Selasa, 02 Desember 2014

17.38.00

Siapa yang tahu hewan unik dan lucu ini? bagi kawan-kawan yang berasal dari Kalimantan Timur pastinya mengenal mamalia air tawar yang satu ini. Hewan ini adalah pesut mahakam, mamalia air mirip lumba-lumba yang hidup di sungai Mahakam Kalimantan. Sayang, keberadaan pesut mahakam kian hari kian menyusut, keadaannya sangat kritis, jumlah populasinya kini diperkirakan hanya tinggal 50-70 ekor saja! Mengerikan. Organisasi internasional untuk konservasi alam (IUCN) bahkan telah memberi status critically endangered pada pesut mahakam. Sungguh menyedihkan jika hewan mamalia air yang sangat langka ini harus punah dari peradaban.


Pesut mahakam (Orcaella brevirostris) merupakan sejenis hewan mamalia air yang sering disebut lumba-lumba air tawar, hewan ini berada dalam daftar teratas hewan Indonesia yang terancam punah. Populasinya kini hanya tinggal sekitar 50-70 ekor saja di sungai mahakam. Secara taksonomi, hewan ini merupakan subspecies dari pesut (Irrawaddy dolphin).
Perawakan pesut mahakam terbilang sangat unik, kepalanya bulat seperti umbi dengan kedua mata yang kecil sebagai adaptasi terhadap habitatnya di air berlumpur. Tubuh pesut mahakam berwarna wulung tua, lebih pucat di bagian bawah, sirip punggung kecil dan membundar di belakang pertengahan punggung.

Populasi pesut mahakam terus menyusut tajam dari hari ke hari. Hal ini diakibatkan karena habitat hidupnya yang terganggu dengan peradaban manusia yang makin menggila, terutama makin sibuknya lalu lintas perairan sungai Mahakam. Selain itu, tingginya tingkat erosi dan pendangkalan sungai akibat penghancuran hutan juga menjadi salah satu sebab menurunnya populasi pesut mahakam. Ketersediaan bahan makanan juga menjadi salah satu faktor vital yang turut menyebabkan hewan unik ini kesulitan untuk hidup. Persaingan dengan nelayan dalam mencari udang dan ikan kecil menjadi penyebab utama kesulitan pesut mahakam dalam mendapatkan makanannya. Sungguh sangat disayangkan salah satu kekayaan keanekaragaman Indonesia harus berkurang dengan terancam punahnya hewan unik ini. Pemerintah sebagai pihak yang bertanggungjawab harus segera melakukan tindakan-tindakan konservasi populasi pesut mahakam. Entah bagaimanapun caranya, perlu usaha dan penanganan khusus demi menyelamatkan populasi pesut mahakam agar tetap eksis hidup di alam Indonesia. Selamatkan Pesut Mahakam!

0 komentar:

Posting Komentar