bagian luar carrier, seperti misalnya fitur untuk menggantung kernmantle, webbing, carabiner, dll saat kamu melakukan pendakian yang membutuhkan peralatan panjat tebing.

Cek Aksesories Carrier

Yang ini kadang sering terlupakan (pengalaman pribadi), setiap jenis carrier biasanya punya beragam aksesoris tambahan seperti coverbag dan kantong air minum. Karena di Indonesia ini negara tropis, hutan di gunung yang bakal kamu jelajahi juga pastinya bertipe hutan hujan tropis, akan lebih baik jika carrier yang kamu pilih punya cover bag sebagai pelindung yang bisa diandalkan saat harus mendaki ditengah guyuran hujan.

Pilih Desain dan Gaya Carrier yang Kamu Suka

Yang ini tidak terlalu penting sih, karena dalam memilih carrier untuk mendaki gunung, faktor fungsi lebih utama daripada gaya. Namun bagi sebagian orang, gaya atau style juga merupakan factor penting yang jadi perhatian. Memang sih carrier itu biasanya menjadi cirri utama yang dibanggakan para pendaki, tak heran jika carrier yang kita bawa tergolong punya desain bagus, kita juga pastinya bakal melangkah dengan lebih percaya diri. Untuk itu, jika tersedia, pilihlah carrier dengan warna dan desain yang kamu sukai.

Tambahan :

Bagi pendaki wanita, jika tersedia, akan lebih baik untuk membeli carrier yang didesain khusus untuk wanita. Carrier khusus untuk wanita akan memberikan kenyamanan yang lebih baik saat dipakai dibandingkan dengan carrier standar, karena pasti dibuat dengan menyesuaikan bentuk tubuh dari wanita.

Itulah beberapa tips memilih carrier untuk mendaki gunung yang dapat saya bagikan. Jika ada kesalahan dalam tulisan diatas atau ada tips lain yang ingin kamu tambahkan, jangan ragu untuk menuliskannya dalam kolom komentar. Semoga bermanfaat, salam lestari!

1 komentar:

  1. selamat malam,

    karena kebetulan saya melihat banyak artikel di blog ini yang merupakan hasil copy paste dari blog saya di bluetripper.com,

    saya mohon sedikit kebijaksanaan anda untuk minimal mencantumkan sumber dengan link yang mengarah langsung ke blog saya, sebagai sedikit penghargaan atas usaha mereka yang susah payah membuat konten tersebut,

    terus terang saya tidak melarang orang lain untuk mengcopy artikel2 dari blog saya, namun dengan catatan tetap menyertakan sumber asli dari mana tulisan itu diambil,

    terima kasih untuk perhatiannya, salam..

    BalasHapus