Kamis, 29 Januari 2015

Tips Packing untuk Mendaki Gunung


Packing barang sebelum berangkat mendaki gunung adalah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Packing adalah persiapan yang sangat vital untuk keberhasilan perjalanan pendakian anda, saat anda melakukan kesalahan saat packing (misalnya lupa memasukkan barang penting), akan dapat dipastikan pendakian yang anda lakukan pasti akan mendapat kesulitan, baik itu kesulitan yang masih dapat ditolerir, atau parahnya mencelakakan diri anda sendiri. Maka dari itu packing barang merupakan salah satu tahap yang harus anda persiapkan dengan sangat serius dan hati-hati.

Banyak pendaki yang meremehkan packing barang sebelum perjalanan, banyak yang melakukannya dengan asal-asalan tanpa memperhatikan organisasi susunan barang yang dimasukan ke dalam ransel mereka. Padahal posisi barang dalam ransel akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, kemudahan, dan stabilitas perjalanan yang anda lakukan. Salah menempatkan barang dalam ransel anda akan membuat punggung anda sebagai penopang beban terasa tak nyaman saat berjalan menyusuri setiap medan. Untuk menghindari hal-hal tersebut, kali ini penulis akan memberikan sedikit tips packing untuk mendaki gunung, agar pendakian yang anda lakukan menjadi lebih nyaman dan mudah untuk dijalani.

  • Buat Checklist Barang


Sebelum melakukan packing, alangkah baiknya anda membuat sebuah catatan kecil checklist semua barang yang anda perlukan untuk perjalanan mendaki anda. Uraikan mulai dari barang paling penting hingga barang tambahan yang akan anda gunakan selama perjalanan. Pilihlah baik-baik barang yang akan anda bawa. Efisienlah dalam menentukan barang yang akan anda bawa, jika ada 2 barang dengan fungsi yang sama namun salah satunya memiliki berat yang lebih ringan, disarankan untuk memilih yang lebih ringan demi mengurangi beban perjalanan anda. Untuk daftar perlengkapan mendaki gunung, dapat anda baca di artikel ini.

  • Perhatikan Kapasitas Carrier


Setelah menentukan semua barang yang akan anda bawa, pastikan anda memiliki ransel dengan kapasitas yang muat untuk semua barang anda. Jika anda hanya memiliki satu ransel namun tak cukup muat untuk semua barang yang telah anda rencanakan untuk dibawa, cobalah untuk mengurangi daftar barang bawaan anda dengan memperhatikan fungsi dan keutamaan penggunaan barang. Memang tak diharamkan untuk menggantung atau mengikat barang di luar ransel anda jika sudah tak muat untuk dimasukkan ke dalam ransel, namun hal itu akan mengganggu pergerakan tubuh anda saat mendaki medan-medan yang sulit, dan juga dari segi estetika akan terlihat buruk untuk dilihat.

  • Perhatikan Susunan Barang Pada Carrier


Susunan barang dalam ransel anda akan sangat mempengaruhi beban dan kenyamanan pergerakan tubuh anda. Salah posisi penempatan barang akan membuat punggung anda tak nyaman saat memikul beban sambil berjalan di medan yang terjal. Maka dari itu perhatikanlah susunan barang pada gambar di atas. Simpanlah barang teringan seperti baju, atau sleeping bag di bagian paling bawah ransel anda, dan simpan barang-barang paling berat di bagian tengah yang langsung bersentuhan dengan punggung anda. Dengan distribusi beban yang tepat pada ransel yang anda bawa, tubuh anda akan terasa lebih nyaman dalam memikul beban selama perjalanan berlangsung. Simpanlah barang-barang penting seperti jas hujan, alat penerangan, dan peralatan P3K di bagian atas ransel atau di tempat yang mudah di jangkau. Hal ini akan memudahkan anda jika tiba-tiba perjalanan yang anda lakukan menemui rintangan seperti hujan, kecelakaan, ataupun kemalaman.

Itulah beberapa tips packing untuk mendaki gunung yang dapat penulis bagikan, semoga bermanfaat untuk persiapan pendakian yang akan anda lakukan. Baca juga daftar perlengkapan mendaki, tips menentukan jumlah air yang harus dibawa, cara memperkirakan cuaca dengan melihat awan dan masih banyak tips mendaki lainnya. Semoga bermanfaat, salam lestari!

Minggu, 25 Januari 2015

Tips Membuat Catatan Perjalanan Pendakian


Setiap perjalanan pendakian gunung selalu memiliki cerita menarik yang akan selalu terekam dalam ingatan seorang pendaki. Baik itu pendakian yang berakhir menyenangkan, menyebalkan, biasa-biasa saja, ataupun menyedihkan, setiap cerita perjalanan selalu memiliki kesan tersendiri yang akan menjadi cerita menarik untuk anda bagikan pada teman, saudara, atau siapa saja.

Selain itu, cerita perjalanan yang baik dan cukup detail dapat menjadi acuan informasi bagi para pendaki lain yang akan melakukan perjalanan di tempat yang sama. Maka dari itu, agar setiap perjalanan pendakian yang anda lakukan menjadi bermanfaat untuk banyak orang, alangkah baiknya anda merekam setiap detail perjalanan dalam sebuah catatan perjalanan pendakian. Apa saja yang perlu anda siapkan untuk merekam setiap perjalanan anda menjadi sebuah catatan perjalanan yang menarik? inilah beberapa tips yang dapat anda lakukan.

  • Persiapkan Alat Tulis yang Baik


Menulis saat perjalanan berlangsung adalah satu hal yang wajib anda lakukan, mengingat akan banyak hal penting yang perlu anda tuliskan di tengah perjalanan. Namun perjalanan pendakian tidak selalu berjalan mulus, banyak halangan dan rintangan yang akan menghadang perjalanan anda setiap saat, salah satu gangguan yang sering terjadi adalah cuaca buruk pegunungan yang bisa datang kapan saja. Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda perlu membawa alat tulis yang dapat digunakan dalam segala kondisi, agar anda tetap dapat menulis kapanpun anda butuh untuk menulis. Selain itu, dengan alat tulis yang baik dan tahan terhadap gangguan cuaca buruk, dokumen yang telah anda tulis tak akan hilang ataupun rusak.

  • Perhatikan Detail


Sebuah catatan perjalanan yang baik adalah yang menyediakan beragam informasi penting tentang perjalanan pendakian sehingga dapat berguna sebagai referensi bagi banyak pendaki lainnya. Usahakanlah untuk melengkapi catatan perjalanan anda dengan banyak informasi penting seperti informasi jalur, waktu tempuh, medan pendakian, jarak perjalanan, harga tiket, dan informasi penting lainnya. Semakin detail informasi yang anda berikan, akan membuat catatan perjalanan anda semakin bermanfaat bagi banyak orang.

  • Dokumentasi Foto


Di era teknologi informasi saat ini, rasanya sebuah dokumentasi foto perjalanan merupakan sesuatu yang wajib anda sertakan untuk melengkapi catatan perjalanan yang anda buat. Dengan foto yang baik dan lengkap, para pembaca catatan perjalanan anda akan mendapat gambaran lebih real tentang bagaimana kondisi dan situasi perjalanan yang anda lakukan. Dengan foto yang bagus, catatan perjalanan anda akan lebih mudah untuk di bagikan di media sosial seperti facebook, instagram, twitter, atau blog.

  • Judul dan Tulisan


Cobalah untuk membuat judul catatan perjalanan anda semenarik mungkin, agar banyak pembaca tertarik untuk membaca catatan perjalanan yang anda lakukan. Selain itu, pelajari lebih dalam mengenai cara membuat tulisan yang baik dan benar agar isi catatan perjalanan yang anda buat menjadi lebih berkualitas dan nyaman untuk dibaca semua orang.

Sabtu, 24 Januari 2015

7 Tempat Wisata Alam Terbaik di Indonesia

Wisata Alam Terbaik Indonesia - Indonesia merupakan negara kepulauan dengan wilayah yang teramat luas. Berada di perbatasan antara benua Asia dan Australia, serta menjadi titik pertemuan 2 sistem pegunungan yakni sirkum Pasifik dan Mediterania membuat wilayah kepulauan Indonesia dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, salah satunya adalah tempat-tempat indah yang tersebar di sepanjang kepulauan Indonesia. Dewasa ini, dengan bisnis pariwisata sebagai komoditi yang sangat berpotensi memberikan banyak devisa, pemerintah menjadikan berbagai tempat indah di Indonesia sebagai tujuan wisata unggulan. Diantara sekian banyak tempat wisata alam tersebut, kali ini penulis akan merangkum beberapa tempat yang termasuk kedalam 7 tempat wisata alam terbaik di Indonesia.

  • Gunung Bromo


Tergabung ke dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, gunung ini menjadi magnet wisata bagi para pecinta fotografi dan wisata alam pegunungan. Bromo di kenal sebagai salah satu tempat paling fotogenik di dunia, sehingga tak heran berbondong-bondong para turis baik dari dalam maupun luar negeri menyerbu gunung Bromo sepanjang tahun. Jika cuaca sedang baik, anda wajib menikmati sajian keindahan sunrise gunung ini yang sangat terkenal.

  • Kepulauan Raja Ampat


610 pulau yang tergabung dalam kepulauan Raja Ampat membetuk sebuah kawasan kepulauan tropis terindah di timur Indonesia. Kepulauan Raja Ampat adalah salah satu wisata alam pantai terbaik yang ada di Indonesia, selain tentunya masih ada Bunaken dan Lombok. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa Raja Ampat adalah tempat wisata bahari terbaik di Dunia. Di sana anda dapat sepuasnya menikmati pemandangan alam yang super indah, baik pemandangan pantai maupun pemandangan bawah laut dengan berdiving ria.

  • Pulau Lombok


Dulu tak banyak yang kenal dengan pulau kecil di Nusa Tenggara ini, kini jutaan wisatawan berbondong-bondong ingin menginjakkan kaki di pulau yang memiliki pantai-pantai eksotis ini. Lombok adalah saudaranya Bali, selain karena lokasinya yang berdekatan, keindahan alamnya pun punya banyak kemiripan dengan pulau bali. Selain pantai-pantai yang menawan, lombok juga memiliki salah satu gunung tertinggi dan terindah di Indonesia, yakni gunung Rinjani.

  • Bunaken


Bagi anda pecinta diving, rasanya tak mungkin anda tak mengenal bunaken. Pulau indah di ujung utara pulau Sulawesi ini memiliki keindahan bawah laut yang terlalu mempesona untuk anda lewatkan begitu saja. Tergabung dalam kawasan Taman Nasional Bunaken, keindahan taman laut di perairan sekitar bunaken telah memikat banyak wisatawan untuk berkunjung ke sini.

  • Pulau Komodo


Sempat masuk ke dalam nominasi daftar 7 keajaiban dunia, keindahan dan keunikan pulau komodo tak perlu diragukan lagi. Bentang alam yang indah, serta keberadaan sang naga menjadikan pulau ini begitu terkenal hingga ke mancanegara. Komodo yang merupakan hewan endemik di pulau ini adalah bagian paling spesial dari pulau ini yang mampu menarik banyak wisatawan asing berkunjung ke pulau ini.

  • Danau Toba


Pulau Sumatera memiliki banyak tempat wisata yang indah dan populer, namun yang paling populer dari semuanya adalah danau Toba. Siapa yang tak kenal salah satu danau terluas di Indonesia ini, dengan pulau samosir di tengahnya, toba menyajikan keindahan alam nan megah. Namun sayangnya kini kawasan hutan sekitar danau toba telah mulai rusak, perlu penanganan yang baik dari pihak pemerintah agar keindahan dan kealamian danau ini tetap terjaga.

  • Pulau Bali


Siapa yang tak kenal dengan pulau yang satu ini, nama Bali sebagai objek wisata telah terkenal hingga ke mancanegara, bahkan Bali lebih terkenal dari negara tempat pulau ini bernaung, yakni Indonesia. Mulai dari warga kelas menengah hingga selebriti dan jutawan dunia memilih bali sebagai tujuan wisata terbaik. Pantai-pantai yang eksotis, pemandangan alam yang indah, serta kebudayaan masyarakatnya yang masih terjaga membuat pulau ini begitu mempesona hingga memikat jutaan wisatawan untuk berkunjung ke sana. Pulau dewata masih menjadi tujuan wisata terbaik dan terfavorit di Indonesia.

Kamis, 08 Januari 2015

Rekomendasi Film : Castaway


Castaway merupakan film drama petualangan amerika produksi tahun 2000 yang dibintangi oleh Tom Hanks. Film yang menuai sukses besar ini bercerita tentang eorang pegawai FedEx (diperankan oleh Hanks) yang terdampar di sebuah pulau kecil tanpa penghuni setelah mengalami kecelakaan pesawat di selatan samudra Pasifik. Dalam film ini, diceritakan bagaimana usaha-usaha yang dilakukan oleh Tom Hanks sebagai tokoh utama bertahan hidup di pulau terpencil yang tak berpenghuni. Lewat film ini, Tom Hanks dinobatkan menjadi nominator peraih penghargaan Academy Awards untuk kategori pemeran utama pria terbaik.


Chuck Noland (Tom Hanks) merupakan seorang analis sistem FedEx yang tergila-gila pada efisiensi waktu. Chuck sering berkeliling dunia untuk menyelesaikan berbagai permasalahan sistem pekerjaan FedEx di berbagai negara. Saat menjelang natal, Noland diharuskan untuk pergi ke Malaysia karena ada suatu permasalahan. Namun saat terbang menuju Malaysia, di wilayah Pasifik, pesawat yang ditumpanginya tiba-tiba mengalami masalah karena badai. Saat pesawat hancur dan tenggelam, Chuck berhasil selamat dengan menggunakan peralatan survival yang ada dalam pesawat. Kemudian Chuck terdampar di sebuah pulau terpencil tanpa penghuni dengan hanya memiliki barang-barang paket kiriman yang tersisa dari pesawat yang hancur. Hari-hari penuh drama perjuangan bertahan hidup Chuck pun dimulai. Bagaimana kelanjutan ceritanya, silahkan anda tonton sendiri filmnya. Film ini banyak memberikan kita pelajaran mengenai nilai-nilai kehidupan.

Selasa, 06 Januari 2015

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Bandung

Wisata Alam Bandung - Bandung terkenal sebagai kota wisata yang menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Umumnya para wisatawan tersedot ke Bandung untuk menikmati wisata belanja dan kuliner Bandung yang memang terkenal dengan keunggulannya. Namun selain itu, Bandung juga memiliki banyak tempat wisata alam nan indah yang wajib untuk anda kunjungi. Bagi anda para pecinta wisata alam, inilah beberapa rekomendasi tempat wisata alam di Bandung yang akan penulis bagikan.
  • Gunung Tangkuban Perahu

Terlihat dari kota Bandung, gunung indah ini berbentuk seperti perahu terbalik, maka dari itu dinamai Tangkuban Parahu. Gunung ini merupakan salah satu tempat wisata alam andalan bandung. Lokasinya yang cukup mudah untuk dijangkau, serta akses jalan dan fasilitas yang lumayan bagus, membuat Tangkuban Perahu menjadi favorit banyak wisatawan yang datang ke Bandung.
  • Kawah Putih Gunung Patuha, Ciwidey

Belakangan, kawah putih yang terletak di Ciwidey ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan, khususnya yang menggemari fotografi. Keindahan panorama alam kawah putih yang sangat fotogenik, menjadikan tempat ini ramai dikunjungi wisatawan pecinta keindahan alam. Bahkan tak jarang tempat ini dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk prewedding.
  • Situ Patenggang

Selain kawah putih, kawasan ciwidey memiliki objek wisata alam nan indah lainnya, yakni situ Patenggang. Danau indah ini terletak di perkebunan teh Rancabali, sekitar 47 km dari pusat kota Bandung. Yang menarik dari situ Patenggang adalah adanya pulau kecil berbentuk hati di tengahnya, yang bernama pulau asmara.
  • Wisata Alam Maribaya

Wisata alam Maribaya terletak di sebelah timur Lembang, dengan berada di ketinggian 1000 mdpl. Maribaya terkenal dengan berbagai curug (air terjun) indah, serta sumber air panasnya. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan air terjun sekaligus menikmati sumber air panas, Maribaya sangat cocok untuk anda kunjungi bersama teman ataupun keluarga.
  • Dago Pakar atau Tahura Juanda

Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda atau lebih dikenal dengan nama Dago Pakar merupakan kawasan hutan yang terletak di Cicadas dan Lembang. Di taman ini, terdapat beberapa air terjun indah, serta gua-gua bersejarah peninggalan masa pendudukan Jepang dan Belanda. Kawasan ini didominasi oleh hutan pinus, bambu, kaliandra, dan beragam jenis tanaman lainnya. Bagi anda yang ingin menikmati udara segar hutan, kunjungilah Taman Hutan Raya ini, aksesnya cukup mudah dijangkau dengan jarak sekitar 7 km dari pusat kota.

Senin, 05 Januari 2015

7 Danau Terindah di Indonesia

Danau Terindah di Indonesia - Bagi anda yang menggemari kegiatan travelling dan fotografi alam, menjelajahi keindahan alam Indonesia tentunya satu hal yang wajib untuk dilakukan. Berkunjung dari satu tempat indah ke tempat indah lainnya, mengabadikan momen dan keindahan alam lewat lensa kamera anda merupakan satu hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Gunung, hutan, pantai, sungai ataupun gua-gua indah banyak tersebar di sepanjang wilayah kepulauan Indonesia, namun kali ini penulis akan memeberikan sedikit informasi mengenai beberapa danau terindah di Indonesia yang dapat anda jadikan sebagai destinasi kegiatan traveling anda. Danau apa saja yang termasuk kedalam daftar terindah, inilah beberapa diantaranya.
  • Danau Sentani

Danau Indah ini terletak di pulau Papua, tepatnya membentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura seluas 9.360 hektar. Danau sentani yang indah ini juga dihiasi dengan 21 pulau kecil di dalamnya, menambah indah pemandangan yang tersaji. Sentani dalam bahasa lokal berarti "disini kami tinggal dengan damai". Untuk menarik wisatawan, setiap tahunnya di danau ini diadakan festival danau Sentani.
  • Danau Maninjau

Danau Maninjau terletak di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Maninjau merupakan danau vulkanik yang terletak di ketinggian 461,5 mdpl dengan luas wilayah 99,5 kilometer persegi. Danau dengan panorama indah ini juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas yang mendukung pariwisata, seperti hotel, penginapan dan restoran.
  • Danau Labuan Cermin

Labuan cermin adalah salah satu danau yang wajib anda masukkan ke dalam daftar tempat wisata favorit anda. Mengapa danau ini begitu spesial? di danau ini anda akan mendapatkan sensasi yang sebelumnya mungkin hanya ada dalam imajinasi anda. Air danau ini sangat bening, sebening kaca, selain itu, danau ini juga memiliki 2 rasa. Danau Labuan cermin dapat dicapai melalui perjalanan darat dengan waktu 6-7 jam dari pusat kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
  • Danau Kelimutu

Danau ini terletak di Gunung Kelimutu yang berada di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. 3 danau kelimutu memiliki 3 warna yang berbeda, dan dapat berubah-ubah setiap waktunya, karena fakta itulah danau ini kadangkala juga disebut dengan nama danau tiga warna. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, warna-warna danau kelimutu ini memiliki arti masing-masing, dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.
  • Danau Toba

Siapa yang tak kenal danau ini, keindahannya sudah terkenal baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Danau vulkanik ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, luasnya memiliki dimensi panjang 100 km dan lebar 30 km. Di tengah danau ini juga terdapat pulau vulkanik bernama Samosir. Sudah sejak lama, danau Toba merupakan tempat wisata terpenting di Sumatra Utara. 
  • Danau Segara Anak

Terletak di Gunung Rinjani, Lombok yang terkenal sebagai salah satu gunung tertinggi dan terindah di Indonesia, danau segara anak dipastikan memiliki panorama super indah. Danau ini juga memiliki beragam jenis ikan, bagi anda yang hobi mendaki gunung dan juga memancing, danau ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Di tengah danau ini terdapat volcano yang merupakan anak Gunung Rinjani.
  • Danau Gunung Tujuh

Termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, danau indah ini terletak di Gunung Tujuh, sebuah gunung yang terletak tepat di belakang Gunung Kerinci yang merupakan gunung api tertinggi di Indonesia. Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia, dengan letaknya yng berada di ketinggian 1.950 mdpl. Panorama keindahan danau ini sayang untuk anda lewatkan.

Sabtu, 03 Januari 2015

11 Film Petualangan Terbaik yang Harus Kamu Tonton!

photo from flickr.com
Film sebagai salah satu bentuk karya seni yang dihasilkan oleh para seniman perfilman merupakan salah satu media hiburan yang sangat digemari banyak orang. Untuk sebuah film terbaik yang telah ditunggu-tunggu, banyak orang rela mengorbankan berbagai hal hanya untuk sekedar menyaksikan penayangan perdananya di teater bioskop.

Sebuah film yang bagus tentunya bukan hanya sekedar dapat menghibur para penontonnya, namun juga memberikan nilai-nilai pelajaran yang dapat dipetik penonton setelah menonton tayangan film tersebut. Kali ini, penulis akan memberikan sedikit informasi beberapa film petualangan yang harus kamu tonton. Film-film bergenre petualangan ini akan tergabung ke dalam daftar 10 film petualangan terbaik versi blue tripper.

Inilah 10 film petualangan terbaik yang penulis rekomendasikan untuk kawan-kawan semua.

1. North Face


Film produksi tahun 2008 ini mengangkat kisah perjuangan 2 pendaki asal Jerman yang mencoba berkompetisi dengan pendaki negara lain untuk menaklukkan sisi utara gunung Eiger. Penuh drama dan ketegangan, film ini sangat direkomendasikan untuk para pecinta ketinggian (khususnya para pemanjat tebing).

2. Seven Years in Tibet


Seven Years in Tibet diangkat dari kisah nyata yang di tulis oleh pendaki asal Austria, Heinrich Harrer dalam bukunya yang berjudul sama. Dibintangi oleh Brad Pitt sebagai Harrer, film ini menceritakan pengalaman Harrer di Tibet antara tahun 1944 - 1951 pada masa perang dunia II. 

3. Into the Wild


Diangkat dari kisah hidup Christopher McCandless, film petualangan ini bercerita tentang banyak drama kehidupan. Chris yang membenci peradaban melakukan perjalanan seorang diri berpetualang mengelilingi wilayah Amerika, hingga berakhir di Alaska, tempat ia menghembuskan nafas terakhirnya.

Menceritakan kisah perjuangan Aron Ralston menyelamatkan diri dari jepitan batu besar yang mengunci tangannya di Blue John Canyon. Usaha survival yang dilakukan Ralston di film ini sangat layak untuk anda tonton, bagaimana kehebatan Ralston saat kecelakaan menimpanya di tempat terpencil seorang diri akan anyak memberikan kita pelajaran tentang betapa berharganya kehidupan kita.

Petualangan penelusuran gua yang menjadi malapetaka saat badai tiba-tiba datang dan memenuhi gua Esa'ala dengan banjir yang besar. Para penelusur gua mencoba untuk naik ke permukaan saat menyadari badai telah datang, namun sialnya jalan menuju keatas tertutup batuan besar. Film ini layak anda masukan kedalam daftar film petualangan favorit anda.

6. Wild


Dirilis akhir tahun 2014, film ini sukses menarik perhatian banyak pecinta film dunia. Film ini juga telah masuk ke dalam salah satu nominasi peraih golden globe. Film yang dibintangi oleh Reese Witherspoon ini diangkat dari kisah yang ditulis oleh Cheryl Strayed yang berjudul "Wild : From Lost to Found on the Pacific Crest Trail".

7. Cast Away


Castaway yang dirilis tahun 2000 menceritakan tentang sebuah tragedi kecelakaan pesawat dan kemudian membuat Tom Hanks yang berperan sebagai pegawai FedEx terdampar di sebuah pulau antah berantah di selatan pasifik. Kisah perjuangan survival seorang diri di sebuah pulau terpencil yang diceritakan film ini sangat menarik untuk anda saksikan.

8. Everest


Film yang baru dirilis kemarin ini sukses memberikan banyak pelajaran kepada para petualang khususnya pendaki gunung bahwa dalam setiap pendakian akan selalu ada ancaman bahaya yang perlu untuk diberi perhatian. Dari film ini, kita juga bisa belajar, bahwa dalam sebuah perjalanan pendakian, puncak bukanlah segalanya, keselamatan nyawa adalah yang harus kita utamakan.

9. The Secret Life of Walter Mitty


Film ini bercerita tentang kehidupan Walter Mitty yang sudah bertahun-tahun bekerja di sebuah majalah ternama yang belakangan akan berubah sistem menjadi online. Sistem perusahaan majalah tersebut dirombak total oleh manajemen baru, dan pekerja-pekerja rendahan seperti Mitty akan didepak.

Ada masalah terjadi saat file foto untuk cover terakhir majalah Life tak ditemukan Mitty. Namun di luar dugaan, justru karena persoalan inilah, Mitty akhirnya melakukan perjalanan petualangan seru yang sebelumnya tak pernah ia bayangkan. Mulai dari terbang menuju Greenland, naik helikopter dengan pilot mabuk, terjun ke laut, menumpang kapal tua yang membawanya hingga Islandia, sampai mendaki gunung tinggi di Afghanistan.

10. The Way


Daniel Avery, sang anak, meninggal pada hari pertama perjalanan ziarah di Camino de Santiago. Sang ayah, Thomas Avery pun langsung terbang menuju Prancis dengan tujuan awal hanya untuk membawa pulang jenazah anak satu-satunya tersebut. Namun, entah apa sebabnya, tiba-tiba Thomas malah berniat melanjutkan perjalanan panjang anaknya sambil menabutkan abu hasil kremasi jenazah Daniel di sepanjang rute Camino de Santiago.

Selanjutnya, ada banyak kisah menarik yang terjadi dalam perjalanan panjang Thomas Avery menyusuri rute ziarah Camino de Santiago yang membentang dari Prancis hingga Spanyol, terutama saat di tengah perjalanan, ia kemudian bertemu banyak teman baru.

11. Meru


Salah satu film dokumenter terbaik yang pernah dibuat. Menceritakan kisah perjuangan grup pendaki yang dipimpin Conrad Anker saat menaklukkan jalur Shark's Fin yang dikenal sebagai salah satu jalur pendakian tersulit di dunia.


Itulah sedikit informasi tentang 10 film petualangan terbaik yang dapat penulis berikan, semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi hiburan pengisi waktu luang. Salam lestari!

Baca juga 4 Film Indonesia bertema Pendakian Gunung

Kamis, 01 Januari 2015

Rekomendasi Film Petualangan : 127 Hours


127 Hours - Satu lagi film petualangan yang sangat menarik untuk anda tonton, yups film ini berjudul 127 Hours. Dibintangi oleh James Franco sebagai aktor utama yang memerankan Aron Ralston, 127 Hours menceritakan sebuah kejadian buruk yang menimpa kehidupan Aron Ralston. Diambil dari kisah nyata kehidupan Ralston, film ini bercerita tentang hilangnya tangan Ralston karena tertimpa batu besar yang menjepit tangannya saat menjelajahi sebuah area celah batuan yang terisolasi di Blue John Canyon sebelah tengggara negara bagian Utah, Amerika Serikat. 
Kisah tentang perjuangan Ralston untuk bertahan hidup dalam keadaan terjepit batu di tengah antah berantah yang terangkum dalam film ini sangat layak untuk kita apresiasi. Perjuangan selama 127 jam melawan lapar, haus, lelah, dan rasa putus asa dilalui Ralston dengan susah payah, hingga pada akhirnya dia memutuskan untuk memotong tangannya sendiri agar dapat terbebas dari keadaan buruk itu, hingga akhirnya dia selamat untuk kembali melanjutkan kehidupannya yang amat berharga walau dengan satu tangan yang terpotong. Dan hebatnya, setelah selamat dari kejadian buruk itu, Ralston tetap melanjutkan hidupnya dengan terus menjadi petualang.


Banyak pelajaran yang dapat kita petik dari film hebat ini, yang paling banyak tentunya pelajaran mengenai usaha survival dan makna menghargai hidup. Film yang dirilis tahun 2010 ini mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari para kritikus dan penonton. Film ini juga dinominasikan ke dalam 6 kategori Academy Awards, termasuk kategori gambar terbaik dan aktor terbaik untuk James Franco.


Para Pendaki Cantik

foto from : vina adzania

"Special untuk para pendaki wanita Indonesia.."

Olahraga hiking dan camping nampaknya semakin hari semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kini naik gunung tak lagi didominasi dan dimonopoli oleh para pendaki yang memiliki latar belakang pecinta alam saja, namun lebih universal lagi dengan banyaknya pendaki baru yang datang dari berbagai kalangan. Salah satu yang menarik dari fakta tersebut adalah makin banyaknya pendaki cantik yang menghiasi arena pendakian. Ya, kaum hawa pun kini tak segan untuk berpetualang di alam bebas menaklukkan puncak-puncak gunung tinggi. Hal ini tentunya merupakan satu hal positif untuk dunia pendakian, olahraga ini semakin terbuka untuk siapa saja tanpa memandang latar belakang, jenis kelamin, ataupun status sosial seseorang. Selain itu, dengan makin banyaknya pendaki cantik, tentunya para pendaki pria mendapat bonus tambahan, selain dapat menikmati keindahan alam, kecantikan para pendaki wanita akan melengkapi pemandangan yang dinikmati saat pendakian.

photo from valentine delique

foto from : vina adzania

Dibandingkan dengan kebutuhan pria yang lebih simpel dan praktis, kebutuhan wanita dalam berbagai hal cenderung lebih rumit (ada sebagian wanita yang simpel juga sih sebenernya, hehe). Hal ini berlaku pula untuk urusan mendaki gunung. Pendaki wanita tentunya memerlukan beberapa kebutuhan khusus (misalnya saat sedang dalam kondisi haid) agar dapat menjalani perjalanan pendakian dengan aman dan nyaman. Bagi anda para pendaki wanita, aturlah strategi sebaik-baiknya saat proses persiapan perjalanan, guna menyiasati segala kondisi yang kiranya akan menghambat pendakian anda. Hal ini sangat perlu untuk dilakukan jika anda tak ingin jadi penghambat perjalanan grup pendakian yang anda ikuti. Meski anda wanita, bukan berarti anda boleh menjadi penghambat perjalanan bukan? Tunjukan bahwa anda bisa diandalkan dengan segala persiapan yang telah anda lakukan.


Para pendaki cantik yang hadir dalam tim pendakian tentunya akan menjadi pemanis perjalanan pendakian yang dilakukan. Jika kebetulan mereka ada dalam tim pendakian anda, jaga dan hormatilah mereka dengan sebaik-baiknya. Dan terakhir, terima kasih untuk kalian para pendaki cantik yang telah menghiasi alam pegunungan Indonesia, salam lestari!