Minggu, 02 Agustus 2015

19.47.00

7 Gunung Terindah - Indonesia memang sangat terkenal punya keindahan alam yang luar biasa. Gunung, laut, hutan, sungai, dan danau indah banyak bertebaran di sepanjang negara kepulauan ini dari ujung barat Pulau Sumatra sampai ujung timur di Papua. Berada di pertempuan garis pegunungan sirkum Pasifik dan Mediterania, membuat kepualauan Indonesia kaya akan gunung-gunung berapi yang punya keindahan tiada tara. Keindahan ini telah diakui oleh dunia, dengan terkenalnya Indonesia sebagai tujuan pariwisata favorit turis mancanegara.

Karena keindahannya itu, banyak gunung-gunung di Indonesia menjadi daya tarik wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satu wisatawan paling banyak mengunjungi tempat-tempat indah di ketinggian ini adalah para pendaki gunung. Ya, menapaki ketinggian puncak-puncak gunung yang dalam berbagai kisah mitologi merupakan tempat para dewa, tidak dapat dilakukan oleh sembarangan wisatawan. Perlu peralatan khusus, dan fisik yang mumpuni untuk dapat menapaki medan-medan terjal sebelum sampai di puncak tertinggi dan menikmati manisnya keindahan pemandangan yang tersaji.

Terlepas dari itu, ada juga beberapa gunung indah yang bisa kamu kunjungi tanpa harus melalui perjalanan panjang berliku dan tanpa butuh peralatan mendaki, gunung-gunung ramah ini terbuka untuk siapa saja yang ingin menikmati keindahan pemandangannya.

Untuk menambah wawasan anda soal gunung-gunung indah yang ada di Indonesia, kali ini kami akan memberikan sedikit informasi tentang 7 gunung terindah yang ada di Indonesia versi The Bluetripper. Gunung mana saja yang masuk ke dalam daftar ini, langsung saja kamu pantengin satu persatu mulai dari yang di bawah ini.

  • Bromo

via wisatajatim.info
Siapa yang tak kenal sama gunung kece yang satu ini, keindahannya bahkan sudah sangat diakui dunia. Beberapa media internasional bahkan melabeli gunung ini sebagai salah satu tempat paling fotogenik yang ada di dunia. Liat aja foto di atas, siapa yang ngga terpesona kalo disuguhi pemandangan sekelas itu. Bromo yang ngga tinggi-tinggi banget (puncak tertinggi 2329 mdpl) sangat cocok buat dikunjungi sama kamu yang baru mulai ingin menikmati sensasi wisata gunung. Lokasinya yang bisa dijangkau kendaraan bakal memudahkan kamu buat berkunjung ke tempat keren ini. Bromo ada di Jawa Timur, dengan masuk ke 4 wilayah kabupaten, yakni Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, dan Malang, juga masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sunrise nan mempesona di gunung ini adalah panorama yang paling diburu para wisatawan.

  • Rinjani

via panoramio.com
Salah satu gunung tercantik dan terindah yang jadi favorit banyak pendaki. Rinjani berdiri mempesona di tengah pulau Lombok, salah satu pulau indah yang jadi tujuan wisata di Indonesia. Ketinggiannya yang cukup menjulang, serta pesona alamnya yang begitu mempesona membuat Rinjani belakangan ini kebanjiran pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satu spot paling banyak dituju adalah danau segara anak, sebuah danau besar serupa kawah di tengah-tengah gunung cantik ini. Selain punya pesona keindahan yang tak ada duanya, Rinjani juga merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah Kerinci. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa gunung ini begitu disukai para pendaki.

  • Semeru

via justenote.wordpress.com
Nampaknya Semeru kini sudah terlalu hits, sehingga saya tak perlu lagi membahas secara panjang lebar tentang gunung yang satu ini. Pokoknya gunung ini indahnya poll banget, dan juga merupakan gunung tertinggi pulau Jawa. Mahameru sebagai puncaknya merupakan tempat yang sangat legendaris, ada juga Ranu Kumbolo sebagai salah satu danau paling indah yang ada di Indonesia. Gunung ini makin hits setelah beberapa tahun lalu dijadikan setting film 5 cm. Sayangnya dengan semakin hits dan banyaknya pengunjung, Semeru kini semakin kotor dengan banyaknya sampah yang ditinggalkan para pendaki yang tak bertanggungjawab.

  • Merbabu

via tourmdpl.hol.es
Sekarang ini, Merbabu lagi berada dalam jajaran gunung paling hits di Indonesia. Dengan keindahan padang savananya, serta view langsung ke gunung Merapi, gunung ini berhasil menarik banyak pendaki untuk menjamahi puncak-puncaknya. Merbabu ada di Jawa Tengah, dan termasuk ke dalam 4 wilayah kota, Magelang, Boyolali, Salatiga dan Semarang, sehingga gunung ini punya banyak jalur pendakian yang bisa kamu lalui, dengan yang paling populer dari Selo Kabupaten Boyolali.

  • Papandayan

Tegal Alun
Salah satu gunung yang sedang hits juga, Papandayan populer dengan keindahan Hutan Mati dan Tegal Alun-nya. Gunung ini menjadi tempat favorit karena sangat ramah buat para pendaki pemula. Papandayan cukup mudah dijangkau, dengan trek pendakian yang sangat bersahabat. Lokasinya yang berada di Garut Jawa Barat, menjadikan gunung ini salah satu destinasi favorit pendaki Ibu Kota, karena tak terlalu jauh untuk dijangkau.

  • Kelimutu

via indonesia360derajat.wordpress.com
Ada danau di ketinggian gunung, airnya keren lagi, punya beraneka rupa warna, so pasti tempat ini indah banget bro. Kelimutu emang ngga terlalu tinggi, cuma sekitar 1.639 mdpl saja, tapi keistimewaannya punya danau tiga warna yang dulu pernah hits banget karena menjadi gambar di uang rupiah pecahan 5000. Kelimutu ada di pulau Flores Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kabupaten Ende. Kelimutu punya tiga buah danau indah di puncaknya, yang jadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

  • Jayawijaya A.K.A Cartenz

via jayanjayan.com
Ada salju di khatulistiwa, apa mungkin? Secara kan wilayah kita ini punya iklim tropis yang ngga ada musim salju nya. Tapi bener lho, dan saljunya juga salju abadi, alias ngga akan cair-cair (dengan catatan iklim dunia masih normal, pemanasan global ngga makin parah), dan salju itu cuma bakal kamu temukan di Puncak Jaya alias Cartenz Pyramid di Papua. Gunung indah ini masuk dalam jajaran seven summit dunia, dengan predikat sebagai gunung tertinggi di kawasan Oceania. Puncak tertingginya super menjulang, yakni setinggi 4.884 mdpl. Pendakian ke puncak gunung ini juga dikenal sebagai salah satu pendakian termahal di dunia, karena butuh banyak peralatan perang yang harus benar-benar mumpuni.

Itulah tadi daftar tujuh gunung terindah yang ada di Indonesia, apa kamu setuju dengan pilihan penulis? Jika kamu punya pendapat lain, silahkan tuliskan di kolom komentar. Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat untuk kamu semua, salam lestari!

0 komentar:

Posting Komentar