Jumat, 21 Agustus 2015

22.38.00
via madimuktiyonotravelnotes.wordpress.com
Info Gunung Merbabu - Siapa yang tak kenal Gunung Merbabu, belakangan ini Merbabu menjelma menjadi salah satu destinasi favorit pendakian di Indonesia. Dengan banyaknya jalur pendakian, dan juga pemandangan alam yang sangat mempesona, tak heran Gunung Merbabu yang setinggi 3.142 mdpl ini jadi idaman para pendaki untuk menghabiskan waktu luangnya. Merbabu terkenal dengan padang sabana-nya yang sangat luas, tempat ini kerap dijadikan latar berfoto para pendaki yang datang berkunjung kemari.

Beberapa hari ini, nama gunung Merbabu sedang ramai-ramainya menjadi pemberitaan di beberapa media, baik online maupun cetak. Kebakaran hebat yang sedang berkobar di gunung ini membuat geger masyarakat, khususnya para penikmat alam dan pecinta lingkungan. Gunung yang sedang menjadi destinasi favorit para pendaki ini memang memiliki karakteristik vegetasi yang yang rentan mengalami kebakaran, apalagi jika musim kemarau datang melanda. Maka dari itu, sebagai pendaki, kita harus bisa menjaga prilaku dan kebiasaan untuk tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

Lokasi

from infopendaki.com

Gunung Merbabu yang bersebelahan dengan Merapi berada di Jawa Tengah, tepatnya masuk kedalam 4 wilayah administratif, yakni Boyolali di sisi timur dan selatan, Magelang di lereng barat, serta Salatiga dan Semarang di utara.

Spot Menarik

Ada banyak sekali keindahan yang tersimpan di gunung Merbabu. Mulai dari padang sabana yang sangat luas, momen sunrise yang indah, bunga-bunga edelweiss, dan tentunya view ke gunung-gunung yang ada di sekitar. Jika kamu naik lewat jalur Selo, kamu bakal disuguhi view gunung Merapi yang sangat mewah, hal inilah yang kemudian membuat jalur Selo menjadi favorit para pendaki.
  • View Gunung Merapi
from @mehoo_21
  • Sabana
from @mehoo_21
  • Sunrise
from @wildnsf

Puncak

Gunung Merbabu memiliki 2 puncak yang kerap dikunjungi para pendaki, yakni puncak Syarif dan puncak Kentheng Songo atau Triangulasi. Puncak paling tinggi adalah Kentheng Songo dengan ketinggian mencapai 3.142 meter dari permukaan laut.
  • Puncak Syarif (3.119 mdpl)
from @aiparief
  • Puncak Kentheng Songo/Triangulasi (3.142 mdpl)

Jalur Pendakian

  • Selo (Boyolali)
Jalur ini adalah yang paling populer digunakan para pendaki, medannya yang tergolong tak terlalu berat, serta pemandangannya yang super indah membuat jalur ini sangat cocok digunakan para pendaki pemula serta para pecinta fotografi alam. Desa Selo berada di wilayah Kabupaten Boyolali, desa ini letaknya sangat strategis, karena berada diantara 2 gunung yakni Merbabu dan Merapi. Jika kamu berniat untuk mendaki keduanya, Selo sangat cocok dipilih untuk starting dan meeting point.

Untuk sampai ke Desa Selo, kamu bisa datang lewat Magelang ataupun Boyolali. Disini ada banyak basecamp yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat dan menyimpan kendaraan yang dibawa. Ada banyak juga warung-warung makan yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi perut sebelum atau sesudah melakukan pendakian.

Waktu tempuh perjalanan pendakian jalur Selo kurang lebih selama 8-9 jam, dengan rincian sebagai berikut :

Dari Basecamp ke Pos 1 kurang lebih 2,5 jam
Pos 1 ke Pos 2 kurang lebih stengah jam
Pos 2 ke Sabana 1 kurang lebih 2,5 jam
Sabana 1 ke Pos 3 lalu ke Sabana 2 kurang lebih 1,5 sampai 2 jam
Sabana 2 ke puncak Kentheng Songo kurang lebih 1 jam
Puncak Kentheng Songo ke Puncak Syarif kurang lebih stengah jam

Berikut sedikit gambaran foto-foto pendakian Merbabu via Selo.

from @ibnunurkafi
from @erikaaerill
from @ikhwanfauji
  • Kopeng (Salatiga)
Ada 2 jalur yang bisa dipilih jika kamu ingin mendaki Merbabu via Kopeng, yakni via Cunthel dan Thekelan yang nantinya akan bertemu di dekat pemancar. Kedua jalur ini memiliki karakteristik yang cukup sama, yakni cukup ekstrem. Jika kamu merupakan pendaki yang suka tantangan, mendaki Merbabu via Kopeng bisa jadi pilihan yang bagus, banyak sekali tanjakan terjal dengan medan curam yang bakal ditemui. Kopeng sendiri berada di wilayah Kabupaten Salatiga.

Jika kamu mendaki lewat Cunthel, waktu perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih 8-9 jam, tergantung kecepatan langkah mendakimu. Rincian waktunya adalah sebagai berikut :

Basecamp menuju Pos 1 kurang lebih 1 jam
Pos 2 ke Pos 2 kurang lebih 1 jam
Pos 2 ke Pos 3 kurang lebih 1 jam
Pos 3 ke Pos 4 kurang lebih 1 jam
Pos 4 menuju Pemancar kurang lebih 1 stengah jam
Pemancar menuju Puncak Syarif kurang lebih 1 stengah jam
Puncak Syarif ke Puncak Kenteng Songo kurang lebih 1 jam

Sedangkan jika via Thekelan juga makan waktu 8-9 jam hampir sama seperti lewat Chuntel. Rincian waktunya bisa dilihat di bawah ini :

Basecamp ke Pos Pending kurang lebih 1 jam
Pos Pending ke Pos 1 Gumuk kurang lebih 1 jam
Pos 1 Gumuk menuju Pos 2 Lempong Sampan kurang lebih 1jam
Pos 2 Lempong Sampan menuju Pos 3 Watu Gubuk kurang lebih 1 jam
Pos 3 Watu Gubuk ke Pos 4 Pemancar kurang lebih  1 jam
Pos 4 Pemancar ke Pos 5 Helipad kurang lebih 1 jam
Pos 5 Helipad ke Puncak Syarif kurang lebih 1 jam
Pucak Syarif menuju Puncak Kenteng Songo/Triangulasi kurang lebih 1 jam

Untuk waktu tempuh turun gunung, pastinya bakal lebih cepat dari waktu pendakian, karena trek dipastikan didominasi turunan, barang bawaan pun sudah berkurang, hanya tergantung kecepatan langkah kakimu saja. Perlu diingat untuk jangan turun terlalu terburu-buru, lebih baik sedikit lambat demi menghindari kecelakaan dan cedera.
Berikut sedikit penampakan pendakian Merbabu via Kopeng.

from @dianzaitunah
from @putriempatlima
  • Wekas (Magelang)
Berikutnya ada jalur Wekas yang masuk wilayah Magelang. Jalur ini bisa dibilang yang paling menengah diantara lewat Kopeng yang ekstrem, dan Selo yang santai. Untuk sampai ke Wekas, kamu bisa menuju Magelang kota terlebih dahulu, untuk kemudian mencari angkutan menuju Wekas. Keuntungan mendaki lewat jalur ini adalah tersedianya sumber air di Pos 2.

Pendakin lewat jalur ini punya waktu tempuh yang tak terlalu beda dengan jalur lainnya, yakni 8-9 jam, dengan rincian sebagai berikut :

Basecamp ke Pos 2 kurang lebih 3 stengah jam
Pos 2 ke Persimpangan kedua sebelum puncak kurang lebih 4 jam
Persimpangan menuju Puncak Syarif kurang lebih setengah jam
Puncak Syarif ke Puncak Kenteng Songo kurang lebih stengah jam

Berikut sedikit gambaran lewat foto-foto pendakian Merbabu via Wekas.

Estimasi Biaya

Untuk ongkos dari tempat asalmu menuju basecamp pendakian yang kamu pilih, silahkan kalkulasikan sendiri, karena pasti berbeda-beda tiap orangnya. Untuk tiket pendakian semua jalur punya tarif sama yakni Rp.10.000,- per orang per hari. Untuk tarif parkir kendaraan, motor Rp.3.000,- mobil Rp.10.000,-. Perhitungkan juga biaya untuk membeli perbekalan ransum, P3K, sewa alat (jika tak punya alat pendakian), dan biaya tak terduga.

Tips

  • Selalu utamakan untuk minta izin dan doa pada Orang tua, kerabat dekat, ataupun teman. Beritahukan tujuan pendakian kamu, dan beritahu kapan kamu akan pulang, sehingga jika ada sesuatu yang tak terduga, mereka bakal cepat tanggap untuk memberikan bantuan.
  • Lihat kondisi alam dan cuaca untuk menentukan waktu pendakian. Browsing kabar tebaru dari gunung ini, jangan-jangan karena kondisi tertentu, pendakian sedang ditutup.
  • Persiapkan fisik terlebih dahulu, minimal seminggu sebelum waktu keberangkatan.
  • Pelajari kondisi medan dan karakteristik gunung yang dituju. Ketahui dimana letak sumber air yang tersedia, agar kamu bisa mempersiapkan perbekalan yang dibutuhkan.
  • Persiapkan peralatan dengan lengkap, kondisi bagus, dan benar-benar aman untuk digunakan.
  • Jika kamu masih pemula, atau belum terlalu berani untuk mendaki sendiri, lakukan pendakian dengan personil grup minimal 3 orang.
  • Diusahakan untuk tidak membuat api unggun, kecuali untuk kondisi darurat. Jika kamu seorang perokok, jangan buang puntung rokok yang masih menyala secara sembarangan. Gunung Merbabu merupakan gunung yang rentan kebakaran, apalagi pada musim kemarau.
  • Baca tips-tips pendakian lainnya disini.

Referensi :
infopendaki.com
id.wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar