Rabu, 03 Desember 2014

14.27.00

Machu Picchu adalah sebuah situs peradaban kuno Inca di abad ke 15. Machu Picchu yang berarti puncak orang tua sering salah dianggap sebagai kota Inca yang hilang. Situs Macchu Picchu terletak di ketinggian 2.430 mdpl, dengan bentang alam pegunungan tinggi di sekitarnya. Machu Picchu berada di Cusco, Provinsi Urubamba, Peru. Para peneliti percaya Machu Picchu dibangun sebagai kawasan tempat tinggal Raja Inca abad ke 15 bernama Pachacuti. Situs kota kuno yang indah ini terletak di punggung bukit gunung di atas lembah suci dengan sungai Urubamba mengalir deras di antara lembah ini, kawasan ini berjarak 80 km jauhnya ke arah barat laut Cusco. Machu Picchu merupakan sisa peradaban yang menjadi ikon paling terkenal dari peradaban suku Inca di Amerika Selatan. Keindahan Machu Picchu adalah letaknya yang berada di atas pegunungan dengan tembok tembok batu yang tersusun rapi membentuk bangunan-bangunan.


Machu Picchu dibangun leh suku Inca pada tahu 1450, namun seabad kemudian ditinggalkan setelah masa penaklukkan oleh penjelajah Spanyol. Machu Picchu telah dikenal luas oleh masyarakat lokal sejak dahulu, namun keberadaannya masih belum banyak diketahui oleh publik dunia, hingga pada tahun 1911, pesona keindahan Machu Picchu diperkenalkan kepada dunia oleh sejarawan Amerika bernama Hiram Bingham. Sejak itu, Machu Pichu menjadi tujuan wisata favorit dunia. Beberapa bangunan yang telah rusak dimakan waktu direstorasi ulang demi memberikan suasana Machu Picchu seperti pada zaman kejayaannya kepada para wisatawan. Proses restorasi sendiri telah mencapai sekitar 30% dari total seluruh kawasan, dan masih berlanjut hingga hari ini. Machu Picchu dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983, dan pada tahun 2007 terpilih sebagai salah satu keajaiban dunia.


Machu Picchu menjadi tujuan wisata favorit wisatawan dunia, terutama para penggemar hiking yang akan disuguhi Inka Trail yang cukup menantang untuk dicoba. Setiap tahunnya, Machu Picchu banyak dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Statusnya sebagai situs warisan dunia dan salah satu keajaiban dunia menjadikan Machu Picchu begitu populer di kalangan para turis. Namun dampak buruk dari banyaknya turis yang berkunjung adalah kerusakan yang ditimbulkan pada situs Machu Picchu. Selain itu, kawasan ini juga rentan kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh gempa bumi dan cuaca alam yang buruk.

0 komentar:

Posting Komentar