Jumat, 19 Februari 2016

Cantik... 14 Destinasi Wisata Kabupaten Bandung Barat Wajib Anda Kunjungi

Apa yang pertama kali Anda dapat, atau kesan seperti apa saat mendengar nama Kabupaten Bandung Barat? Kabupaten primadona ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang di sebelah barat dan utara, Kabupaten Bandung dan Kota Cimahi di sebelah timur, Kota Bandung di sebelah selatan, serta Kabupaten Cianjur di sebelah barat dan timur.
Salah satu kabupaten di Jawa Barat hasil pemekaran Kabupaten Bandung ini, rupanya kaya akan tempat destinasi yang wajib Anda kunjungi. Penasaran apa saja objek wisata tersebut? Yuk kita simak ulasan berikut ini.
1. Situ Ciburuy
Situ Ciburuy merupakan sebuah danau alami, yang lumayan cukup terkenal di kalangan para wisatawan nusantara. Saking terkenalnya, situ ini bahkan sudah diangkat sebagai tema lagu tradisional Sunda berjudul ‘Situ Ciburu’, wow. Letaknya tak jauh dari Kota Padalarang Bandung Barat, membuat situ ini bak magnet banyak digemari oleh para pecandu wisata air.
Situ Ciburuy memiliki luas sampai 25 hektare dengan pulau yang begitu rindang di tengah-tengahnya. Pemandangan alamnya begitu menakjubkan. Untuk mencapai ke tengah danau tersebut maka pengunjung bisa menyewa perahu yang beraneka warna dengan biaya Rp15.000 perorang.
Situ Ciburuy kini sudah ditata lebih rapi, antara lain dengan memperbaiki jalan masuk ke tepi danau, dan melengkapi dengan kedai-kedai makanan dan minuman, buah-buahan, cenderamata, pentas kesenian, rumah makan dan fasilitas untuk berperahu.
PETA LOKASI

2. Curug Malela
Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60-70 m dan lebar 50 m dengan hulu sungai berasal dari lereng utara Gunung Kendeng yang nantinya mengalir membentuk jaringan sungai Cidadap dan bermuara ke Cisokan. Airnya sangat deras dan bila sedang beruntung kita dapat menyaksikan ratusan ekor monyet ekor panjang (macaca pasciscularis) sedang minum air di bawah Curug Malela.
Curug Malela merupakan air terjun paling atas dari rangkaian tujuh air terjun sepanjang 1 Km. Urutannya adalah Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan ditutup dengan Curug Pameungpeuk. Semua terletak di desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.
PETA LOKASI
 

3. Curug Cimahi
Curug atau juga Air Terjun Cimahi ini, memiliki ketinggian sekitar 87 m, merupakan salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.
Jika dilihat dari atas, curug ini memiliki dua tingkat dan termasuk yang unik. Sesuai namanya cimahi alias air cukup (bahasa Sunda), debit air terjun ini selalu sama, baik saat musim hujan atau pun kemarau. “Namun, dibandingkan puluhan tahun lalu, debitnya jauh berkurang.
Tak jauh dari Curug Cimahi dapat ditemui juga Curug Bugbrug dan Curug Panganten yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Curug Cimahi ini.
PETA LOKASI

4. Taman Bunga Cihideung
Cihidueng, desa yang terletak di kecamatan Parongpong ini, yang dulunya hanya merupakan tempat bercocok tanam ala kadarnya saja, kini telah berkembang menjadi "Kawasan Wisata Bunga". Kawasan ini memang tepat disebut sebagai kawasan wisata bunga, karena di sepanjang desa ini terlihat berbagai tanaman bunga yang dikembangbiakkan.
Berbagai jenis tanaman bunga bisa kita temui di desa Cihideung ini, dari tanaman hias hingga tanaman potong. Tanaman (bunga) hias biasanya adalah tanaman yang digunakan untuk memperindah taman, dan tanaman (bunga) potong biasanya adalah tanaman/ bunga yang diperlukan untuk keperluan dekorasi. Di desa Cihideung ini lebih dari 80 persen warga desa Cihideung menjadi petani bunga, dimana terdiri dari 30% petani bunga potong, dan 50% petani bunga hias.
Desa wisata bunga Cihideung yang merupakan tempat wisata persinggahan ini terletak sekitar 20 km dari kota Bandung, bisa ditempuh dengan menggunakan angkutan umum ataupun dengan kendaraan pribadi. Bila kita menempuh jalan melalui jalan Cihanjuang, kita juga bisa menikmati indahnya perkebunan disepanjang jalan menuju desa Cihideung. Kesegaran dan kesejukan tersaji di sepanjang perjalanan menuju lokasi.
PETA LOKASI
 

5. Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan
Di Bandung, kini Anda bisa menikmati wahana pendidikan yang interaktif. Ya, Puspa Iptek Sundial tempatnya. Wahana pendidikan ini berlokasi di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung. Di sana terdapat lebih dari 150 buah alat peraga yang masing-masing dapat dicoba langsung oleh pengunjung.
Nama Puspa Iptek sendiri merupakan sebuah singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sedangkan Sundial berarti jam matahari. Nama Sundial kemudian diambil karena pada bangunan Puspa Iptek terdapat jam matahari. Jam matahari tersebut berada tepat di bagian depan dan atas gedung. Pada bagian depan, jam matahari tersebut berbentuk vertikal, sedangkan pada bagian atas jam tersebut berbentuk horisontal.
Untuk masuk ke Puspa Iptek Sundial, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15ribu. Setelah itu, Anda bisa puas menikmati alat-alat peraga yang telah disediakan. Anak-anak menyukai alat peraga yang dapat memperlihatkan hasil sesuai apa yang terjadi di permukaan bumi. Salah satu contohnya bola pasir ini yang jika diputar akan memperlihatkan badai yang terjadi di bumi jika terjadi goncangan.
PETA LOKASI

6. Goa Pawon
Selama ini keberadaan Gua Pawon bagi warga Kampung Gua Pawon dan Panyusuan Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung barangkali tidaklah terlalu istimewa. Letak gua yang berada di lokasi penambangan berbagai jenis batu itu hanya dianggap sebagai satu lokasi tempat bernaung disela penambangan batu atau tempat bermain anak-anak.
Namun, siapa sangka jika di dalam gua ini ternyata menyimpan misteri kehidupan masa lalu. Ya, di dalam gua itu ditemukan 20.250 tulang belulang dan 4.050 serpihan batu yang diperkirakan berusia sekira 10 ribu tahun.
Temuan ‘besar’ yang cukup menggemparkan masyarakat Jawa Barat ini diharapkan akan menguak sejarah peradaban manusia Sunda. Apalagi selama ini, daerah Bandung dan sekitarnya amat miskin dari temuan-temuan arkeologi khususnya yang menyangkut peradaban manusia sehingga kemudian dijuluki ahistoris.
Temuan tulang belulang dan serpihan batu itu diyakini mengindikasikan adanya kehidupan manusia purba dikawasan Gua Pawon. Bahkan dikawasan tersebut dipastikan pernah tumbuh kebudayaan manusia pada jaman dulu.
PETA LOKASI

7. Kampung Gajah
Kampung Gajah Wonderland yang berlokasi di sebelah utara kota Bandung adalah sebuah kawasan wisata terpadu yang sangat cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Sesuai dengan temanya yaitu “Wisata, Belanja, dan Kuliner“, di Kampung Gajah Bandung tersedia berbagai jenis wahana permainan yang menyenangkan, beberapa tempat belanja berupa factory outlet, hingga 4 jenis restoran yang menggoda para pecinta wisata kuliner. Walaupun bernama Kampung Gajah, kawasan ini tidak mempunyai gajah sama sekali.
PETA LOKASI

8. Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha (dahulu bernama Bosscha Sterrenwacht) dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atauPerhimpunan Bintang Hindia Belanda.
Observatorium Bosscha berlokasi di Lembang, Jawa Barat, sekitar 15 km di bagian utara Kota Bandung dengan koordinat geografis 107° 36' Bujur Timur dan 6° 49' Lintang Selatan. Tempat ini berdiri di atas tanah seluas 6 hektare, dan berada pada ketinggian 1310 meter di atas permukaan laut atau pada ketinggian 630 m dari dataran tinggi Bandung.
Kode observatorium Persatuan Astronomi Internasional untuk observatorium Bosscha adalah 299. Tahun 2004, Observatorium Bosscha dinyatakan sebagai Benda Cagar Budaya oleh Pemerintah. Karena itu keberadaan Observatorium Bosscha dilindungi oleh UU Nomor 2/1992 tentang Benda Cagar Budaya. Selanjutnya, tahun 2008, Pemerintah menetapkan Observatorium Bosscha sebagai salah satu Objek Vital nasional yang harus diamankan.
PETA LOKASI

9. Ciwangun Indah Camp (CIC)
Ciwangun Indah Camp(CIC) merupakan sebuah area wisata alam yang lengkap. CIC menjanjikan sebuah wisata alam yang cukup menarik. Disini tersedia berbagai macam arena permainan outbound yang cukup menarik bagi anak-anak, orang dewasa, maupun bagi keluarga yang ingin berlibur sambil menikmati suasana alam dan kesejukan udara pegunungan.
Di CIC terdapat dua jalur flying fox berjarak 70 meter dan 250 meter. Juga tersedia two line bridge, elvis bridge, V-bridge, spider web, rock dan wall climbing, soft dan hardtrekking / hikking, serta fasilitator untuk fun games maupun teambuilding games.
CIC juga menyediakan area camping berkapasitas 400 orang, arena bermain anak-anak, wisata berkuda, mini ATV serta area paintball yang berada di area hutan pinus yang menyejukkan. Fasilitas yang lain adalah Saung Pertemuan, Saung Istirahat(Penginapan), Gazebo, Aula, Camping Ground, Café Strawberry, CIC Entertainment, lapangan parkir yang luas, Villa, dan masih banyak lagi.Untuk akomodasi, CIC juga menyediakan saung khas Sunda sebagai tempat penginapan dengan kapasitas 4-6 orang, saung pertemuan, serta saung makan.
Untuk menu makan tersedia makanan khas Jawa Barat serta menu lain sesuai keinginan tamu. Dan bagi tamu yang menyukai segarnya buah strawberry, dapat melakukan wisata petik buah di kebun strawberry.
PETA LOKASI

10. Grafika Cikole
Pondok Wisata ini adalah salah satu penginapan di Lembang Bandung yang ada di Terminal Wisata Grafika Cikole . Penginapan Pondok Wisata ini berada di atas bukit, di hamparan rumput yang terletak disela pepohonan pinus dengan udara sejuk dan terdapat di kaki gunung Tangkuban Perahu. Pondok Wisata di Lembang ini menawarkan atmosfer rumah pedesaan dengan interior dan eksterior yang terbuat dari kayu. Pondok Wisata dibangun dengan konsep selaras dengan alam sekitarnya.
Dengan harga Rp.800.000,-/malam (Belum Termasuk Pajak 15% dan Service Charge) sudah termasuk sarapan pagi. Kapasitas 6 orang untuk tiap pondok. Kamar mandi cukup bersih dengan kloset duduk dan pancuran air panas sehingga tamu akan merasa nyaman untuk menginap di dalam pondok wisata.
PETA LOKASI

11. De'ranch
De’Ranch ini merupakan sebuah objek wisata baru, terutama salah satu arenanya yaitu menunggang kuda. Wisata menunggang kuda ala koboi (cowboy) merupakan hiburan yang utama dari obyek wisata ini. Kuda yang ada merupakan kuda impor dan kuda lokal. Kuda lokal ditujukan bagi pemula atau anak-anak.
Selain berwisata menunggang kuda, ditempat itu juga ada sapi-sapi yang ditempatkan pada kandang yang luas. Sapi juga merupakan hiburan tontonan yang menarik khususnya anak-anak. Demikian juga dengan tipe olahraga ekstrem yakni flying fox, rock climbing yang sedang digemari oleh banyak orang juga dapat Anda nikmati ditempat ini.
Selain itu, objek wisata De’Ranch juga menawarkan nilai lebih dari sekadar tempat wisata dengan pemandangan alam indahnya. Menurut salah seorang pengelola, Uke Ridwan, pengunjung diajak menikmati suasana peternakan sebenarnya.
PETA LOKASI

12. Rumah Bunga Rizal
Rumah Bunga Rizal adalah sebuah kebun produksi yang berlokasi di daerah Lembang, Jawa Barat. Rumah Bunga Rizal berdiri sejak 33 Tahun lalu, bermula dari hobi yang akhirnya mengantarkan Rumah Bunga Rizal untuk membudidayakan berbagai macam jenis anggrek, kaktus, serta tanaman hias lain.
Seiring dengan berlalunya waktu Rumah Bunga Rizal mulai memproduksi pula sejumlah produk kreatif penunjang hobi dan berkebun. Misalnya saja, cover pot, kawat penyangga tanaman, kawat gantung, dan lain-lain. Semuanya itu buatan tangan, dengan mutu yang Rumah Bunga Rizal jaga betul demi kepuasan konsumen.
Pada tahun 2002, Rumah Bunga Rizal memutuskan untuk mengubah konsep kebun produksi menjadi kebun wisata. Rumah Bunga Rizal berbenah. Berusaha memberi pelayanan lebih baik dengan menawarkan suasana kebun yang nyaman dan bersih, ditambah juga dengan menyediakan aneka makanan, minuman, dan es krim yang dapat dipesan oleh pengunjung.
Sensasi yang Rumah Bunga Rizal tawarkan adalah suasana rumah yang enak untuk dinikmati bersama keluarga atau teman dekat. Tempat Rumah Bunga Rizal terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung, Rumah Bunga Rizal mulai buka dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore setiap harinya, termasuk juga pada saat hari libur.
PETA LOKASI

13. Natural Hill
Apakah Anda sedang berencana untuk melakukan rekreasi keluarga, tetapi belum memiliki tujuan yang pasti? Tenang, ada satu tempat yang tidak terlalu jauh dan bisa ditempuh dari pusat kota, yaitu berada di Lembang, Bandung. Tempat rekreasi ini bernama Natural Hill.
Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke Natural Hill, pasti merasa kangen ingin berkunjung kembali. Begitu pula bagi Anda yang belum pernah mengunjunginya. Seperti apa konsep rekreasi yang bisa Anda eksplor bersama keluarga di Natural Hill Lembang Bandung?
Natural Hill adalah sebuah kawasan yang memiliki beberapa spot rekreasi keluarga. Anda bisa menikmati air terjun dengan pemandangan cantik yang memiliki tinggi hingga 50 meter. Air terjun Natural Hill Bandung memiliki air yang sangat jernih, sehingga membuat Anda betah berlama-lama bermain air.
Serunya lagi, Anda bisa sekaligus trekking alam. Karena untuk mencapai air terjun Natural Hill Bandung, Anda harus melakukan perjalanan selama 45 menit hingga 1,5 jam dengan berbagai jenis lintasan. Natural Hill Bandung juga cocok menjadi tempat berkumpul rekreasi kantor yang murah meriah.
Berada di Bandung, Natural Hill tentu menawarkan udara yang sejuk dengan panorama mempesona. Selain penginapan dengan tipe barak atau khusus yang bisa Anda pilih, anak-anak juga disediakan surga bermain sepuasnya di kawasan Natural Hill.
PETA LOKASI

14. Cikole Jayagiri & Tree Top
Lokasi yang berada pada ketinggian 1500 mdpl di kawasan gunung Tangkuban Perahu. Cikole Resort, merupakan tempat yang nyaman dengan suasana pegunungan yang dikelilingi dengan dinginnya hutan pinus yang dapat menjadikan nilai positif dalam suasana kebersamaan yang erat.
Lokasi yang sangat strategis yang berada pada kawasan Cikole Lembang – Bandung ini menjadi kawasan daya tarik sendiri karena berada pada kawasan wisata dan berada pada jalur antar kota Bandung – Subang sehingga dapat dijangkau dengan mudah.
Lokasi yang berada di bawah naungan Perhutani ini memang diperuntukan sebagai salah satu alternative tempat wisata untuk tujuan rekreasi, kebersamaan, dan masih banyak lagi.
Fasilitas yang ada pada Cikole Resort ini terdapat beberapa akomodasi berupa bungalow (jungle hut) yaitu rumah-rumah kayu yang di design dengan sedemikian rupa dengan menyusung konsep “Menyatu dengan Alam” tapi tanpa mengindahkan beberapa fasilitas pendukung yang dibutuhkan setiap orang. Akomodasi yang tersedia antara lain : Rumah kayu, Rumah Lombok, Rumah Joglo, Barak, dll.
Selain itu terdapat pula tempat untuk camping bagi orang – orang yang lebih suka menginap dengan alam bebas dan udara terbuka. Bagi yang ingin merasakan menginap dengan suasana alam atau ber-camping dapat kami sediakan tenda – tenda sesuai dengan kebutuhan atau dapat membawa sendiri peralatan camping nya.
PETA LOKASI

Menikmati Keindahan Kota Bandung di Atas Bukit Moko

Bukit Moko merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di wilayah Bandung, yaitu tepat nya di Desa Cimenyan, Bandung Jawa Barat. Dengan ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut, bukit moko dinobatkan sebagai puncak tertinggi di kota Bandung.
Kita dapat melihat keindahan kota Bandung dengan sangat jelas, selain itu pengunjung juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari hutan pinus sebelum sampai ke puncak Bintang, yaitu Puncak Bukit Moko.
"Pemandangan nya indah, bisa melihat kota bandung sangat jelas. Trus kita dapat menikmati pemandangan hutan pinus sambil berjalan ke puncak Bintang," ungkap Fitri, salah satu pengunjung, beberapa hari yang lalu.
Akses menuju Bukit Moko tidak di lewati oleh kendaraan umum, jadi satu-satunya cara adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda, motor, ataupun mobil, jika ingin sambil berolahraga bisa dengan berjalan kaki.
"Yang kesana banyak yang pake sepeda, motor sama mobil, kan keatasnya engga ada kendaraan umum. Yah kita engga bawa kendaraan pribadi, jadi kita mau ke bukit mokonya jalan kaki, katanya sih 3-4 jam bisa sampe sana, ya ga papalah itung itung olah raga, hehe," lanjutnya.
Perjalanan ke Bukit Moko kita akan menemui tempat bernama Caringin Tilu. Sebenarnya tempat ini hanya berupa jalan yang di sebelah kanan dan kiri tedapat warung-warung makan yang biasa dijadikan tempat pengunjung untuk kumpul. Karena di Caringin Tilu pengunjung bisa sambil ngobrol-ngobrol asik dengan udara yang dingin dan suasana kota Bandung yang indah.
"Sebelum sampai ke bukit moko, kita ke caringin tilu dulu, nah disana kita ngobrol-ngobrol sambil ngopi, ilangin cape dulu lah, kalo udah ilang cape nya baru kita lanjut lagi," papar fitri.


Jika kita naik keatas lagi, jalan yang akan dilalui yaitu jalan bebatuan. Setelah melewati jalur bebatuan kita akan sampai di puncak tertinggi Bandung, yaitu Bukit Moko. Ditempat ini kita akan menemui sebuah warung yang bernama Warung Daweung. Warung Daweung adalah satu-satunya warung yang berdiri diatas puncak Bukit Moko dan sangat cocok untuk menikmati Keindahan Kota Bandung.
"Udah sampe ke bukit moko, kita langsung ke warung daweung, satu satunya warung yang ada disana. Ya disitu kita bisa menikmati keindahan kota Bandung," jelasnya.
Datanglah sebelum matahari terbenam, karna kita akan melihat keindahan warna sunset, dan malamnya kita akan melihat banyak cahaya gemerlap dari kota Bandung, seperti bintang yang bertaburan dimana-mana. Tetapi jangan lupa untuk membawa jaket, karena suhu dapat mencapai 15 derajat celcius.
"Kalo bisa datangnya sebelum malam, soalnya kita bisa menikmati keindahan sunsetnya juga, trus kalo malam kita bisa melihat gemerlap nya bandung, tapi jangan lupa bawa jaket, disana dingin," tutupnya. ( www.hedlinejabar.com )
Kamis, 11 Februari 2016

Outside Television, Saluran Hiburan untuk Para Pecinta Olahraga Alam Bebas


Jaman dulu, saat teknologi internet belum semaju saat ini, akses informasi berkaitan dengan dunia petualangan cukup sulit di dapat. Misal, untuk mencari informasi tentang jalur pendakian gunung-gunung di Indonesia, kita harus bertanya kesana kemari kepada mereka yang sudah berpengalaman mendaki gunung yang akan kita tuju. Informasi mendetail hanya bisa didapat jika kita bersedia membeli buku panduan yang jarang tersedia di toko-toko buku, apalagi di kota kecil seperti yang saya tinggali.

Hiburan berupa tayangan film atau program televisi berkaitan dengan dunia petualangan, sangat jarang tayang di stasiun televisi nasional. Program Jejak Petualang yang sejak beberapa tahun lalu tayang di salah satu stasiun TV swasta, sukses menjadi pelepas dahaga yang sejak lama ditunggu-tunggu. Jika punya uang berlebih, berlangganan siaran dari luar negeri seperti program Natgeo Adventure jadi tontonan mewah yang bisa didapat.

Beruntung, teknologi informasi berkembang dengan sangat cepat. Internet kini telah dapat dinikmati dengan cukup mudah oleh berbagai kalangan. Informasi tentang pendakian gunung dan olahraga alam bebas lainnya kian mudah di dapat. Hiburan-hiburan seperti film petualangan dan video pendek aksi-aksi para petualangan pun semakin mudah dinikmati, terutama lewat youtube yang punya jutaan video keren yang bisa diakses secara gratis.

Berkaitan dengan hiburan berupa tayangan video ber-genre petualangan, kali ini saya akan memberikan rekomendasi saluran yang menurut saya sangat keren dan cocok untuk diikuti oleh para pecinta olahraga alam bebas, yakni Outside Television.



Outside Television merupakan saluran TV berbayar milik Outside Magazine, majalah outdoor terkemuka di Amerika Serikat. Dengan semangat dan dedikasi yang mendukung gaya hidup di alam bebas, Outside Television memberikan tayangang-tayangan menarik dari berbagai jenis olahraga alam bebas, seperti ski, surfing, hiking, bersepeda, panjat tebing, berlayar, kayaking, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang berkocek tebal, Outside Television bisa dinikmati lewat saluran TV kabel. Dengan berlangganan saluran ini, kamu akan dimanjakan berbagai tayangan menarik dengan kualitas high definition (HD). Sedangkan, bagi yang ingin menikmati tayangan-tayangannya secara gratis, cukup subscribe channel-nya di youtube. Karena gratis, tentu kita tak boleh berharap banyak, namun meski tak semewah berlangganan di TV kabel, chanel Outside Television di youtube masih sangat saya rekomendasikan untuk kamu semua.



Tak banyak yang bisa saya bahas di sini, jika penasaran, silahkan langsung coba akses channel-nya disini, dan tonton tayangan-tayangannya, jika kamu termasuk fans berat olahraga alam bebas, kamu pasti bakal betah berlama-lama disana. Semoga bermanfaat, salam lestari!

Selasa, 09 Februari 2016

Tips Mengatasi Insomnia saat Berkemah


Kata orang, salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan insomnia adalah pergi berkemah dan tidur dekat dengan alam bebas. Bagi sebagian orang, cara ini mungkin sangat efektif dan sukses menyembuhkan insomnia yang mereka derita, namun ternyata tidak bagi saya.

Disaat kawan-kawan saya dengan mudahnya langsung terlelap karena lelah setelah melakukan perjalanan berat, saya malah kesulitan untuk segera memasuki alam mimpi, padahal saya sama lelahnya dengan yang lain, tubuh saya sudah minta untuk segera diistirahatkan, namun tetap saja saya selalu terjaga.

Entah apa yang menjadi penyebab insomnia yang saya derita, bisa jadi karena kebiasaan minum kopi dan merokok, atau mungkin karena otak saya tak pernah lelah memikirkan hal-hal yang tak penting, entahlah. Yang pasti, masalah insomnia ini makin lama makin terasa mengganggu dan kadangkala sangat merugikan diri saya sendiri.

Beragam cara telah coba saya lakukan, mulai dari mengurangi asupan cafein dan nikotin dari kopi dan rokok, mendengarkan musik relaksasi, mebuat tempat tidur senyaman mungkin, hingga memaksa teman untuk bercerita sepanjang malam, namun hasilnya tetap nihil, saya selalu jadi orang terakhir yang tetap terjaga untuk mendengar dengkuran-dengkuran manja dari teman yang tidur setenda. Esoknya, saya iri melihat kawan-kawan yang bangun dengan muka lebih segar dan cerah karena cukup tidur, sementara muka saya malah terlihat kusut dan amburadul karena kurang tidur.

Karena merasa masalah insomnia ini sudah terlalu parah, saya kemudian mencoba untuk melakukan riset dan mencari tips-tips jitu untuk mengatasi masalah ini. Dan kebetulan, dari situs backpacker.com saya menemukan satu artikel yang berisi tips mengatasi insomnia saat sedang bertualang di alam bebas. Berikut 6 tips yang saya dapat dari artikel tersebut.

Perpanjang waktu perjalanan

Atur ulang itinerary yang telah kita susun, dan cobalah untuk memperpanjang waktu perjalanan. Semakin lama kita berjalan (apalagi jika medan yang dilalui cukup berat), akan semakin lelah pula tubuh kita. Paksakanlah untuk melakukan perjalanan selama 7-8 jam sehari. Dengan tubuh yang telah mencapai batas kelelahan maksimal, rasa kantuk tentu akan lebih mudah datang, dan tidur akan jadi lebih berkualitas.

Namun, jangan terlalu memaksakan, jika merasa tak terlalu kuat, sering-seringlah melakukan break untuk mengistirahatkan otot sejenak di tengah perjalanan. Dan setelah sampai di camp area, jangan langsung tidur begitu saja, rehatlah selama 1-2 jam sebelum tidur untuk makan dan minum secukupnya.

Pilihlah makanan yang kaya karbohidrat sebagai menu makan malam

Jika kamu sedang melakukan program diet, lupakan dulu program tersebut. Makanan kaya karbohidrat akan memenuhi kebutuhan glikogen dan mempercepat proses recovery otot-otot tubuh yang lelah setelah melakukan pekerjaan berat. Hal ini juga hampir pasti akan membuat tubuh kita merasa sangat lelah hingga rasa kantuk akhirnya datang, karena karbohidrat juga membantu produksi tryptophan (protein pemicu kantuk) pada otak. Namun, jangan hanya memakan makanan berkarbohidrat saja, tambahkan pula makanan lain yang mengandung protein.

Berinvestasilah dengan membeli alas tidur yang memberikan kenyamanan maksimal

Suka mendaki dengan teknik ultraligh hiking? Jangan terlalu memaksakan hingga mengurangi beban dengan tidak membawa alas tidur yang nyaman dan berkualitas. Alas tidur merupakan alat terbaik untuk mendapat kualitas tidur yang maksimal, maka dari itu, jangan ragu untuk membeli alas tidur yang berkualitas dan memberi kenyamanan maksimal.

Ganti pakaian yang kamu gunakan di perjalanan dengan pakaian khusus tidur

Terus terang, karena terlalu lelah, saat telah memasang tenda, saya seringkali malas mengganti baju dan tidur dengan pakaian kotor yang basah bercampur keringat. Dan hal ini ternyata menjadi salah satu penyebab sulit tidur. Jika memungkinkan, lebih baik mandi dulu sebelum mengganti pakaian. Tubuh yang bersih dan kering dengan pakaian baru yang bersih akan memberikan kenyamanan yang membantu kita untuk lebih cepat tertidur.

Bawalah penyumbat telinga (earplugs)

Meski terdengar damai dan menentramkan, suara alam kadangkala juga bisa sangat mengganggu. Apalagi jika kebetulan kita berkemah di area yang penuh dengan tenda pendaki lain. Kombinasi suara alam seperti lolongan binatang malam dan keriuhan yang dibuat pendaki lain bisa sangat mengganggu istirahat malam kita. Bawalah earplugs atau penyumbat telinga agar kita terhindar dari suara-suara yang mengganggu.

Jangan ngopi dan merokok

Kita semua tahu kalau nikotin dan caffein yang terkandung dalam rokok dan kopi termasuk kedalam zat stimulan yang akan membuat tubuh sulit merasakan kantuk dan enggan tidur. Maka dari itu, demi segera mendapatkan rasa kantuk dan mendapat kualitas tidur yang baik, cobalah untuk tidak mengkonsumsi kopi dan rokok.

Sialnya, meski tahu efek samping yang ditimbulkan, para perokok dan pecinta kopi seperti saya sangat sulit untuk tidak ngopi dan merokok, apalagi saat berkemah di gunung yang punya udara super dingin. Karena hal ini cukup sulit dijalankan, solusi yang bisa dilakukan mungkin dengan mencoba mengurangi dan membatasi asupan kopi yang kita minum dan jumlah rokok yang kita sulut. Cobalah untuk tidak ngopi dan merokok beberapa jam sebelum waktu tidur.


Itulah 6 tips mengatasi insomnia saat berkemah yang saya dapatkan dari sebuah artikel di backpacker.com. Efektif atau tidaknya, saya juga belum tahu pasti, karena beberapa diantaranya belum pernah saya coba. Jika kawan-kawan punya problem yang sama dengan apa yang saya alami, mari sama-sama mencoba melakukan tips-tips yang ada di atas, siapa tahu tips ini berhasil mengatasi masalah insomnia yang kita derita. Semoga bermanfaat, salam lestari!

Picture credit : www.pixabay.com

Minggu, 07 Februari 2016

7 Film Outdoor yang Mungkin Kamu Lewatkan di Tahun 2015

film petualangan terbaik 2015
Setiap tahunnya, para pelaku dan pecinta olahraga luar ruangan (outdoor) sering dimanjakan dengan berbagai film petualangan berkualitas yang dihasilkan para sineas profesional, yang seringnya juga merupakan para pelaku olahraga itu sendiri. Di tahun 2015 lalu, ada banyak sekali film bertema olahraga outdoor yang beredar.

Disini, saya akan mencoba mengumpulkan 7 film terbaik yang mungkin belum sempat kamu tonton di tahun 2015 lalu. Tidak melulu soal film bertema naik gunung, kali ini saya juga memasukkan film dengan tema olahraga-olahraga alam bebas lainnya, seperti skateboard, rock climbing, ski, dan surfing.

1. Meru



Film dokumenter pendakian terbaik yang pernah saya tonton. Film ini bukan hanya menampilkan teknik pengambilan gambar dan kualitas video yang mumpuni, namun juga menyimpan pesan-pesan moral yang bisa dijadikan pelajaran berharga, terutama untuk mereka yang senang mendaki gunung. Pokoknya, film Meru ini sangat wajib kamu tonton!

2. Reel Rock 10


Para pecinta panjat tebing pasti sudah akrab dengan film Reel Rock. Dan seperti biasa, Reel Rock 10 juga menampilkan aksi luar biasa dari para pemanjat, dengan teknologi pengambilan gambar yang lebih canggih dan tentunya lebih keren dari seri-seri sebelumnya. Film ini sangat wajib ditonton para pecinta olahraga ekstrem, khususnya para pecinta rock climbing.

3. Everest



Terlepas dari fakta bahwa film ini dibuat berdasarkan pada salah satu peristiwa yang paling terkenal dalam sejarah mountaineering, dan juga berlatar gunung yang paling terkenal di dunia, film ini masih 100% bergaya Hollywood. Namun bukan berarti film ini berkualitas buruk, jika kamu suka dengan film action berbalut sedikit drama yang mendebarkan, dengan artis-artis top dan sutradara berkualitas, jangan lewatkan film "Everest" ini. Namun jika kamu termasuk tipe orang yang ingin mencari fakta sebenarnya dari kejadian yang diangkat di film ini, jangan tonton "Everest", kamu hanya perlu mencari dan membaca "Into Thin Air".

4. After The Sky Falls



Buat kamu yang bermimpi suatu hari nanti ingin mencoba olahraga ski di gunung bersalju, film ini sangat layak untuk ditonton. After the Sky Falls menampilkan aksi-aksi brilian dari para altet ski profesional. Dengan kualitas di atas rata-rata, film ini akan membuat kamu terpesona dengan keindahan pemandangan dan kehebatan aksi para atlet yang terekam dengan sangat apik dalam film ini.

5. Absinthe Eversince



Absinthe dikenal sebagai salah satu pembuat film snowboarding terbaik, dan kali ini, lewat Eversince mereka kembali membuktikan kualitas dan kelasnya. Film ini akan membuat kita melihat sisi-sisi lain yang sangat menarik dari dunia snowboarding.

6. We Are Blood



Di mulai dari sudut kota di Los Angeles, kini skateboard telah menyebar dan digemari kalangan anak muda di hampir seluruh dunia. Film ini merupakan hasil kerjasama Brain Farm Digital Cinema dan Paul Rodriguez yang merupakan seorang skater profesional. Tak melulu menampilkan aksi hebat, film ini juga menampilkan sisi-sisi lain dari dunia skateboarding dari berbagai belahan dunia. Dengan kualitas pengambilan gambar dan teknologi kamera yang modern, film ini sangat layak untuk ditonton, terutama oleh kamu yang suka olahraga ekstrem.

7. View from Blue Moon



Film pertama dari seorang surfer profesional bernama John Florence. Berkisah tentang perjalanan John menjajal beragam tipe ombak mulai dari Hawaii, Afrika Selatan, Australia dan pantai lain di berbagai belahan dunia. Kualitas dan cara pengambilan gambar di film ini sangat baik, sehingga mampu menangkap keindahan dan kehebatan aksi para surfer. Film ini akan sangat cocok ditonton oleh kamu yang punya hobi surfing.

Itu saja yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan semua, semoga bermanfaat. Jika punya saran film lain yang harus ditonton, silahkan tuliskan di kolom komentar. Salam lestari!

Lihat juga :
11 Film Petualangan Terbaik yang harus Kamu Tonton
4 Film Indonesia bertema Pendakian Gunung

Kamis, 04 Februari 2016

11 Toilet dengan Pemandangan Terindah dari Akun Instagram "Places I've Peed"

pipis berjamaah di gunung via @places.ive.peed
Saat ini Instagram benar-benar sedang berada dalam puncak popularitasnya, data terakhir menunjukkan, saat tulisan ini dibuat, Instagram telah menjadi salah satu media sosial terbesar dengan pengguna sebanyak kurang lebih 400 juta akun yang tersebar di seluruh dunia.

Dari 400 juta akun tersebut, ada bermacam-macam jenis foto telah dibagikan, mulai dari foto-foto indah, unik, hingga yang rada-rada aneh seperti yang saya temukan di akun @places.ive.peed. Akun ini mengambil genre foto yang agak kurang lazim, yakni foto indah orang-orang yang sedang buang air di tempat-tempat keren.

Terakhir kali sebelum postingan ini saya buat, akun ini sudah diikuti oleh kurang lebih 3.000 followers, dan telah membagikan 118 foto keren. Dari semua foto di akun ini, saya coba mengambil 11 foto terbaik yang menampilkan toilet dengan pemandangan terindah yang bisa kawan-kawan nikmati.

1. Kalau sambil liat pemandangan kayak gini, pipisnya pasti lancar deh..


2. Asik nih, tapi pantat pasti kedinginan banget..



3. Yang ini gaya'nya agak ekstrem..


4. Akhirnya bisa pipis di atas awan..



5. Dari siang udah ditahan-tahan biar bisa pipis pas sunset..



6. Aduh kaka cantik ini emang keren, padahal dinginnya pasti nusuk banget..


A photo posted by Places I've Peed (@places.ive.peed) on

7. Kaka ini kayaknya menikmati banget..


A photo posted by Places I've Peed (@places.ive.peed) on

8. Yang ini jangan ditiru, mencemari air..


A photo posted by Places I've Peed (@places.ive.peed) on

9. Panas-panas gini enaknya buka risleting celana biar adem..


A photo posted by Places I've Peed (@places.ive.peed) on

10. Ini toilet dengan pemandangan paling indah di dunia..



11. Mimpi jadi nyata bisa pipis di depan gunung keren macam K2 ini..



Hampir semua foto di akun tersebut merupakan hasil karya para instagramers luar negeri. Di Indonesia sendiri gaya berfoto seperti ini nampaknya belum cukup populer, mungkin karena bagi masyarakat kita yang - katanya - menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan, foto-foto seperti ini masih dianggap tabu. Namun saya rasa tak ada salahnya jika kita melihat foto-foto ini sebagai bahan hiburan belaka. Semoga bermanfaat dan menginspirasi kawan-kawan semua, salam lestari..

Menurut Penelitian, Hiking dapat Membuat Orang jadi Lebih Bahagia

mendaki gunung membuat orang lebih bahagia
Ilmuwan Inggris dan Amerika telah menerbitkan hasil penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa berjalan di alam terbuka (hiking) - di Indonesia lebih populer dengan istilah mendaki gunung - dapat membantu memerangi stress dan membangun sikap mental yang positif.

Para peneliti dari University of Michigan dan Edge Hill University mengevaluasi 1.991 partisipan dari 70.000 peserta reguler yang mengikuti program England's Walking for Health, yang mengharuskan para peserta berjalan sejauh 3000 langkah setiap minggunya. Mereka menemukan bahwa berjalan kaki di alam terbuka dapat mengurangi tingkat stress secara signifikan akibat berbagai kejadian buruk yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Ekopsikologi edisi September 2015 lalu.

Sara Warber, profesor kedokteran di sekolah kesehatan University of Michigan dan penulis senior pada studi tersebut, mengatakan bahwa sampel yang besar merupakan faktor yang sangat menentukan.

"Kami mengamati perilaku kelompok dengan jumlah anggota yang besar, di mana beberapa memilih untuk berjalan dan beberapa memilih untuk tidak, kami tidak memaksa mereka untuk melakukan apa yang kami inginkan," katanya. "Setelah 13 minggu, mereka yang berjalan kaki setidaknya sekali dalam seminggu mengalami perubahan emosi ke arah positif dan penurunan tingkat stres."

Warber dan asisten penulis Kate Irvine, yang merupakan anggota senior dari grup peneliti aspek sosial, ekonomi, dan ilmu geografi James Hutton Institute, di Aberdeen Inggris Raya, merekomendasikan untuk berjalan kaki atau hiking di alam terbuka minimal sebanyak tiga kali seminggu, demi mendapatkan manfaat yang positif. Singkatnya, hiking jarak pendek yang dilakukan bekali-kali dalam satu jangka waktu - misal satu bulan - akan lebih bermanfaat daripada hiking jarak jauh yang hanya dilakukan sekali saja selama sebulan.

"Stres tidak akan pernah pergi dari kehidupan, sehingga sangat penting bagi kita mencari cara terbaik untuk mengatasinya," kata Warber. "Berjalan kaki di alam terbuka (hiking atau mendaki gunung) adalah cara bagus yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik namun juga kesehatan mental."

Sumber : http://www.outsideonline.com/1805496/study-hiking-makes-you-happier