Rabu, 09 September 2015

08.25.00
Info Gunung Andong – Di kala gunung-gunung tinggi macam Semeru, Merbabu, dan Sumbing sedang ramai dikunjungi dan sangat disukai oleh para pendaki, nama Gunung Andong tiba-tiba menyeruak ke permukaan menjadi salah satu destinasi favorit pendakian belakangan ini. Tak seperti gunung-gunung keren yang disebut diatas, ketinggiannya Gunung Andong cuma 1.726 mdpl saja, namun punya sejuta pesona keindahan dengan landscape gunung yang sangat menarik dan sedap dipandang. Bagi kamu yang sedang mencari destinasi baru untuk mendaki, Andong bisa jadi pilihan bagus. Selain itu, gunung ini juga cukup ramah untuk mereka yang masih baru dan pemula di dunia pendakian, sehingga tak heran, setiap akhir pecan, puncak gunung Andong bakal selalu kebanjiran tenda pendaki yang berbondong-bondong ingin merasakan pesona puncak gunung gemes yang satu ini.

via @rinawjy

Lokasi

Gunung Andong terletak di Kota Magelang, tepatnya di  Girirejo Kecamatan Ngablak. Gunung ini berdampingan dengan Gunung Telomoyo membentuk lanskap indah yang melingkari Magelang. Gunung ini juga berada di perbatasan Salatiga, Semarang, dan Magelang.

Spot Menarik

Tak banyak spot menarik yang ditawarkan oleh gunung yang satu ini, jika kamu mendaki Andong, otomatis tujuan utama kamu hanya puncak Gunung ini saja. Ya, puncak Andong memang punya pemandangan luar biasa indah, dengan lanskap gunung yang berbentuk seperti punduk sapi, puncak andong menawarkan view lanskap yang berbeda dengan gunung-gunung lainnya. Di puncak gunung ini kamu bakal disuguhi pemandangan indah perkotaan di bawah, dan jika beruntung, kamu juga bakal bisa menikmati momen sunrise cantik, dan lautan awan yang menyelimuti kota di bawah puncak Andong.

via @liliskhusniati
via @yusdian23

Puncak

Andong Peak (1726 masl)

via @idaicuud

Jalur Pendakian

Satu-satunya jalur utama yang biasa dipakai para pendaki Gunung Andong adalah via Dusun Pendem, Girirejo, Ngablak Kab.Magelang. Mendaki gunung andong via jalur ini bisa ditempuh dengan waktu hanya 2 jam saja, sehingga gunung ini tergolong sangat ramah untuk para pendaki, khususnya pemula. Tak heran banyak sekali pengunjung yang hanya sekedar ingin camping ceria di gunung ini, atau hanya ingin hunting foto bagus di puncak Andong.

via @sloan_sembada

Estimasi Biaya

Gunung ini tidak menetapkan tarif khusus untuk pendakian, kamu hanya bakal dikenai biaya parkir kendaraan sebesar Rp.3000,- saja saat mendaki Gunung Andong. Yang perlu untuk diestimasi mungkin hanya biaya transportasi menuju basecamp pendakian, serta biaya belanja perbekalan untuk pendakian.

Tips

  • Meski gunung ini tergolong cukup ringan untuk didaki, namun tetap saja kamu harus selalu mempersiapkan segala peralatan dan perbekalan standar untuk melakukan pendakian. Jangan sekali-kali meremehkan gunung manapun yang akan kamu daki.
  • Untuk mendapatkan view yang diharapkan, pilihlah hari yang baik saat cuaca cerah untuk melakukan pendakian.
  • Selalu utamakan keselamatan, tetap berhati-hati, dan tidak bertindak ceroboh dan bercanda saat melewati medan pendakian yang curam dan berbahaya.
  • Jangan melakukan aktivitas yang bisa memicu kebakaran, karena Gunung Andong merupakan salah satu gunung yang rentan mengalami kebakaran. Amankan setiap puntung rokok yang kamu hasilkan, lalu usahakan untuk tidak membuat api unggun, namun jika terpaksa harus membuat api unggun karena keadaan darurat, jaga dengan baik, dan pastikan api benar-benar padam saat kamu tinggalkan.
Bekas kebakaran via @kakya_pramudya

Informasi Lain

Kontak Basecamp Pendakian Gunung Andong : 08156507492

Referensi

http://gunungandong.com/
http://infopendaki.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Andong


0 komentar:

Posting Komentar