Minggu, 23 Agustus 2009

Jalur Pendakian Gunung Merapi

Gunung Merapi (2.968 m.dpl) terletak di 2 provinsi, di Jawa Tengah dan Jogjakarta. Gunung merapi terletak berdampingan dengan Gunung Merbabu. Gunung merapi adalah salah satu gunung api yang mempunyai daya rusak yang tinggi dan paling aktif diantara sekian banyak gunung api yang terletak di Indonesia serta merupakan salah satu gunung terganas di dunia. Nama puncaknya adalah puncak Garuda, yang merupakan bongkahan batu besar dengan bentuk mirip burung garuda. Salah satu ciri khas dari Gunung Merapi adalah pada saat terjadi letusan menghasilkan awan panas (glowing avalanches), yang oleh penduduk setempat disebut Wedus Gembel (sejenis kambing Jawa), awan panas ini mempunyai suhu sekitar 1.000 °C yang turun berbentuk bulatan keriting mirip kambing.

Ciri khas lain dari Gunung Merapi ini adalah pembentukan kubah lava yang bisa mencapai ratusan meter kubik perhari, yang terbesar jumlahnya sepanjang sejarah terjadinya letusan gunung berapi didunia. Letusan besar terakhir terjadi pada akhir tahun 1993 yang menyebabkan puluhan penduduk disekitar lereng meninggal karena diterjang lahar panas dan awan Panas.
Walau begitu, gunung ini hampir tidak pernah sepi dari pendaki, bahkan pada hari minggu banyak sekali pendaki yang datang. Untuk mencapai puncak Gunung Merapi kita bisa melewati dua jalur utama, lewat Kinaharjo/Kaliurang dan lewat Selo/Boyolali, tetapi Jalur pendakian Kaliurang di tutup sementara sejak Bulan Nopember 1995.

Jalur Selo
Untuk mencapai Desa Selo, kita bisa naik bus atau kereta dari daerah anda menuju Jogja atau Solo. Anda yang berdomisili di Jakarta bisa naik kereta dari stasiun senen, tanah abang, atau gambir. Untuk kereta, ada kereta progo dengan tarif 35.000 rupiah menuju stasiun lempuyangan, Jogja. atau kereta senja utama dengan tarif 120.000 sampai Solo. Atau jika memilih menggunakan bus, kita bisa naik bus jurusan Solo dengan tarif 75.000- 120.000, turun di terminal boyolali. lalu naik bus mini jurusan selo di depan terminal, dengan tarif sekitar 3000 rupiah (tahun 2009) sampai pasar cepogo. dari pasar cepogo dilanjutkan lagi dengan bus mini menuju desa selo dengan tarif sama.
Jika dari Kota Yogyakarta kita naik bus menuju ke Magelang, turun di Desa Blabak, dan dilanjutkan naik minibus atau kendaraan barang ke jurusan Selo. Sebaiknya diperhatikan, diatas pukul 17.00 WIB kendaraan dari Blabak ke Selo mulai jarang beroperasi. Sebenarnya Selo lebih mudah dicapai dari arah Solo-Boyolali, karena dari Boyolali, ada angkutan yang langsung menuju Selo.
Desa Selo (1.560 m.dpl) saat ini menjadi gerbang pendakian utama. Desa Selo terletak dipelana Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Desa ini mempunyai panorama alam yang indah karena letaknya yang strategis. Penduduk desa ini sebagian besar bertani sayuran dan tembakau. Di desa ini juga terdapat tempat wisata gua yang mempunyai tempat pertapaan, terletak 300 meter dari Pos Polisi Selo.

Setelah tiba di gerbang desa selo, kita meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Basecamp pendaki di dusun Plalangan dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. jalan yang kita lalui berupa jalan aspal yang cukup menanjak. lumayan, sebagai pamanasan sebelum pendakian yang sebenarnya. Ditengah perjalanan anda akan melewati sebuah pos kecil mirip pos hansip, dimana anda bisa melaporkan pendakian anda dengan biaya retribusi pendakian gunung merapi sebesar 2500 rupiah. Sepanjang perjalanan kita akan melewati rumah2 dan ladang penduduk. Saya selalu terkesan setiap kali melewati perkampungan di kaki gunung, terutama di jawa tengah. Saya selalu menyebutnya keramahan Khas Jawa tengah.

Basecamp atau Pondok pendaki, adalah sebuah rumah dimana terdapat ruang aula yang cukup luas untuk menampung pendaki yang ingin beristirahat, baik sebelum atau setelah melakukan pendakian. Tempat ini dapat menampung sekitar 30 0rang pendaki dan bisa dikenali dengan sebuah plang bertuliskan BASECAMP PENDAKIAN GUNUNG MERAPI dan sebuah toko suvenir didepannya. Menurut keterangan penghuninya, ini adalah basecamp baru, pindahan dari basecamp lama yang berada dibawahnya. ditempat ini anda bisa beristirahat sejenak dan packing ulang perlengkapan pendakian. Selain itu, anda juga bisa membeli suvenir berupa pernak - pernik gunung merapi, seperti Stiker, Gantungan Kunci, Pin, kaos bergambar gunung merapi, dan sebagainya dengan harga 3000 - 50.000 rupiah. Anda bisa mempersiapkan perbekalan air dari sini, karena sepanjang pendakian, anda tidak akan menemukan mata air.
Dari basecamp, perjalanan dilanjutkan menuju Joglo dengan jalur masih berupa jalan aspal yang menanjak dengan waktu tempuh kira-kira 10 menit. Joglo adalah sebuah bangunan berbentuk rumah joglo yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan sekitar. Anda bisa memandangi eloknya gunung merbabu dengan jelas dari tempat ini.

Tempat ini sudah terlihat dari jalan raya karena terdapat sebuah baliho atau tulisan besar yang bertuliskan NEW SELO. sekilas tampak seperti lambang Hollywood di Amerika sana. saya sempat tersenyum saat melihat baliho tersebut, kreatifitas yang tinggi dari pembuatnya. Disini juga terdapat tempat parkir yang dapat menampung hingga 6 buah mobil, dan beberapa buah warung yang menjual makanan dan minuman ringan. warung2 ini hanya buka sampai sore hari, terkecuali pada saat musim pendakian.
Dari Joglo, anda bisa melanjutkan perjalanan jalan setapak kecil yang berada disamping tempat ini menuju pos Tugu I. jalur yang akan anda lewati masih didominasi ladang penduduk dengan medan batuan kecil dan tanah yang pada musim kemarau akan sangat berdebu. Jika anda melakukan pendakian pada musim kemarau, sebaiknya anda menggunakan masker dan baju berlengan panjang. Banyak terdapat percabangan jalur di sepanjang trek pendakian, tapi berujung pada jalur yang sama. terserah anda memilih mana jalur yang kira2 nyaman untuk dilewati. Di Pos Tugu I ini terdapat sebuah tugu yang letaknya berada di sebuah punggungan, tingginya sekitar 1,5 meter.

Dari Pos I Perjalanan dilanjutkan menuju Pos Tugu II, dengan jalur yang curam dan penuh bebatuan besar. perjalanan menuju pos ini memerlukan waktu sekitar 1,5 - 2 jam. Di pos ini juga terdapat sebuah tugu, sama seperti di pos sebelumnya. dari sini anda tinggal memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk menuju pasar bubrah. medan pendakian masih serupa dengan medan pendakian sebelumnya. menjelang pasar bubrah anda akan melewati sebuah beberapa memoriam yang berada pada sebuah dataran yang menjadi puncak sebuah punggungan. dari sini anda tinggal turun menuju pasar bubrah.Pasar bubrah berada pada sebuah lembahan yang dipenuhi batu - batu besar yang berserakan. dari sini terlihat 2 buah puncak. disebelah kiri anda adalah jalur menuju kawah woro.

Dan di hadapan anda adalah jalur yang menuju ke puncak garuda. dari pasar bubrah menuju puncak garuda memerlukan waktu sekitar 1 jam dengan jalur yang sangat curam. medan yang anda hadapi adalah batuan vulkanis yang mudah longsor. sebaiknya anda berhati - hati karena angin kencang bisa datang setiap waktu. begitu juga dengan bahaya longsoran batu yang mungkin terinjak oleh pendaki diatas anda.
pendakian dari selo menuju ke puncak gunung merapi memakan waktu 5-6 jam dan turunnya membutuhkan waktu 3 - 4 jam per jalanan.
Pemandangan di Puncak Garuda sangat menakjubkan sekaligus mengerikan, gemuruh kawah dan asapnya serta tebing batu di sekitar kawah nampak menyeramkan. Tetapi dari puncak ini kita bisa saksikan kota-kota di kaki-kaki gunung seperti Yogyakarta, Boyolali dan Magelang, pesisir Lautan Hindia di kaki langit. Kalau beruntung, kita bisa menyaksikan matahari terbit yang kemerahan diufuk timur yang merupakan panorama alam yang sungguh menakjubkan.
Untuk pendakian 2 (dua) gunung sekaligus (Climbing party), biasanya jalur yang dipakai adalah Kopeng - Puncak Merbabu - Selo - Puncak Merapi dan kembali ke Selo.


Bila terjadi keadaan darurat leat Jalur Selo, kita bisa menghubungi petugas Vulkanologi dan Polsek Selo, juga perangkat desa setempat dan diJalur Kaliurang kita bisa menghubungi pos Vulkanologi di Plawangan atau Pak Christian Awuy di Vogel Hostel yang merupakan Pos SAR Gunung Merapi, perlu dihubungi juga MAPAGAMA dan PALAPSI di kampus UGM, Bulaksumur, Yogyakarta.
Untuk Info contact akan saya update secepatnya, termasuk nomor kontak beberapa pemandu jika anda ingin menggunakan jasa guide yang bisa mengantar anda mencapai puncak gunung merapi.
Selamat Mendaki, dan tetap ingat 3 perkara.
Leave nothing but trace..
Kill nothing but time..
take nothing but picture..
Salam Pendaki..
Salam Pemuda Indonesia..
Sabtu, 22 Agustus 2009

Kepulauan Karimun Jawa

Entah kenapa kemarin tiba - tiba saya jadi pengen banget jalan2 ke daerah pantai. Mungkin rasa penat yang masih terasa setelah melakukan pendakian ke gunung merapi kemarin membuat saya ingin sedikit ber leha – leha di tempat yang kondisi geografisnya berbeda 180 derajat dari daerah pegunungan. Yaaa.. kemana lagi kalo bukan ke pantai. Hehehe..
Iseng – iseng saya coba browcing di…… alagh.. sok imut..!!. maksud saya, browsing di internet untuk mencari info destinasi wisata pantai yang bisa saya kunjungi. Sampai akhirnya mouse saya tertahan pada artikel tentang karimun jawa hasil postingan seorang teman di Kaskus. Wow.. what a fantastic place to come.. itu kata2 pertama yang keluar dari mulut saya. Yaa.. sebenernya sih aslinya ,“wah, bagus banget nih tempat, harus kesana nih gw", Cuma biar keren, saya translate pake google, hasilnya ya itu tadi.. hahaha..

Tapi sementara menunggu uang saya terkumpul buat ongkos kesana, saya pikir kayaknya oke juga kalo sekalian nulis tentang Karimun Jawa buat sharing sama temen2 semua.
sapa tau aja kalo nanti ada yang tertarik kesana bakalan ngajak2 saya.. (ngarep mode : ON). Akhirnya, setelah minta izin sama sang penulis artikel untuk mengutip sebagian artikelnya, plus cari2 info tambahan di mbah google. mulai deh nulis2 seadanya..

Karimun Jawa terletak di perairan laut Jawa. Berjarak sekitar 83 km di utara kota Jepara, Jawa Tengah. Kawasan ini merupakan sebuah kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 27 buah, dengan total luas daratan1.500 Ha dan luas perairan kira2 110.000 Ha. Dari total 27 pulau tersebut, hanya 5 pulau yang berpenghuni. Yaitu Karimun Jawa, Kemujan, Parang, Nyamuk dan Genting. Sejak tahun 2001, kawasan ini sudah di tetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah daerah Jepara. Karimun Jawa adalah rumah bagi sekitar 400 satwa laut, 242 diantaranya adalah jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau. Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimunjawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah. Pantai-pantai di Karimunjawa sebagian besar berpasir putih, oleh karena itu cocok untuk kegiatan berjemur, menyelam dan memancing.

Banyak hal yang bisa anda lakukan di kawasan kepulauan Karimunjawa, diantaranya adalah:
1. Olah raga selam.
2. Mandi di Pantai dan Berjemur, cocok dilakukan di Pulau Menjangan Besar yang berpasir putih dan Pulau Cemara Kecil.
3. Snorkeling, di berbagai spot yang memberikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan.
4. Memancing, para hobiist mancing dapat menyalurkan hobinya dengan menyewa kapal.
5. Glass bottom boat, bag i yang tidak bisa berenang bisa menikmati keindahan bawah laut dng glass bottom boat.
6. Jetski dan banana boat, bagi yang menyukai olah raga air ini, dapat melakukannya di karimunjawa.
7. Penangkaran ikan hiu, mencoba merasakan fear factor disini, bercanda dengan hiu.
8. Berperahu mengunjungi pulau-pulau, banyaknya pulau-pulau yang indah, dapat anda kunjungi dengan menggunakan perahu.
9. Ziarah dimakam Sunan Nyamplungan.
10. Menyelami kehidupan tradisi nelayan Bugis dan Madura dengan rumah khas panggungnya.
yang pasti trip wisata menuju kepulauan karimun jawa tidak akan cukup hanya dengan 1 atau 2 hari, jadi sebaiknya anda memiliki waktu liburan cukup panjang untuk dapat menikmati keceriaan dan sensasi berlibur yang menyenangkan di kepulauan Karimun Jawa.


Beberapa pulau yang terdapat di Kepulauan Karimun Jawa :
Spoiler:


Pulau Cemara Kecil





Pulau Kumbang



Pulau Krakal Besar



Pulau Bengkoang



Pulau Kembar



Pulau Katang



Pulau Kecil



Pulau Karang Kecil



Pulau Cendekian



Pulau Burung




How To Get There?

Untuk menuju kesana, anda bisa melalui kota Jepara atau Semarang.
ada beberapa model transportasi yang bisa anda gunakan untuk menuju kesana. Bisa dengan menumpang kapal ferry, Kapal Motor Cepat, bahkan untuk anda yang memiliki dana berlebih, bisa menggunakan transportasi udara, alias pesawat.
Untuk para backpacker, yang biasanya lebih mengutamakan kepuasan perjalanan dengan biaya seminim mungkin, bisa menggunakan kapal ferry KM Muria.

KM Muria ( kapal Ferry)



tarifnya untuk kelas ekonomi sebesar Rp. 30.500 dan untuk kelas VIP sebesar Rp. 60.250
untuk penumpang yang membawa sepeda motor, dikenakan tarif tambahan sebesar Rp. 27.500. Dengan lama perjalanan sekitar 5 - 6 jam. Bergantung pada kondisi ombak pada saat perjalanan.

No. Telepon yang bisa di hubungi :
0291-59104820

Jadwal Keberangkatan KM Muria:
Sabtu (Jepara - Karimunjawa) : 09.00-15.00
Senin (Karimunjawa - Jepara) : 09.00-15.00
Rabu (Jepara - Karimunjawa) : 09.00-15.00
Kamis (Karimunjawa - Jepara) : 09.00-15.00

Atau, jika kenyamanan adalah prioritas utama anda dan besar ongkos berada di urutan kesekian, anda bisa menumpang kapal motor cepat (KMC) Kartini. yang satu ini bertarif Rp. 110.000 untuk kelas bisnis, dan Rp. 135.000 untuk kelas eksekutif. Dengan menggunakan kapal jenis ini, anda bisa menghemat waktu perjalanan. waktu yang diperlukan untuk menuju kepulauan Karimun Jawa adalah sekitar 3 - 4 jam.


Jadwal keberangkatan KMC Kartini :
Sabtu (Semarang - Karimunjawa) : 09.00-12.30
Minggu (Karimunjawa - Semarang) : 14.00-17.30
Tarif :
Bisnis = Rp. 110.000,-
Eksekutif = Rp. 135.000,-

Senin (Semarang - Jepara - Karimunjawa) : 07.00-10.00-12.30 *
Selasa (Karimunjawa - Jepara-Semarang) : 11.00-13.30-16.30 *
:::: * 2 minggu 1 kali

No. telepon yang bisa di hubungi :
- 024 7400010
- 08156627808 - bpk. purwanto











Dan, untuk anda yang mungkin lebih senang membayar dengan hitungan dollar, (lebay), dan terbiasa berwisata dengan fasilitas VIP, yang dibawah ini mungkin bisa jadi pertimbangan buat anda.
Pesawat terbang Kura - Kura Aviation.

Layanan eksklusif ini dapat anda nikmati dengan merogoh kocek sebesar US$412,5 per jamnya untuk pesawat dengan 3 seat dan US$1.155 per jam untuk pesawat dengan jumlah seat 6. sewa minimal adalah 2 jam. dan untuk perjalanan menginap di Karimun Jawa, dikenakan charge sebesar 3 jam. Buat backpaker seperti saya, opsi ini mungkin gak mungkin ada dalam daftar. ongkosnya saja bisa buat biaya berlibur disana selama berminggu - minggu, hehehe. Memang yang biasa menggunakan transportasi jenis ini adalah para wisatawan mancanegara.
Untuk semua transportasi diatas, ada baiknya jika sebelum melakukan perjalanan, anda menghubungi penyedia layanan transportasi tersebut untuk melakukan konfirmasi ketersediaan dan jadwal armada pada saat keberangkatan anda. ini untuk menghindari masalah2 yang mungkin dapat mengganggu liburan anda. seperti habisnya tiket, kondisi perairan laut jawa, dan sebagainya. hal ini juga berlaku untuk hotel dan wisma2 yang tersedia di Kepulauan Karimun Jawa. karena biasanya, apalagi pada saat musim liburan, kebanyakan hotel atau homestay telah dibooking dari jauh - jauh hari.


Ada beberapa hotel dan homestay di Kepulauan Karimun Jawa yang bisa anda jadikan tempat menginap. Harganya pun masih cukup terjangkau. Untuk anda yang mungkin kehabisan stock penginapan, bisa mendirikan tenda di pinggir pantai. Makanan yang tersedia pun harganya cukup terjangkau. atau jika anda hobi memancing, anda bisa memancing, lalu menikmati hasil pancingan anda dengan cara dibakar di tepi pantai. wew, makan ikan bakar ditemani deburan ombak yang memecah ditepi pantai.. ah, saya mah sering,, Piss... hahaha..
soal kegiatan apa saja yang bisa anda lakukan disini, itu terserah anda. ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mengisi liburan anda di kepulauan Karimun Jawa. Menyelam, Memancing, bahkan Hiking bisa anda lakukan di kawasan ini. Semua terserah anda. Yang pasti, sensasi liburan tak terlupakan akan anda rasakan di kepulauan karimun jawa. itu sih kata yang pernah kesana.. hehehe.
Oh ya.. menurut informasi yang saya dapat, di kawasan karimun jawa hanya tersedia Bank BRI yang buka pada hari senin, jadi pastikan anda membawa uang cash agar tidak mengalami kesulitan selama berada disana. Untuk anda yang membawa laptop, anda bisa menggunakan fasilitas hotspot yang ada di Mainland, tepatnya di pusat hotspot di kecamatan. Anda bisa browsing selama 24 jam disini.
Untuk anda yang mungkin memiliki dana ekstra, dan tidak punya waktu untuk mengurus segala hal untuk persiapan liburan anda, anda bisa menggunakan layanan travel dan wisata yang menyediakan paket liburan kesana. Ada beberapa layanan paket wisata yang bisa anda pilih. beberapa penyedia layanan paket ini menawarkan fasilitas yang berbeda satu sama lain. Untuk informasi seputar penyedia layanan wisata ini masih dalam proses konfirmasi. Ditunggu ajah ya..


Penginapan di karimun Jawa


HOMESTAY : all in mainland, tidak terlalu jauh dari pasar dan dermaga rakyat
Spoiler:



1. Mulya Indah
Telepon: (0297) 312106
harga kamar: 55rb per kamar per malam (untuk 2 orang), ada kipas angin.
kamar mandi: luar
makanan: pesan, 17.500 per porsi per orang.


2. Karimun Indah
Telepon: (0297) 312114
harga kamar: 60rb per kamar per malam (untuk 2 orang). 100rb per kamar per malam (untuk 4 orang). Ada kipas angin.
kamar mandi: luar
makanan: pesan. bisa menyediakan tempat dan paket untuk barbeque juga di halaman rumahnya. minimal 10 orang.


3. Kalimasada
Telepon: (0297) 312224
harga kamar: 60rb per kamar per malam (untuk 2 orang).
kamar mandi: dalam.
makanan: pesan. 20rb per porsi per orang.
others: bisa beli rumput laut kering kiloan di sini. Lumayan buat oleh2.


4. Hamfa
Telepon: (0297) 312125
harga kamar: 75rb per kamar per malam (untuk 2 orang). Gaya rumah jaman dulu (belanda), adem kayanya walopun ga ada kipas angin. Kamar Ok.
kamar mandi: luar.
makanan: pesan. harga kurang tau ^^
others: menyediakan paket tour di karimun. 3 hari 2 malam harganya 365 ribu termasuk makan dan kamar, minimal 7 org.




HOTEL:
Spoiler:



1. Escape Romantic Beach Hotel
Telepon: (0297) 312277
harga kamar: 200rb per kamar per malam (untuk 2 orang), AC, spring bed. Suite room: 275rb per kamar per malam (untuk 2 orang). Extra bed: 50rb per malam (termasuk extra breakfast juga). Kamarnya ok lah
kamar mandi: dalam, with shower dan air panas.
makanan: harga include breakfast, biasanya nasi goreng, boleh pesan teh atau kopi salah satunya. Free air panas di termos buat yang pengen.
others: lokasi dekat dari dermaga ferry dan dewadaru resort, agak jauh dari pasar/lapangan kota/dermaga rakyat. ada pantai kecil. kamarnya ok lah.


2. Duta Karimunjawa
Telepon: (0297) 312207
harga kamar: 150rb per kamar per malam (untuk 2 orang), AC.
kamar mandi: dalam, no shower.
makanan: harga include breakfast, tergantung masakan, kadang cukup berat (ada lauk).
others: lokasi cukup dekat dengan pasar/lapangan kota/dermaga rakyat.




Untuk info lengkap, atau bagi anda yang ingin mencari informasi lebih banyak soal Kepaulauan Karimun Jawa, anda bisa masuk ke sub forum Karimun Jawa di KasKus, jangan lupa register kalo anda belum menjadi member. atau anda bisa join di group karimun jawa di Facebook.


Atau anda bisa comment di bawah artikel ini, atau langsung email saya di catur_4884@merbabu.com. Sebisa mungkin saya bantu carikan informasi yang anda butuhkan.
Selamat Berwisata.........

Survival Praktis

Kiat hidup darurat ini penting, soalnya alam kerap sulit diprediksi perilakunya, walaupun sejak awal Anda telah mempersiapkan segala sesuatu secermat mungkin. Misalnya peta lokasi, kompas, global positioning system (alat untuk mengetahui posisi sesaat dengan bantuan satelit), alat komunikasi (HT, HP), bekal, dan obat-obatan.

TUMBUHAN SURVIVAL

Dengan pengetahuan survival yang andal, Anda seperti mempunyai jurus pamungkas yang sewaktu-waktu bisa dikeluarkan di saat posisi terjepit. Sebagian dari ilmu survival itu adalah pengetahuan tentang aneka tumbuhan liar yang layak dan aman untuk dimakan. Menurut para ahli, 10% dari keseluruhan jenis tumbuhan berbunga di dunia ada di Indonesia. Artinya kita memiliki kurang lebih 25.000 jenis tumbuhan berbunga. Jika ditambah dengan tumbuhan tak berbunga dan jamur, maka jumlahnya akan berlipat-lipat.

Dari keseluruhan jenis tumbuhan itu ada yang beracun, ada yang bisa dimakan, dan ada yang disarankan untuk dimakan. Tak beracun = di dimakan satwa makan Untuk mengetahui apakah suatu jenis tumbuhan di hutan aman atau tidak untuk dimakan, ada beberapa kunci yang bisa dijadikan pegangan. Tumbuhan yang daun, bunga, buah, atau umbinya biasa dimakan oleh satwa liar, adalah tumbuhan yang tidak beracun. Jadi kita bisa mengkonsumsinya. Sementara, tumbuhan yang berbau tidak sedap dan bisa membuat pusing, serta tidak disentuh oleh binatang liar, sebaiknya jangan disentuh. Juga tumbuhan bergetah yang membikin kulit gatal, dianjurkan untuk dihindari. Buah senggani ( Melastoma sp.) boleh dimakan.

Tumbuhan lain yang perlu disingkirkan adalah tanaman yang daunnya bergetah pekat, berwarna mencolok, berbulu, atau permukaannya kasar. Tanaman dengan daun yang keras atau liat juga jangan dikonsumsi. Jika mendapatkan tumbuhan kemaduh ( Laportea stimulans) waspadalah lantaran bulu pada daunnya membuat kulit gatal dan panas. Sementara itu beberapa jenis tumbuhan yang mungkin ditemui di hutan dan dapat dimakan meliputi beragam jenis. Di antaranya keluarga palem-paleman, misalnya kelapa, kelapa sawit, sagu, nipah, aren, dan siwalan. Bukan hanya bagian umbutnya (bagian ujung batang muda dan berwarna putih) yang bisa dimakan, tapi juga buahnya (seperti kelapa dan siwalan).

Jenis jambu-jambuan yang masuk dalam keluarga Myrtaceae juga banyak dijumpai di hutan. Ciri-ciri Myrtaceae adalah daunnya berbau agak manis jika diremas. Bunganya memiliki banyak sekali benang sari dengan buah yang enak dimakan. Tumbuhan semak dari keluarga begonia juga bisa jadi penyelamat dalam keadaan darurat.Daun begonia umumnya berbentuk jantung tidak simetris. Beberapa jenis dijadikan tanaman hias. Bila tangkai daunnya yang masih muda dikupas dan dimakan, rasanya masam dan sedikit pahit.

Beberapa jenis keladi umbinya bisa dimakan, meski pada jenis lain umbinya menyebabkan gatal di mulut dan bibir. Untuk itu dianjurkan untuk tidak sembarangan melahap keladi hutan. Sebaiknya dicoba dulu dalam jumlah kecil. Hindari makan iles-iles ( Amorphophallus sp.) Tumbuhan merambat dan melilit di pohon lain, bisa dimakan jika lilitan batang ke arah kanan (searah dengan jarum jam). Di antaranya gembili ( Dioscorea aculeata), gembolo ( Dioscorea bulbifera), ubi rambat. Tapi bila arah lilitannya ke kiri (berlawanan arah jarum jam) dan batangnya berduri, harus ekstrahati-hati.

Jenis yang kedua ini misalnya gadung( Dioscorea hispida), yang beracun, walau tetap dapat dimakan setelah melalui proses pengolahan khusus. Sementara keluarga rumput-rumputan seperti tebu dan beberapa jenis bambu, rebungnya enak dimakan. Demikian pula pisang hutan bisa langsung dikonsumsi. Di tempat yang lembap dan tinggi, jenis paku-pakuan tunas dan daun mudanya enak dimakan. Tumbuhan lain yang buahnya juga bisa dimakan misalnya markisa ( Passiflora sp.). Markisa ini adalah tumbuhan merambat dengan bunga khas. Beberapa anggota keluarga sirsak ( Annonaceae), misalnya Annona muricata, daging buahnya segar. Buah lainnya semisal senggani ( Melastoma sp.), arbei hutan ( Rubus), dan anggur hutan. Hindari warna mencolok Selain tumbuhan di atas, jamur juga bisa menjadi dewa penyelamat bila tersesat.

Menurut literatur, sudah ditemukan 38.000 jenis jamur di seantero dunia. Di antaranya ada yang enak dimakan, tapi sayang, yang tidak boleh dimakan karena beracun lebih banyak lagi. Tidak heran bila budaya makan jamur yang layak konsumsi konon sudah ada sejak jaman Mesir Kuno. Untuk mengetahui jamur itu beracun atau tidak, bisa dilihat dari bentuk, warna, dan tempat tumbuhnya. Sementara di laboratorium, bisa dilakukan analisis secara kimiawi maupun dengan hewan percobaan.

Tetapi jika sedang dihadapkan pada masalah mendesak survival di hutan belantara, mustahil bisa pergi ke laboratorium dulu untuk memastikan apakah jamur yang ditemukan itu beracun atau tidak. Karena itu kita perlu mengenal jamur-jamur yang biasa dikonsumsi masyarakat. Untuk menghindari makan jamur liar beracun, perlu diketahui ciri-cirinya. Yaitu, warna payungnya gelap atau mencolok misalnya biru, kuning, jingga, merah. Perkecualian untuk jamur kuping dengan payung coklat yang toh juga dapat dimakan. Bau tidak sedap lantaran kandungan asam sulfida atau amonia juga sekaligus menunjukkan jamur tersebut tak layak konsumsi.

Tahukah Anda, beberapa jenis jamur ada yang memiliki cincin atau cawan pada tangkainya, misalnya jenis Amanita muscaria, dalam bahasa Jawa disebut supa-upas. Bentuknya seperti payung putih kekuningan, bagian payungnya warna merah bintik-bintik putih. Awas, racun pada jamur ini tergolong racun kuat. Beda dengan jamur merang ( Volvariella volvacea), meski mempunyai cincin tetapi bisa dimakan. Jamur beracun umumnya tumbuh di tempat kotor, misalnya pada kotoran hewan dsb. Mereka dapat berubah warna jika dipanasi. Jika diiris dengan pisau perak atau digoreskan pada perkakas perak akan meninggalkan warna biru. Warna biru ini disebabkan kandungan sianida atau sulfida, yang beracun. Sementara nasi akan berwarna kuning jika dicampur jamur beracun. Petunjuk lain, ia juga tidak dimakan oleh hewan liar. Repotnya jenis jamur ini juga berbahaya kalau sampai sporanya menempel pada kulit, karena dapat menyebabkan kulit gatal, bahkan melepuh.

Bagaiamana ciri-ciri orang yang keracunan jamur? Selidikilah, apakah ia pusing, perut sakit terutama ulu hati, mual, sering buang air kecil, tubuh lemas, pucat? Jika ia muntah, adakah darah pada muntahannya? Racun akibat jamur cukup ganas juga, kalau tidak tertolong korban bisa meninggal setelah 3 - 7 hari. Sebelum dimakan, tumbuhan liar di hutan sebaiknya dimasak dulu untuk mengurangi dampak buruk seperti diare dan alergi.

Bagaimana kalau sedang coba-coba makan tumbuhan hutan lantas keracunan? Masih ada upaya menetraliskan. Upayakan untuk memuntahkannya dengan jalan “dipancing-pancing”. Jika sudah muntah minumlah air kelapa. Pil norit mungkin bisa juga membantu mengurangi kadar racun, kalau ada.

Tumbuhan Tumbuhan yang dapat dimakan Dari batangnya :
> Batang pohon pisang (putihnya)
> Bambu yang masih muda (rebung)
> Pakis dalamnya berwarna putih
> Sagu dalamnya berwarna putih
> Tebu

Dari Daunnya :
> Selada air
> Rasamala (yang masih muda)
> Daun mlinjo
> Singkong

Dari Akar dan umbinya : > Ubi jalar, talas, singkong

Dari Buahnya : > Arbei, asam jawa, juwet

Tumbuhan yang dapat dimakan seluruhnya : > Jamur merang, jamur kayu

Ciri Ciri-ciri jamur beracun :
> Mempunyai warna mencolok
> Baunya tidak sedap
> Bila dimasukkan ke dalam nasi, nasinya menjadi kuning
> Sendok menjadi hitam bila dimasukkan ke dalam masakan
> Bila diraba mudah hancur
> Punya cawan/bentuk mangkok pada bagian pokok batangnya
> Tumbuh dari kotoran hewan
> Mengeluarkan getah putih


BOTANI

Botani merupakan salah satu bidang kajian dalam biologi yang mengkhususkan diri dalam mempelajari seluruh aspek biologi tumbuh-tumbuhan. BUNGA ORKID, Orchidaceae ialah famili bunga bungaan yang mempunyai banyak perbedaan dari segi bentuk dan rupa pokok. Terdapat lebih dari 111 genus dan 808 spesis orkid di Malaysia. Genus dan varieti dapat di kenalpasti melalui bunga. Secara umum, orkid komersil boleh dikelaskan kepada dua kumpulan yang besar, iaitu orkid simpodiun dan monopodium.

Bunga orkid terdiri dari sepal, petal, stamen dan pistil. Gabungan stamen dan pistil di namakan kolum. Di bahagian luar sepusar bunga terdapat tiga kelopak sepal manakala di sebelah dalamnya pula terdapat dua kelopak petal. Kelopak petal ketiga berubah bentuk menjadi labelum atau bibir. Kolum mengandungi cepu debunga di bahagian atas, stigma di bahagian tengah dan benang sari di bahagin bawah. Debunga terletak dalam pundi yang dipanggil polinia yang terdapat dalam bilangan yang genap 2-12.

Ovari terletak bawah sepal dan berfungsi sebagai tangkai bunga atau pedisel. Setelah persenyawaan , ovari akan membesar menjadi buah orkid yang mengandungi biji benih. Daun Pokok orkid mempunyai urat daun yang selari seperti monokotilidon yang lain. Terdapat juga jenis orkid yang mempunyai urat daun yang tidak begitu terang kecuali urat tengahnya. Ada orkid yang berdaun tebal dan ada juga yang berdaun nipis.

Walau bagaimanapun kebanyakan orkid komersil yang terdapat di Malaysia berdaun tebal dan sukulen/lendair, kecuali sebilangan orkid jenis Oncidium sahaja yang berdaun nipis dan lembut. Akar Orkid jenis simpodium seperti Oncidium dan Dendrobium mempumyai hanya akar serabut sahaja sementara orkid jenis monopodium seperti Vanda mempunyai akar serabut di bahagian bawah tanah dan akar udara di bahagian atasnya. Orkid tidak mempunyai akar rerambut. Batang Bentuk batang orkid berkait rapat dengan cara pertumbuhan pokok orkid sama ada orkid simpodium atau orkid monopodium.

Cara pertumbuhan orkid juga digunakan sebagai satu ciri yang dilihat untuk menentukan genus orkid. Orkid simpodium boleh tumbuh sama ada di atas pokok (epifit) atau atas tanah (terestrial). Batang pokoknya berbentuk seperti bebawang semu, menjalar dan mempunyai pertumbuhan dua atau berbagai hala. Bebawang semunya panjang beruas-ruas atau pendek tanpa ruas. Akar dan daun akan terbit daripada bebawang semu manakala tunas baru pula akan mengeluarkan bunga apabila matang. Bebawang semu tua akan mengeluarkan tunas baru di pangkal rumpun sebelum mengecut dan mati.

Genus-genus orkid komersil yang terdapat di dalam kumpulan simpodium ialah Oncidium, Cattleya dan Dendr Dendrobium. obium. Orkid monopodium mempunyai batang yang kecil dan di liputi oleh upih-upih daun. Akar udara yang keluar daripada batang terpaksa menembusi upih daun. Batang orkid monopodium tidak bercabang dan boleh mengeluarkan tunas-tunas baru setelah dipotong. Keratan batang kemudiannya ditanam di dalam pasu di atas tanah yang tidak lembap. Genus-genus orkid komersil yang terdapat dalam kumpulan monopodium ialah Vanda, Arachnis, Renanthera, Aranda, Phalaenopsis, Holttumara dan Mokara.

Tumbuhan obat dapat dikelompokan jd 2 bagian :
1. dimakan atau diminuma.
a. Bratawali ( anamitra cocculus ) tumbuhan merayap, terdapat dihutan atau dikampung, Batangnya direbus dan airnya diminum, dan rasanya pahit, Kegunaanya untuk anti demam, anti malaria, pembersih luka dan penambah nafsu makan.
b. keci beling/ngokilo ( strobiateses ) tumbuhan semak dihutan, ambil daunya dan masak untuk obat pinggang, infeksi dan keracunan pada pencernaan.
c. sembung/sembung manis( blumen balsmifira ) jenis rumput-rumpuan yang terdapat dipadang rumput

2. tumbuhan obat luar ( untuk luka )
a. getah pohon kamboja untuk menghilangkan bengkak,gosok pd bagian yg bemgkak dan biarkan 24 jam, bersihkan dgn minyak kelapa dan air hangat,baik jg untuk terkilir.
b. Air rebusan bratawali, untuk mencuci luka dan jg air batang pohon randu ( kapuk hutan )
c. Daun sambilioto atau daun ploso ditumbuk halus untuk anti sengatan kalajengking.

Dihutan ada banyak tumbuhan yang mengandung racun. Untuk itu ada beberapa pedoman untuk terhindar dari keracunan, prinsip yang harus dipegang adalah “ lebih tidak makan daripada keracunan “ dan ada juga tumbuhan yang dapat dimakan secara mentah tetapi adapula yang harus direbus dahulu. Maka agar aman, rebuslah terlebih dahulu makanan yang akan dikonsumsi bila masih asing.

ZOOLOGI

Zoologi adalah disiplin ilmu dari biologi yang secara khusus mempelajari hewan. Secara garis besar, hewan hewan- hewan dihutan yang dapat dimakan dapat digolongkan atas :
a. golongan mamalia : kucing hutan, anjing hutan, kelelawar, bangsa kera, kambing hutan, rusa, babi hutan, bajing dan kelinci.
b. Golongan hewan melata ( reptile ): Kadal, toke bunglon, cicak, ular dan amfibi( katak pohon dan katak hijuau )
c. Golongan burung ( hampir semua jenis burung dapat dimakan )
d. Golongan serangga : Belalang, jangkrik, laron, lebah, larva, madu
e. Golongan hewan lunak : Siput, cacing,keong, ulat pohon ( ulat sundari ) ular ( 1/3 bagian tengah tubuhnya ) kadal ( bagian belakang dan ekor )ikan, dan binatang besar lainya.


Binatang yang tidak bisa dimakan:
a. Binatang Mengandung bisa : lipan dan kalajengking
b. Mengandung racun : penyu laut
c. Mengandung bau yang khas : sigung

Habitat Hewan
Habitat dapat diartikan sebagai tempat tinggal makhluk hidup Misalnya : ikan dapat dijumpai diair( sungai, danau dan laut ). Semakin tinggi permukaan tanah maka jenis hewan yang ada makin sedikit. Jadi kalau tersesat digunung dan ingin cari makan jangan terus naik kepuncak gunung, lebih baik turun. Prilaku hewanPrilaku tiap jenis hewan adalah khas, kapan kita akan menghindarinya dan kapan akan kita menangkapnya.pada musim kimpoi adalah yg paling tepat untuk menangkap mereka karena mereka biasanya mereka kurang peka terhadap lingkungan.burung yang pindah dari daerah dingin ke panas. Ular yg sedang menjaga telur atau anaknya akan lebih ganas.
Sumber Tulisan : dari berbagai sumber


Rabu, 05 Agustus 2009

Wisata Pantai Ujung Genteng dan Curug Cikaso

Udah ada yang pernah ke Ujung Genteng? udah..? ya bagus lah kalo gitu, saya sih belum
heehehehe..
buat yang udah, anggap aja ini ajang nostalgia anda..
nah buat yang belum kayak saya, ini ada artikel tulisan seorang teman sesama blogger yang kebetulan dah pernah kesana. yang ternyata berbaik hati mengizinkan tulisannya saya copy paste. thanks to bro Fariz a.k.a Talijemuran. Kebetulan banget, soalnya dah beberapa hari ini saya sendiri lagi males banget nulis. sedikit ingatan tentang masa lalu menghancurkan Mood saya.. Alagh.. Curcol nih yee.. (Curhat Colongan). hehehe..
back to topic yuk..

Artikel ini berupa laporan perjalanan lengkap dengan foto2nya. mudah - mudahan berguna buat anda yang berencana ingin kesana..
sebagai penghargaan terhadap penulis, artikel ini masih merupakan naskah asli, tanpa ada penambahan atau pengurangan sedikitpun pada isi, foto, dan lain sebagainya..
artikel aslinya bisa anda lihat disini

huahaahahaaa... udah lama banget gak posting lagi.. hehehe.. maklum, kesibukan demi kesibukan membatasi diriku untuk blogging sementara waktu.. mulai dari kepanitiaan ISEE, Jurnalistic Fair, sampai LES (Leadership and Entrepreneurship School).. belom lagi setelah UAS kemarin disibukkan dengan pindahan dari asrama TPB ke kontrakan baru..

Liburan ini gue alih profesi, dari seorang mahasiswa rajin dengan tas selempang berisikan alkitab kalkulus 1 menjadi BOLANG alias backpacker kampungan dengan backpack idaman yg dibeli karena hasil diskonan.. beberapa tempat menarik ane kunjungin selama liburan nan singkat ini.. Pantai ujung genteng, curug cikaso, selo, puncak gunung merapi, wisata malam di bandung, kawah putih, situ patenggang, pemandian air panas cimanggu, cibodas, curug cibereum.. sedikit sekali bukan? heuheuheu.. sebenernya mau keliling jawa, tapi apa boleh buat.. abis dibohongin dalam sebuah kerjasama bisnis.. duit tujuh dijit melayang.. heuehueheu.. (curhat mode: ON)

dahh lah, buat yang pertama gue pengen laporan dulu perjalanan pertama di liburan ini.. ujung genteng menjadi satu-satunya alternatif tujuan (kok alternatif cuma satu ya? hehe).. perjalanan ke ujung genteng ini direncanakan dengan sangat matang, cukup setengah jam nangkring di forum travellers kaskus udah cukup buat gue memperkirakan budget dan jadwal kegiatan disana.. thanx kaskus.. :D

Berangkat dari rumah sekitar jam 9 pagi.. setelah nyontreng tentunya.. berangkat lewat tol jagorawi (masuk pintu tol cibubur) langsung mengarah ke selatan dengan kecepatan tinggi, meski mobil agak ogel-ogel sedikit karena dah lama banget gak di balancing (kata bokap).. enjoy aja lah, think positive bisa sampai rumah lg dengan selamat.. hehe.. Di jalan sempet kena macet karena penyempitan jalur, ternyata karena ini nih..


Posisi jatuh crane nya anehhhh.. Okkeeeehh, lanjooooottt.. setelah keluar jagorawi perjalanan lancar sampe cidahu, agak kesendat dikit di pertigaan ke arah javana spa.. lalu lancar lagi sampai cibadak.. di pasar cibadak kena macet kurang lebih 45 menit.. penyebabnya cuma karena penyempitan jalur dan angkot-angkot lokal yang maen serobot aja.. bikin jalur dari arah berlawanan jadi mampet dahhh..

Selepas pasar cibadak kami langsung mengarah ke pelabuhan ratu lewat jalur umum (bukan via cikidang).. sampai pelabuhan ratu sekitar jam 1 siang, haha pas banget jam makan.. seperti yang ditunggu-tunggu, nyokap ngajakin makan di rumah makan pinggir pantai.. kita telusurin deh kota pelabuhan ratu ke arah cisolok sampai nemuin rumah makan yang rada rame..


siaaap santaaappp!!


Lanjut perjalanan ke arah kiara dua, melewati jalan berliuk-liuk dan kebon teh.. sebelum kebon teh ada bagian jalan yang rusak, kurang lebih sepanjang 1 kilometer.. disini pengendara motor dan sedan kudu waspada, lobang-lobangnya cukup dalem..


di kiara dua kita ambil arah kanan ke surade lewat jampangkulon.. disini kami isi bensin fulltank lagi buat antisipasi.. setelah surade kita mengarah ke barat menyusuri pinggir pantai.. sepanjang kurang lebuh 5 kilometer sampai akhirnya tiba di pendaratan kapal nelayan ujung genteng sekitar jam 5 sore.. suasana pelabuhan sangat sepi, tidak ada aktivitas nelayan sama sekali, di pasar pelelangan ikan juga tidak ada siapa-siapa..


dari pelabuhan langsung mengarah ke Pondok Hexa.. menurut beberapa referensi tempat ini sangat recommended karena nyaman dan murah.. jalan menuju pondok hexa sangat sempit, berundak-undak dan berpasir.. (pasti becek di musim hujan)

sampai Pondok Hexa kami langsung booking ojek buat nganterin kita ke tempat penangkaran penyu.. jam 8 malam habis makan kami dijemput oleh pasukan ini..



sampai di tempat penangkaran kita harus membayar biaya administrasi sebesar lima ribu rupiah saja.. kita akan dibimbing menuju tempat bertelurnya penyu oleh petugas yang ada disana.. Kita harus menunggu dulu di pos penangkaran sampai penyu yang bertelur siap diganggu oleh kami.. hehehe..


Dan akhirnya..


Jadi teman bermain..


Besoknya kala menikmati pagi hari di pantai depan Pondok Hexa, gue menemukan pemandangan ganjil..


Maen ke pantai deket pelabuhan.. Pasir putih nan lembut membentang.. Jadi alay pantai dahhhh...


Siangnya sekitar jam sembilan, sehabis sarapan kami sekeluarga touring kembali dengan abang-abang ojek yang semalam mengunjungi pantai-pantai sekitar ujung genteng..


diantaranya pantai cibuaya..


pantai akuarium.. (bisa liat terumbu karang dan hewan-hewan lautnya kalo lagi surut !!)


istirahat makan siang dulu di warung..


sampai deh di muara sungai cipanarikan..


di muara sungai cipanarikan ini pantai dan sungai terletak sejajar.. pemandangan yang gak ditemukan di tempat lain.. :D


pasir pantai cipanarikan pasirnya sangat bersih dan halus.. pokoknya empukk banget dahh.. mao gelinding2 juga serasa dikasur.. hahaha..


sorenya kita menuju pantai pangumbahan melepas tukik-tukik yang baru menetas..


ini tempat penangkaran telurnya..


dan si tukik kecil siap menuju kehidupan penuh tantangan..


lelahh usai touring kami menikmati sunset di pantai depan Pondok Hexa..


makan malam di rumah makan anugrah indah.. walo harus menunggu sampai setengah jam, sajian ikan bakarnya sangat manstaff.. enak bgt !!


foto sunset lagi nihhh..


esok paginya kita pulang, tapi tidak lupa mampir ke curug cikaso dolo.. ini pertigaan kalo dari arah sukabumi sebelum surade.. bikin rancu (di penunjuk tulisannya "tegal beleud" bukan "cikaso"


sampai di dermaga langsung bayar tiket.. 60ribu untuk satu perahu.. dan kita ditungguin selama bermain air di curug..


ini dia air terjunnya.. lagi musim kemarau, debitnya lagi kecil..


ade gue nampang narsis..


backpacker kampungan.. stay cool baybehhh..


oh ya, waktu naek perahu kita nemuin pohon kelapa yang bentuknya kayak gini nihhh..


sekian catetan perjalanan gue ke Ujung Genteng.. mohon maaf atas segala ucapan dan perbuatan yang berkenan...... ??
oh ya, kalo mau liat foto-foto yang lebih banyak lagi mampir ke MP gue aja, indonesiantraveller.multiply.com