Rabu, 31 Desember 2014

7 Gunung Terindah Dunia

The Matterhorn

    photo from intactnature.com

    The Matterhorn adalah sebuah gunung yang terletak di wilayah Swiss yang berbatasan dengan Italia. Puncak tertingginya yang mencapai angka 4.478 mdpl membuat the Matterhorn menjadi salah satu gunung tertinggi di pegunungan Alpen. Gunung ini merupakan salah satu puncak pegunungan Alpen yang paling akhir didaki. Pendakian menuju puncak the Matterhorn terjadi pada tahun 1865 oleh grup pendaki yang dipimpin oleh Edward Whymper. Tercatat 500 orang alpinis meninggal saat mencoba mendaki puncak the Matterhorn menjadikan gunung indah ini sebagai puncak paling mematikan di pegunungan Alpen.

    Kirkjufell

      photo from flickr.com

      Kirkjufell memiliki ketinggian yang tak menjulang, puncaknya setinggi 463 meter diatas permukaan laut. Namun bentuknya yang unik serta pemandangan sekitarnya yang sangat mempesona menjadikan Kirkjufell termasuk salah satu gunung terindah di dunia. Keindahan gunung ini menarik banyak turis setiap tahunnya. Kirkjufell terletak di pantai utara Islandia.

      Denali


        Denali atau dikenal juga dengan nama McKinley adalah gunung tertinggi di Kawasan Amerika Utara. Puncak tertinggi Denali yang berada di angka 6.168 mdpl merupakan salah satu dari seven summit dunia. Denali menyajikan pemandangan kegagahan gunung tinggi menjulang. Salah satu gunung terindah dunia ini terletak di negara bagian Alaska, Amerika Serikat. Pendakian pertama denali yang tercatat dalam sejarah dilakukan oleh James Wickersham pada tahun 1903.

        Alpamayo


          Alpamayo memiliki kemiringan yang sangat curam hampir 60 derajat, bentuknya hampir menyerupai piramida sempurna. Pada tahun 1966 gunung ini pernah mendapatkan voting dari pendaki dan fotografer alam bebas dinobatkan sebagai gunung terindah di planet ini. Alpamayo terletak di Peru, Amerika Selatan.

          Mauna Loa


            Jika dilihat dari daratan, gunung yang menutupi setengah pulau ini tingginya memang tak terlalu menjulang. Namun jika melihat dari bawah laut dimana sistem gunung ini bermula, tingginya akan mencapai 9.168 meter! Gunung yang terletak di kepulauan Hawaii ini merupakan gunung terbesar di dunia dengan luas mencapai 5.271 mter persegi.

            Mount Eiger


              Siapa yang tak kenal gunung ini, Eiger yang berada di pegunungan Alpen merupakan salah satu gunung terindah di dunia. Wajah batunya yang begitu luas menjadikan gunung ini begitu menantang untuk ditaklukkan para pemanjat. Salah satu cerita penaklukkan puncak eiger yang gagal dapat anda saksikan di film North Face.

              Table Mountain


                Table Mountain yang berada di Afrika Selatan memiliki puncak datar yang panjangnya hampir 3 km. Gunung ini tak terlalu tinggi, namun memiliki keunikan bentuknya yang seperti meja menjadikan gunung ini sebagai salah satu gunung terindah dunia. Untuk menuju ke puncak gunung ini dapat dilalui dengan mendaki atau menaiki kereta gantung.

                Pantai Grajagan : Surga Pecinta Surfing

                Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan pantai-pantai indah. Dari ujung barat pulau Sumatra hingga ujung timur Papua, pantai-pantai indah bertebaran di hampir setiap daerah. Salah satu dari sekian banyak pantai indah itu, pantai Grajagan adalah salah satu yang spesial. Pantai yang berlokasi di selatan Jawa Timur ini merupakan surga bagi para pecinta olahraga surfing, karena memiliki ombak besar yang sangat cocok untuk berselancar. Selain itu, panorama lanskap pantai Grajagan juga tak boleh dilewatkan begitu saja, paduan karang, laut dan bukit-bukit di sepanjang pantai Grajagan sangat cocok untuk dinikmati saat mengisi waktu liburan anda.


                Pantai Grajagan terletak di pesisir selatan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai Grajagan berada di hutan KPH Banyuwangi Selatan, tepatnya di petak 111 BKPH Curahjati atau secara administratif pemerintahan terletak di Sesa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Wanawisata ini juga dikelola oleh Kesatuan Bisnis Mandiri – Wisata, Benih dan Usaha lainnya (KBM-WBU) Perum Perhutani Unit II Jawa Timur. Di Pantai Grajagan juga tersedia fasilitas penginapan untuk umum. Menurut beberapa sumber, Grajagan merupakan salah satu pantai yang memiliki ombak yang konsisten rideable di dunia, sehingga tak heran banyak para peselancar dunia tertarik untuk menjajal ombak pantai Grajagan. Spot terbaik untuk berselancar adalah spot Plawangan, sekitar 300 meter dari bibir pantai yang banyak dikunjungi turis. Di Plawangan, ombaknya dapat mencapai kecepatan 60 km/jam dengan ketinggian mencapai 4 meter. Namun spot ini hanya untuk para peselancar profesional saja, untuk pemula cukup di sekitar pantai utama yang memiliki ombak tak terlalu ganas.

                Bagi para travelers pecinta surfing, pantai ini sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi. Apalagi pantai ini sudah sangat terkenal di kalangan para peselancar dunia karena ombaknya yang spesial. Dalam film "Drift" yang bercerita tentang kehidupan peselancar, salah seorang tokoh utamanya menyebutkan pantai Grajagan ini sebagai spot surfing paling keren di dunia, ini menandakan bahwa memang ombak pantai Grajagan telah diakui dunia surfing. So, tunggu apa lagi, lets get adventure!

                Jumat, 26 Desember 2014

                7 Gunung Tertinggi di Asia Tenggara

                Gunung Tertinggi ASEANAsia Tenggara merupakan sebuah wilayah luas yang membentang dari perbatasan Asia Selatan hingga ke perbatasan Australia. Wilayah ini dilintasi oleh garis equator bumi yang membuat Asia Tenggara kaya akan hutan hujan tropis. Asia Tenggara juga merupakan wilayah pertemuan 2 sirkum lempeng dunia, yakni eurasia dan pasifik yang bertemu di wilayah Indonesia. Hal ini membuat wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia banyak memiliki gunung berapi. Kali ini penulis akan memberikan sedikit Informasi mengenai 7 gunung tertinggi yang ada di wilayah Asia Tenggara. Apa saja gunung itu, mari kita bahas satu persatu.

                Hkakabo Razi

                  from : www.panoramio.com


                  Hkakabo Razi secara geografis sebenarnya berada di wilayah Asia Selatan, namun karena termasuk kedalam wilayah Burma (dikenal dengan Myanmar) menjadikan gunungini  sebagai puncak tertinggi di Asia Tenggara. Memiliki ketinggian mencapai 5.881 mdpl, gunung ini menjadi titik tertinggi di wilayah Asia Tenggara. Hkakabo Razi juga masih termasuk kedalam sistem pegunungan Himalaya, maka tak heran ketinggiannya mencapai angka itu.

                  Puncak Jaya

                    from : papuaweb.org

                    Gunung tertinggi di Indonesia ini juga termasuk kedalam salah satu daftar gunung tertinggi di Asia Tenggara. Gunung yang termasuk kedalam daftar seven summit dunia ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl. Puncak Jaya terletak di pulau papua wilayah Indonesia.

                    Mount Kinabalu

                      from : cookoobananas.wordpress.com


                      Terletak di pulau Borneo wilayah Malaysia, gunung Kinabalu menjulang setinggi 4.095 mdpl. Jika dilihat secara geografis, gunung inilah yang mestinya menjadi puncak tertinggi di Asia Tenggara, karena Hkakabo Razi dan Puncak Jaya terletak di wilayah geografis berbeda, namun termasuk kedalam wilayah negara yang berada di Asia Tenggara. Gunung Kinabalu sangat nyaman untuk dijadikan tujuan pendakian, karena telah dilengkapi berbagai fasilitas yang sangat mendukung untuk para petualang yang ingin mendaki gunung ini.

                      Mount Saramati

                        from : pixgood.com

                        Gunung ini terletak di wilayah Myanmar utara yang berbatasan dengan India. Puncak tertingginya berada di angka 3.826 mdpl. Myanmar yang memang berdekatan dengan wilayah Asia selatan memiliki beberapa gunung dengan ketinggian menjulang, salah satunya adalah gunung Saramati.

                        Gunung Kerinci

                          from : almirarajourney.blogspot.com

                          Kerinci merupakan gunung api aktif tertinggi di Indonesia. Terletak di provinsi Jambi pulau Sumatera, Gunung ini menjulang setinggi 3.805 mdpl. Kerinci merupakan habitat yang tersisa untuk beberapa hewan terancam punah seperti harimau dan badak sumatra.

                          Mount Fansipan

                            from : www.everestglobaltravel.com


                            Kali ini kita beralih ke negara Vietnam yang diwakili oleh Gunung Fansipan sebagai salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara. Sebenarnya masih banyak beberapa gunung lain di wilayah Asia Tenggara yang lebih tinggi dari gunung ini, namun Fansipan masuk kedalam daftar gunung tertinggi Asia Tenggara karena merupakan gunung tertinggi di wilayah Indocina (Vietnam, Laos, Kamboja). Fansipan memiliki ketinggian 3.143 mdpl.

                            Mount Ramelau

                              from : www.travelwireasia.com


                              Yang terakhir adalah gunung Ramelau yang berada di negara kecil Timor Leste. Ramelau memiliki ketinggian 2.986 mdpl. Gunung ini berada 70 km di selatan kota Dili. Saat masih menjadi negara koloni Portugal, gunung Ramelau merupakan gunung tertinggi Portugal.

                              Senin, 15 Desember 2014

                              Gunung Rakutak (1.957 mdpl)


                              Info Gunung Rakutak - Gunung Rakutak memang salah satu gunung yang tak terlalu terkenal namanya di sekitar Jawa Barat, namun gunung ini menyajikan keindahan pemandangan yang sangat mempesona. Gunung yang cukup tinggi ini sangat mudah dicapai dari kota Bandung, waktu yang dibutuhkan untuk mendaki gunung Rakutak adalah 3 jam untuk naik, dan 2 jam perjalanan untuk turun gunung. Pemandangan di sepanjang perjalanan mendaki gunung ini sangat indah, terutama di jalan pacet di selatan Ciparay yang berada diantara gunung Rakutak dan Malabar.

                              Jalur pendakian yang umum digunakan untuk mendaki gunung rakutak dimulai di Desa Sukarame yang berada di sebelah selatan kota Bandung. Jika anda membawa sepeda motor, anda dapat menitipkan kendaraan anda di warung-warung yang terletak tepat di seberang jalan awal mula pendakian. Sambil membeli makanan atau minuman, anda dapat menitipkan sepeda motor anda ke pemilik warung. Perjalanan dimulai dari jalan semen yang licin masih di sekitar desa, kemudian melintasi perkebunan dan persawahan sebelum masuk hutan bambu. Sumber air terakhir yang dapat anda andalkan sebagai bekal persediaan berada di ketinggian 1.150 mdpl saat jalur melintasi sebuah sungai kecil. Setelah melewati sungai, anda akan dimanjakan pemandangan keindahan pegunungan bagian utara Bandung dari mulai Burangrang, Tangkuban Parahu, dan Bukit Tunggul.


                              Setelah itu, perjalanan berlanjut dengan medan yang semakin sulit yang perlu waktu kurang lebih satu jam hingga sampai menuju puncak 1 pada ketinggian 1.860 mdpl. Dari sini, pemandangan yang terlihat akan sangat indah, di barat anda akan melihat gunung Malabar, di selatan ada Gunung Kendang, Papandayan, Cikuray, dan Wayang-Windu, di timur ada puncak tertinggi Rakutak, di tenggara ada danau kecil nan indah bernama Situ Ciharus yang berada di ketinggian 1.530 mdpl.


                              Perjalanan dilanjutkan menuju puncak 2 di ketinggian 1.927 mdpl. Di puncak 2 adalah tempat terbaik untuk mendirikan tenda anda karena tersedia tanah yang lumayan lapang dan datar untuk dijadikan campsite anda. Di sini kurang lebih akan muat untuk dipasangi 3 sampai 4 tenda. Selanjutnya perjalanan terakhir menuju puncak utama yakni puncak tertinggi gunung Rakutak pada ketinggian 1.957 mdpl. 

                              Gunung Salak (2.211 mdpl)


                              Info Gunung Salak - Gunung Salak yang terkenal dengan keangkerannya adalah salah satu gunung yang paling mudah dijangkau bagi para pendaki yang berdomisili di ibukota Jakarta. Kerapatan vegetasi hutannya yang masih cukup terjaga membuat gunung ini layak dikunjungi bagi anda pecinta kehidupan liar hutan rimba. Gunung salak memiliki beberapa puncak, sehingga untuk menjelajahi semuanya, diperlukan waktu beberapa hari pendakian yang dilakukan dengan bermacam jalur.

                              Untuk mencapai puncak tertinggi gunung Salak, tempat terbaik dengan rute terpendek untuk memulai perjalanan anda adalah melalui kawasan pertanian di sekitar Cimelati. Dibutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan untuk mencapai puncak tertinggi Gunung Salak. Jalur pendakian sendiri telah diberi tanda, sehingga memudahkan anda untuk sampai menuju puncak tanpa harus tersesat. Di puncak Gunung Salak, pemandangan akan terhalang oleh pepohonan yang rapat, namun anda dapat tetap mengintip pemandangan puncak Gunung Salak lainnya, serta gunung Gede-Pangrango


                              Sedangkan rute paling populer yang sering digunakan untuk mendaki gunung Salak adalah rute menuju Kawah Ratu. Dari Kawah Ratu sendiri, anda dapat menuju puncak tertinggi Gunung Salak, meski rute perjalanan lebih panjang dari jalur Cimelati. Untuk menuju ke sini, dapat melalui Javana Spa tak jauh dari jalan raya Bogor-Sukabumi. Di sini anda wajib membeli tiket untuk memasuki kawasan Taman Nasional. Selain itu, disini juga tersedia beragam informasi seputar kawasan Taman Nasional yang akan memudahkan perjalanan pendakian yang akan anda lakukan.

                              Jumat, 12 Desember 2014

                              Tips Menentukan Jumlah Air yang Harus Dibawa saat Pendakian

                              photo from pixabay
                              Air adalah salah satu barang terberat dalam ransel kita, namun juga merupakan salah satu yang terpenting yang harus kita bawa dengan jumlah tepat saat pendakian dilakukan. Bahaya kekurangan air atau dehidrasi akan sangat mengganggu kelancaran pendakian yang anda lakukan.

                              Membawa air terlalu sedikit bisa menyebabkan bahaya dehidrasi yang biasanya membuat kepala anda pusing, kurang bertenaga, dan mudah marah. Terlalu banyak air akan menambah beban yang mesti anda pikul sepanjang perjalanan. Maka dari itu, sangat penting untuk menentukan jumlah air yang cukup untuk anda bawa selama pendakian berlangsung. Di tulisan ini saya akan coba akan memberikan beberapa tips untuk menentukan jumlah air yang harus dibawa saat pendakian.

                              Perhitungkan Jumlah Anggota Kelompok

                              Saat mendaki sendiri atau solo, akan lebih mudah menentukan jumlah air yang mesti anda bawa selama pendakian, karena anda pasti tahu sebanyak apa biasanya air yang anda butuhkan selama pendakian. Lain halnya jika mendaki secara grup, setiap anggota grup pastinya memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda.

                              Biasanya setiap orang membutuhkan 2-3 liter air, kalikan saja dengan jumlah anggota grup anda, kemudian tambah juga dengan kebutuhan memasak dan sebagai cadangan. Jika ditotal, untuk sehari semalam, biasanya saya membawa 3-4 liter air per orangnya untuk kebutuhan minum, memasak dan cadangan jika terjadi sesuatu yang tak diharapkan. Namun, itu hanya aturan yang sering saya gunakan, bukan berarti setiap orang harus membawa air dengan jumlah sebanyak itu, karena tiap orang tentu memiliki karakter dan cara penggunaan air yang berbeda, 

                              Perkirakan lama waktu perjalanan dan faktor cuaca

                              Panjang waktu perjalanan yang anda lakukan adalah salah satu faktor utama untuk menentukan jumlah air yang perlu anda bawa. Untuk waktu perjalanan yang pendek, anda bisa mengurangi jumlah air yang anda bawa. Namun jika waktu perjalanan panjang sampai berhari-hari, anda perlu menambah cadangan persediaan air anda. Cuaca juga perlu diperhatikan, jika mendaki di medan terbuka saat cuaca sangat panas, tubuh anda akan membutuhkan lebih banyak cairan guna menghindari dehidrasi. Untuk menghindari bahaya dehidrasi, anda perlu menambah jumlah air yang dibawa.

                              Cari informasi tentang letak dan posisi sumber air

                              Hal yang satu ini juga tak kalah pentingnya. Bagaimana rasanya jika anda telah berlelah-lelah membawa persediaan air untuk seluruh perjalanan anda, namun ternyata anda menemukan sumber air lainnya sebelum anda sampai di puncak, anda pasti akan merasa kesal. Untuk mengantisipasi hal itu, sebelum berangkat mendaki, pelajari dengan baik medan gunung yang anda daki, tanyakan pada pendaki lain yang lebih berpengalaman mengenai sumber air di gunung yang akan anda daki. Setelah mengetahui semua sumber air yang ada, anda akan lebih nyaman dalam menentukan jumlah air yang harus dibawa.

                              Itu saja sedikit tips yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan semua. Jika kawan-kawan punya pendapat dan saran lain, saya sangat berterima kasih jika anda bersedia menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat, salam lestari!

                              Baca juga tips-tips mendaki gunung seperti : tips mendaki sendirian (solo hiking)tips mendaki malamtips packingtips mendaki di musim hujan, dan masih banyak lagi tips bermanfaat lainnya.

                              Rabu, 10 Desember 2014

                              7 Tips Kenyamanan Camping saat Cuaca Buruk


                              Cuaca yang buruk kadangkala membuat kegiatan mendaki gunung yang kita lakukan terasa begitu mengecewakan. Berbasah-basah sepanjang hari sambil berjalan melewati tanjakan terjal yang licin, tentunya bukanlah hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian banyak orang.

                              Apalagi ketika setelah tiba di tempat camping, hujan masih juga tak kunjung reda, hal ini pastinya akan membuat anda semakin bete. Namun tenang dulu, jangan terlalu larut dalam kekecewaan, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar tetap nyaman saat camping di tengah cuaca buruk. Inilah 7 tips untuk kenyamanan camping saat cuaca buruk.

                              • Jangan Keluar

                              Tetaplah berada di tempat kering dan hangat, jangan coba-coba untuk keluar bermain hujan-hujanan atau sekedar mengetes peralatan anti air anda. Penting untuk menjaga semua yang anda miliki tetap kering. Sebagus apapun jaket anti air anda, toh tetap akan membawa air saat anda kembali ke dalam tenda dan membuat keadaan tenda anda menjadi basah dan tak nyaman.

                              • Membawa Flysheet atau Terpal


                              Pelajarilah cara memasang flysheet atau terpal yang anda miliki dengan cepat, mudah, dan efisien. Hal ini akan sangat berguna manakala anda mengahapi cuaca buruk saat camping. Ok jika memang anda punya tenda yang besar dan bagus, namun siapa yang mau duduk atau tidur seharian di dalam tenda sambil menunggu hujan reda. Saat anda tiba di lokasi camping, utamakan untuk memasang flysheet atau terpal terlebih dahulu sebagai shelter pelindung hujan.

                              • Gunakan Kantong Plastik

                              Lindungi semua barang penting anda (terutama pakaian dan sleeping bag) dengan dry bag atau kantong plastik. Menjaga semua barang penting anda untuk tetap kering adalah prioritas utama. Gunakan kantong plastik yang besar (misalnya plastik ikan) dan bila perlu gunakan dua lapisan plastik. Pakaian yang basah akan menambah beban anda, selain pastinya tak akan dapat anda gunakan sebagai pakaian ganti yang sangat dibutuhkan saat cuaca buruk.

                              • Pilih dan Kenakan Pakaian yang Sesuai


                              Usahakan untuk tidak memakai pakaian berbahan katun saat cuaca sangat buruk. Katun sulit kering saat basah, hal ini akan berbahaya untuk tubuh anda. Gunakanlah pakaian berbahan sintetis yang cepat kering saat basah atau wool yang hangat.

                              • Jaga Tubuh tetap Hangat


                              Seperti telah disebut diatas, salah satu hal yang akan menjaga tubuh tetap hangat adalah memilih pakaian dengan tepat. Selain itu, pilih juga sleeping bag yang tepat, jangan memilih sleeping bag yang sulit mengering jika sudah basah, sleeping bag jenis ini benar-benar akan sia-sia anda bawa jika telah basah, karena tak dapat anda gunakan.

                              • Membuat Api Unggun


                              Menyalakan api unggun sangat menyenangkan untuk dilakukan saat cuaca sedang buruk dan udara menjadi sangat dingin. Namun pastikan dahulu keamanan api unggun yang anda buat, pastikan api yang dihasilkan tidak akan menyebar, dan pastikan flysheet atau terpal yang anda buat sudah cukup tinggi untuk tidak terbakar api unggun yang anda buat. Satu hal lagi yang perlu diingat, jika tidak tersedia kayu bakar, jangan coba-coba untuk menebang pohon di sekitar, jadilah pendaki yang peduli konservasi dengan tidak merusak alam.

                              • Pastikan Kompor Anda Berfungsi dengan Baik


                              Pilihan terbaik untuk menghadapi cuaca buruk adalah membawa kompor dengan bahan bakar gas atau spirtus. Cek dahulu kompor anda sebelum berangkat camping, pastikan kompor anda dalam keadaan prima dan berfungsi dengan baik. Dan perkirakan kebutuhan bahan bakar yang cukup untuk anda gunakan selama anda camping. Kompor yan tak berfungsi adalah mimpi buruk untuk kegiatan camping yang anda lakukan. Tanpa kompor, tak akan ada makanan dan minuman hangat yang akan menemani anda saat menghadapi cuaca buruk.

                              Baca juga tips-tips mendaki gunung seperti : tips mendaki gunung sendirian (solo hiking)tips mendaki malamtips packingtips mendaki di musim hujan, dan masih banyak lagi tips bagus yang lainnya. Semoga bermanfaat, salam lestari!

                              Selasa, 09 Desember 2014

                              Hipotermia saat Mendaki, Pelajari Cara Mencegah dan Mengatasinya!

                              photo from pixabay
                              Mendaki gunung merupakan olahraga yang berhubungan langsung dengan alam bebas, khusunya alam pegunungan yang berada pada ketinggian, dimana cuaca dan suhu udara di ketinggian gunung dapat berubah-ubah dengan cepat tanpa dapat kita prediksi sebelumnya. Salah satu ancaman paling serius saat mendaki gunung di ketinggian adalah serangan hipotermia akibat kedinginan.

                              Hipotermia terjadi manakala suhu tubuh inti manusia jatuh di bawah suhu tubuh normalnya. Hal ini dapat dengan mudah terjadi bila tubuh anda terkena angin yang dingin atau terlalu lama dalam keadaan basah. Saat suhu tubuh menurun drastis akibat kedinginan, anda akan mulai menggigil sebagai bentuk usaha tubuh anda untuk menghangatkan diri. Saat keadaan tersebut berlangsung, tubuh anda akan kehilangan banyak energi, sampai pada titik batas energi anda habis, tubuh akan mulai memasuki fase kritis, dan kemudian bisa menyebabkan kematian. Banyak sekali peristiwa kematian pendaki gunung yang disebabkan oleh serangan hipotermia ini, untuk mengantisipasinya, anda perlu memahami penyebab hipotermia, cara mencegahnya, serta cara mengatasinya, agar anda akan siap ketika tiba-tiba harus menghadapi situasi hipotermia. 

                              Cara Mencegah Hipotermia

                              Untuk mencegah terjadinya hipotermia, anda perlu menjaga tubuh agar selalu terhidrasi dengan baik, tidak terlalu kelelahan, terlindung dari angin dingin pegunungan, serta tidak memakai pakaian yang basah. Pastikan diri anda untuk selalu berpakaian dengan baik saat melakukan pendakian. Bila perlu, gunakan beberapa lapis pakaian. Pastikan pakian anda selalu dalam keadaan kering dan hangat. Gunakan jaket dengan bahan yang anti angin dan air. Makanlah makanan dengan kadungan gizi yang baik, dan minum cukup air. Saat anda terlalu lelah untuk melakukan pendakian, jangan terlalu memaksakan diri, lebih baik beristirahat dalam tenda yang hangat untuk memulihkan kondisi tubuh anda. Dan jangan lupa untuk selalu membawa survival kit.

                              Kenali Gejalanya

                              Jika hal diatas tidak dilakukan, pada saat kondisi cuaca dan keadaan alam mendadak memburuk saat sedang mendaki, anda bisa saja terkena hipotermia. Untuk mengetahui apakah anda atau teman anda telah terserang hipotermia, ketahuilah beberapa gejala berikut ini. Gejala awal dari hipotermia adalah tubuh yang menggigil, pada awalnya menggigil dengan pelan, kemudian berangsur lebih parah hingga akhirnya berhenti. Gejala berikutnya adalah bicara penderita hipotermia mulai ngawur, kehilangan koordinasi tubuh (seperti sulit mengikat tali sepatu atau menutup risleting jaket), sering kebingungan, bersikap apatis, dan perilakunya mulai irrasional.

                              Pelajari Cara Menangani Penderita Hipotermia


                              Jika anda telah melihat gejala-gejala diatas terjadi pada seseorang, segera atasi dengan beberapa tindakan penanggulangan. Jika kondisi korban tidak sadarkan diri, segera cari bantuan medis professional, namun jika tak memungkinkan untuk memanggil tenaga medis, segera pindahkan korban ke dalam sehelter yang kering dan hangat. Lakukan usaha pemindahan tubuh korban dengan lembut dan perlahan, karena kondisi jantungnya sedang rapuh dan sensitif terhadap goncangan. Jika korban memakai pakaian basah, segera buka dan ganti dengan yang kering dan hangat. Selimuti korban dengan sleeping bag atau selimut lainnya agar segera dapat menghangatkan tubuhnya. Saat korban mulai sedikit mendapat kesadarannya, coba untuk menyuruhnya memegang cangkir dengan minuman hangat, dan perintahkan untuk meminumnya secara perlahan. Minuman manis hangat yang mengandung jahe dan madu sangat baik untuk diberikan. Jangan memaksa memberikan makanan atau minuman kepada korban yang tak sadarkan diri, hanya akan membuatnya tersedak. Setelah cukup sadar, ajak korban untuk mencoba bergerak dan sedikit berolahraga, agar suhu tubuhnya dapat dengan cepat kembali hangat.

                              Senin, 08 Desember 2014

                              7 Kebiasaan Mendaki yang Layak untuk Ditiru


                              Setiap pengalaman mendaki gunung pada satu waktu pasti berbeda dari pengalaman mendaki yang pernah atau belum kita lakukan. Setiap cerita pendakian pasti punya cerita yang tak sama, banyak diantaranya yang berakhir tak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

                              Kadang suatu pendakian terasa begitu menyenangkan, namun tak jarang pula berakhir mengecewakan dan menyedihkan karena beberapa hal seperti kecelakaan atau kesalahan yang kita buat sendiri. Namun, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuat pendakian anda berjalan lebih baik, yaitu dengan menerapkan beberapa kebiasaan mendaki ini. Berikut ini adalah 7 kebiasaan mendaki gunung yang bagus untuk diikuti.


                                Pada musim pendakian, hampir setiap gunung pasti selalu dipadati pengunjung, hal ini biasanya akan membuat jalur pendakian menjadi padat pendaki, yang mana dapat memperlambat perjalanan anda. Jika anda terlambat sampai di tempat tujuan, biasanya akan sulit juga menemukan tempat mendirikan tenda yang nyaman, karena shelter perkemahan sudah dipadati tenda pendaki. Jika anda berangkat lebih awal, kemacetan yang sering terjadi di jalur pendakian dapat anda hindari. Selain itu, anda akan punya lebih banyak waktu mendaki tanpa perlu takut kemalaman di jalan. Dengan mendaki lebih awal, anda akan sampai pula di tempat perkemahan lebih dahulu dari pendaki lain, sehingga akan mudah menemukan tempat paling nyaman untuk mendirikan tenda.


                                Apakah anda termasuk tipe orang yang sering lupa menaruh kunci rumah atau kendaraan? Jika ya, hal ini akan sangat berbahaya untuk pendakian yang anda lakukan. Banyak barang dan peralatan penting yang sering terlupakan saat pendakian. Untuk mengantisipasi hal itu, lebih baik anda buat daftar peralatan dan hal-hal penting lain yang mendukung pendakian anda. Hal ini akan sangat berguna demi memastikan anda tidak akan menyesal saat mendaki karena beberapa barang penting tertinggal di rumah.

                                  Menjaga tubuh dan peralatan anda tetap kering adalah salah satu hal paling penting dalam mendaki gunung. Tak peduli sedang musim hujan atau kemarau, penting untuk tetap membawa jas hujan dan coverbag anda. Cuaca di ketinggian gunung tak dapat ditebak, sewaktu-waktu cuaca yang cerah dapat dengan mudah berubah menjadi ekstrem, dengan membawa jas hujan dan coverbag, anda akan selalu siap menghadapi perubahan cuaca kapanpun dan dimanapun itu terjadi. Hipotermia dapat mudah menyerang jika tubuh anda basah kuyup.

                                    Menikmati sinar matahari saat mendaki gunung memang menyenangkan, karena sebagian orang merasa hal itu tidak buruk untuk dilakukan. Ya, itu memang benar, namun jika anda terlalu lama terpapar sinar matahari, hal ini dapat merugikan juga, terutama saat cuaca benar-benar sedang panas sekali. Pakailah topi saat mendaki gunung, hal ini akan membuat kepala anda tetap dingin dan mengurangi efek dehidrasi akibat terbakar sinar matahari.

                                      Hampir semua gunung yang dibuka untuk pendakian memiliki jalur dan petunjuk yang jelas untuk diikuti, namun tak ada salahnya untuk mempelajari peta topografi dari gunung tersebut. Hal ini akan sangat berguna untuk menentukan jalur terbaik yang akan anda lalui. Untuk petualangan yang lebih serius seperti penjelajahan gunung yang masih liar, mempelajari peta topografi adalah hal yang wajib anda lakukan agar dapat membaca arah dan menavigasi diri anda menuju tempat tujuan.

                                        Anda perlu memahami bahwa anda tak akan pernah dapat mengontrol pendakian anda sepenuhnya, karena alam tak pernah dapat ditebak, selalu ada resiko kecelakaan atau hal buruk yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Untuk persiapan menghadapi situasi terburuk, penting untuk selalu membawa survival kit anda. Untuk lebih detialnya, survival kit telah penulis bahas pada pembahasan sebelumnya.


                                          Banyak sekali kecelakaan yang terjadi saat perjalanan turun gunung. Medan yang terjal dan berbatu, turunan curam, serta ketidaksabaran pendaki yang turun adalah beberapa sebab terjadinya banyak kecelakaan saat turun gunung. Berhati-hati saat turun gunung sangat penting untuk anda lakukan. Bersabarlah, perhatikan langkah anda, hindari menginjak akar atau batu yang terlihat rapuh. Kecelakaan dan cedera dapat menimpa anda jika anda turun dengan terburu-buru dan ceroboh.

                                          Itulah 7 kebiasaan mendaki gunung yang bagus untuk anda ikuti. Tulisan ini hanya sekedar sarana untuk berbagi, tidak bermaksud untuk menggurui. Setiap orang tentunya punya gaya mendakinya sendiri, anda tentunya bebas berekspresi dalam menentukan gaya mendaki yang anda pilih. Silahkan tambahkan pada komentar jika anda memiliki saran lainnya. Baca juga tips-tips mendaki gunung seperti : tips mendaki gunung sendirian (solo hiking)tips mendaki malamtips packingtips mendaki di musim hujan, dan masih banyak lagi tips bagus yang lainnya. Semoga bermanfaat, Salam Lestari!

                                          Minggu, 07 Desember 2014

                                          7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Para Pendaki Pemula


                                          7 Kesalahan Pendaki PemulaHampir di setiap perjalanan mendaki, saya sering sekali menemukan para pendaki (yang mungkin seorang pemula) yang melakukan banyak kesalahan yang lumayan fatal dan terlihat lucu ditengah pendakian. Kadang saya senyum-senyum sendiri saat melihat hal tersebut, karena teringat dulu saat saya juga pernah melakukan kesalahan-kesalahan semacam itu, hehe.

                                          Kita semua pasti bermula dari satu titik awal, baik sekarang kita telah menjadi seorang pendaki profesional, backpacker berpengalaman, atau petualang penakluk puncak tertinggi, namun pada awalnya kita semua pasti memulai dari posisi yang sama, yakni seorang pemula. Saat baru pertama kali melakukan pendakian, kita pasti pernah mengalami perasaan kikuk dan bingung dengan berbagai hal yang baru ditemui saat memasuki dunia pendakian, hingga akhirnya banyak melakukan kesalahan-kesalahan bodoh yang tak seharusnya kita lakukan.

                                          Salah satu sifat alami manusia adalah selalu belajar untuk berubah ke arah yang lebih baik. Dan salah satu metode belajar paling baik dan efektif, adalah dengan belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan.

                                          Beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pendaki pemula berikut ini mungkin bisa kita jadikan bahan pembelajaran bersama agar kita dapat menjadi pendaki yang lebih baik di kemudian hari.

                                          1. Membawa banyak barang tak penting

                                          Ini merupakan salah satu kesalahan yang biasa dilakukan oleh para pendaki pemula. Menurut pengalaman saya saat dulu pertama mendaki, daftar barang yang ingin saya bawa benar-benar sangat banyak, terutama bekal makanan dan pakaian. Beruntung saat itu saya coba berkonsultasi kepada kawan yang sudah berpengalaman mendaki, sehingga akhirnya saya tak jadi membawa semua barang dalam daftar tersebut. Bisa dibayangkan betapa ribet dan beratnya keril yang saya gendong jika semua barang tersebut jadi saya bawa, hehe. 

                                          Cobalah untuk mempertimbangkan dan mengevaluasi setiap barang yang akan dibawa sebelum melakukan pendakian. Lihat kegunaan dan prioritasnya, usahakan untuk tidak membawa 2 barang dengan fungsi yang sama, misalnya kamu membawa 2 pasang sepatu, yang satu untuk medan yang mudah, yang lainnya untuk medan yang terjal dan berat. Pertimbangkanlah untuk membawa sepasang sepatu saja yang bisa digunakan dan diandalkan di segala medan.

                                          Efisiensi dan nilai praktis barang dan peralatan merupakan acuan yang penting untuk dipertimbangkan. Dengan membawa sedikit barang yang efisien dan sesuai kebutuhan, beban keril yang harus kita gendong sepanjang perjalanan akan menjadi lebih ringan dan simpel, sehingga memudahkan pergerakan selama pendakian.

                                          2. Malas makan

                                          Saat tiba di lokasi perkemahan setelah melakukan perjalanan pendakian yang panjang dan melelahkan, banyak pendaki pemula biasanya langsung memasang tenda dan pergi tidur, karena mungkin terlalu lelah untuk mengambil air, memasak makanan, atau sekedar ngemil. Padahal makan setelah perjalanan panjang dan melelahkan adalah satu hal yang penting untuk dilakukan, mengingat tubuh kita perlu banyak asupan nutrisi setelah energi kita terkuras habis dalam perjalanan panjang pendakian.

                                          Menjaga dan memantau asupan nutrisi yang cukup untuk tubuh kita sangat penting dilakukan, agar tubuh kita tetap dalam terjaga kondisi yang prima dan jauh dari penyakit yang akan sangat menghambat perjalanan berikutnya.

                                          3. Tidak peduli kondisi cuaca

                                          Cuaca di gunung adalah satu hal yang tak dapat ditebak dan diperkirakan dengan pasti. Namun, bukan berarti perkiraan cuaca terkini bisa kita abaikan begitu saja. Meski jarang 100% akurat, perkiraan cuaca bisa kita jadikan acuan untuk menentukan langkah persiapan yang harus dilakukan.

                                          Banyak pendaki yang melakukan kesalahan fatal dalam memilih waktu pendakian saat cuaca sedang benar-benar buruk, dan parahnya mereka pergi dengan tanpa didukung persiapan peralatan yang memadai. Misalnya tetap melakukan pendakian saat cuaca sangat buruk dengan tanpa membawa peralatan pendukung seperti jas hujan, coverbag, dan flysheet sebagai pelindung diri dari hujan.

                                          Cobalah untuk sedikit melakukan riset kondisi cuaca sebelum berangkat mendaki gunung, agar kita bisa menghindari dan mengantisipasi segala kesulitan yang mungkin terjadi dengan persiapan fisik, peralatan, dan perbekalan yang memadai.

                                          4. Memakai pakaian yang tidak sesuai

                                          Pakaian berbahan katun boleh saja dipakai jika pendakian yang dilakukan hanya dalam waktu singkat, misalnya hanya sehari atau dua hari. Namun untuk pendakian jangka panjang, pakaian berbahan katun sangat tidak dianjurkan. Jika waktu perjalanan pendakian cukup panjang, lebih baik memilih pakaian berbahan polyester.

                                          Bahan polyester punya lebih banyak keunggulan, yakni dapat kering dengan mudah dan cepat, hal ini akan sangat berguna saat menghadapi hujan dan udara yang sangat dingin. Kaus kaki berbahan wol juga lebih baik digunakan daripada bahan katun. Dan satu lagi, cobalah untuk tinggalkan celana jeans anda di rumah, selain sulit mengering, celana jeans juga sangat tidak efektif dalam menghadapi udara yang sangat dingin.

                                          5. Membawa banyak makanan kaleng

                                          Oke, makanan kaleng memang cocok untuk dibawa saat pendakian. Namun makanan kaleng memiliki berat yang cukup lumayan, terlalu banyak membawanya akan menambah beban dan menghasilkan banyak sampah yang merusak lingkungan.

                                          Pertimbangkanlah untuk memindahkan isi makanan kaleng tersebut kedalam plastik dan simpan di tempat yang cukup aman sebelum berangkat mendaki. Hal ini akan meringankan beban anda dan mengurangi sampah kaleng yang dihasilkan. Sampah plastik akan lebih ringan dan simpel untuk anda bawa pulang kembali.

                                          6. Meninggalkan banyak barang penting di rumah

                                          Jas hujan, alat makan, alat penerangan, dan tissue toilet adalah beberapa barang yang dulu sering lupa saya bawa, hingga akhirnya menyesal saat tiba di lokasi pendakian karena betapa pentingnya peran barang-barang tersebut.

                                          Cek dengan teliti barang-barang yang akan anda bawa saat packing, pastikan jangan ada barang penting yang tertinggal di rumah.

                                          7. Meninggalkan sampah pendakian


                                          Jangan meninggalkan apapun selain jejak kaki
                                          Jangan mengambil apapun selain gambar/foto
                                          Jangan membunuh apapun selain waktu

                                          Sampah dan bahkan kadang kala kotoran manusia tak jarang saya ditemukan saat perjalanan pendakian, hal ini benar-benar sangat mengganggu kenyamanan dan keindahan, dan jelas-jelas sangat merusak alam.

                                          Hal ini merupakan kesalahan paling parah yang sering dilakukan para pendaki pemula. Beberapa diantaranya mungkin melakukan kesalahan tersebut karena kurangnya pemahaman tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

                                          Namun berkaca dari pengalaman, sebenarnya bukan hanya pendaki pemula saja yang sering melakukan kesalahan seperti ini, banyak juga oknum pendaki yang cukup berpengalaman tetap melakukan perbuatan-perbuatan yang kurang terpuji, meski sudah paham dan tahu aturan dasar bertualang di alam bebas.

                                          Meski bukan dari kalangan pecinta alam, cobalah untuk selalu berusaha menjaga kebersihan dan kelestarian gunung, bawa kembali sampah pendakian yang kamu hasilkan dan kubur kotoran yang kamu buang. Karena jika bukan para pendaki yang menjaga dan melestarikan alam, siapa lagi? Toh setelah alam menjadi kotor dan rusak, kita juga yang akan dirugikan.

                                          ***

                                          Sebagau catatan, tidak semua pendaki pemula pernah melakukan kesalahan-kesalahan seperti yang saya sebutkan di atas. Banyak juga pendaki pemula yang cerdas, selalu membekali dirinya dengan pengetahuan sebelum melakukan pendakian, sehingga bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.

                                          Tulisan ini hanya sekedar sarana untuk berbagi dan sebagai bahan pembelajaran bersama, bukan untuk menghakimi atau menggurui siapapun. Mari bersama-sama berusaha untuk pendaki yang cerdas dalam melakukan persiapan dan peduli dengan kelestarian alam.

                                          Baca juga tips-tips mendaki gunung seperti : tips mendaki gunung sendirian (solo hiking)tips mendaki malamtips packingtips mendaki di musim hujan, dan masih banyak lagi tips lainnya yang mungkin bisa dijadikan bahan pembelajaran bersama. Semoga bermanfaat, Salam Lestari!

                                          Buang Air Besar (BAB) saat Mendaki Gunung


                                          Tak perlu enggan, malu, atau risih untuk melakukan hal yang satu ini saat anda sedang mendaki gunung. Buang air besar adalah satu hal yang normal, malah menunjukkan bahwa sistem pencernaan tubuh anda dalam keadaan yang baik dan sehat. Saat mendaki gunung dan berkemah, pastinya anda membutuhkan banyak asupan gizi yang hanya akan didapatkan dari makan, efek sampingnya, setelah perut penuh pasti anda akan segera merasakan rasa ingin buang air besar. Tak ada yang salah dengan hal itu, segera lakukan saja, namun sebelum itu, anda perlu memperhatikan dan memahami beberapa hal ini terlebih dahulu.

                                          Pelajari dan Pahami Aturannya

                                          Membuang feses saat mendaki merupakan sebuah hal yang biasa dilakukan. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar tanpa memahami pedoman dan aturan yang umum, anda beresiko mengganggu kenyamanan dan keamanan pendaki lain. Untuk proses buang air besar anda, tirulah cara kucing, hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah coba mencari tempat terpencil yang cukup bagus untuk membuang kotoran anda, kurang lebih sekitar 200 meter dari jalur pendakian. sumber air, atau tempat perkemahan. Cobalah temukan tempat paling tersembunyi yang tak akan ditemukan siapapun. Setelah menemukan tempat yang aman dan terjamin, galilah lubang yang cukup besar untuk memuat kotoran yang akan anda hasilkan. Setelah lubang tersedia, lakukan hajat anda, dan kemudian bersihkan tubuh anda dengan tissue, daun, batu, atau air (jika tersedia), dan setelah semuanya beres, kubur harta karun itu dengan tanah, dan cucilah tangan anda hingga bersih. Selamat, sekarang anda telah menjadi pendaki sejati! Haha..

                                          Mengapa Harus Melakukannya dengan benar?


                                            Menemukan kotoran manusia yang tak dibuang dengan baik saat melakukan pendakian adalah salah satu kejadian terburuk yang dapat anda alami saat mendaki gunung. Selain bertentangan secara moral, membuang kotoran secara sembarangan dapat mengganggu dan merusak lingkungan alami pegunungan. Bau tak sedap yang dihasilkan akan mengganggu pendaki yang melintas di sekitar tempat kejadian. Selain itu, zat-zat dalam kotoran kita yang berasal dari produk yang tak alami seperti mie instan, minuman botol, dan makanan kemasan lainnya akan mengotori alam dan mengundang berbagai hewan untuk datang menghampiri. Maka, untuk menghindari itu semua, lakukanlah proses buang air besar anda dengan baik dan benar.

                                            Persoalan BAB bisa Berpengaruh pada Fisik dan Mental

                                              Pencernaan yang baik adalah salah satu bentuk kerja dari sistem tubuh yang baik. Tubuh yang sehat dan terhidrasi dengan baik akan selalu menghasilkan pencernaan yang lancar. Hal ini ditandai dengan proses pembuangan kotoran yang teratur. Dengan dibuangnya kotoran dari perut anda, tubuh anda akan merasa lega, langkah anda menjadi lebih ringan, dan pergerakan menjadi lebih leluasa. Berbeda jika anda sembelit (pencernaan tak lancar), pergerakan tubuh menjadi kaku, pikiran anda jadi tak fokus, mental anda pun akan lebih mudah untuk ngedrop karena faktor psikis akibat belum buang air besar. Dengan pencernaan yang lancar, fisik dan mental anda akan prima selama melakukan perjalanan yang panjang.

                                              Pelajari Medan Sebelum Melakukan Perndakian

                                                Cara buang air besar seperti telah dijelaskan diatas adalah metode paling standar yang biasa dilakukan untuk membuang kotoran anda saat mendaki gunung. Namun, kadangkala hal ini sulit diterapkan di tempat-tempat dengan medan yang berbeda (misalnya di gurun, pantai, dan lain-lain). Metode lainnya mungkin perlu anda pelajari jika metode di atas tak cocok untuk diterapkan. Untuk itu, pelajarilah selalu medan tujuan perjalanan anda. Dengan mengetahui dan memahami medan yang dituju, anda akan dapat menentukan cara buang air besar yang baik dan peralatan yang diperlukan.

                                                Jangan malu dan ragu untuk melakukannya, segera pergi ke tempat sepi saat anda ingin membuang kotoran, dan lakukan dengan aman dan damai! hihi.. Baca juga tips-tips mendaki gunung seperti : tips mendaki gunung sendirian (solo hiking)tips mendaki malamtips packingtips mendaki di musim hujan, dan masih banyak lagi tips bagus yang lainnya. Semoga bermanfaat, salam lestari!

                                                Sabtu, 06 Desember 2014

                                                7 Pekerjaan yang Cocok untuk Pendaki Gunung

                                                Mendaki gunung adalah hobi yang memberikan kesenangan bagi para pencintanya. Berpetualang di alam bebas, menaklukkan tantangan medan-medan terjal, dan menikmati keindahan puncak setelah melawan rasa lelah saat menghadapai tanjakan curam, pastinya bakal memberikan sensasi kesenangan tersendiri yang tak ada duanya. Karena kebiasaan beraktivitas di alam bebas, kadangkala banyak pendaki gunung yang tak suka dengan rutinitas yang mengharuskannya untuk berlama-lama berada dalam ruangan. Namun, realitas kehidupan yang membutuhkan penghasilan demi pemenuhan kebutuhan, menuntut banyak pendaki terpaksa melakukan pekerjaan yang mengharuskan untuk selalu berada di dalam ruangan (kerja kantoran misalnya). Namun bagi anda pendaki gunung yang tak ingin menjalani pekerjaan seperti itu, ada beberapa jenis pekerjaan yang sangat cocok untuk dijadikan profesi tanpa menghilangkan kesenangan anda untuk berkegiatan di luar ruangan. Apa saja jenis pekerjaannya? Inilah dia beberapa diantaranya.


                                                  Menurut penulis, ini merupakan pekerjaan terbaik dan paling cocok untuk para pendaki gunung. Dengan menjadi kontributor (penulis dan fotografer) majalah travelling atau petualangan, anda akan sering jalan-jalan atau mendaki ke tempat-tempat baru sambil tentunya melakukan pekerjaan anda. Ini merupakan pekerjaan yang akan memberikan kesenangan karena juga merupakan hobby yang menyenangkan bagi anda. Namun, untuk bisa menjadi fotografer handal dan penulis profesional, anda perlu skill yang sangat mumpuni di bidang penulisan atau fotografi.


                                                    Sebagai pendaki gunung, tentunya anda punya segudang pengalaman dan cerita perjalanan pendakian ke berbagai gunung yang ada di tanah air atau mancanegara. Hal ini merupakan satu hal yang dapat anda jual dengan mengupload cerita anda di internet melalui sebuah blog pribadi ataupun kelompok. Cobalah untuk membuat sebuah blog atau website, dan tuliskan cerita dan pengalaman mendaki anda di sana. Memang butuh waktu cukup lama untuk membangun sebuah blog yang cukup mapan dan dapat menghasilkan uang, namun jika telah sukses, hal ini akan menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Cara lain agar cepat mendapatkan uang dari cerita petualangan anda adalah dengan menjadi kontributor di blog petualangan lain yang sudah cukup mapan.


                                                      Bekerja di Taman Nasional, Balai Konservasi, dan instansi sejenis tentunya akan membuat anda banyak beraktivitas di alam bebas. Hal ini akan sangat menyenangkan untuk dilakukan oleh para pendaki gunung yang memang telah terbiasa berkegiatan di alam bebas. Selain itu, dengan menjadi petugas di Taman Nasional, anda juga akan berkontribusi positif untuk usaha konservasi alam.


                                                        Dengan semakin populernya kegiatan alam bebas seperti mendaki gunung, penjat tebing, atau rafting, akan semakin banyak juga masyarakat awam yang ingin mecoba melakukan kegiatan tersebut. Namun untuk memulai, tentunya mereka yang awam tentang dunia petualangan membutuhkan pemandu-pemandu profesional yang telah berpengalaman seperti anda. Dengan menjadi guide pendakian, anda akan menikmati pendakian gunung sambil tentunya mendapatkan bayaran atas jasa anda sebagai guide.


                                                          Kegiatan alam bebas membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang tak sedikit dengan harga yang tak murah. Semakin maraknya kegiatan alam bebas di Indonesia merupakan peluang yang bagus bagi anda untuk mencoba peruntungan sebagai penjual barang-barang perlengkapan petualangan. Sebagai pendaki gunung dengan pengalaman yang banyak, anda akan dengan mudah meyakinkan pembeli untuk membeli produk dengan saran dan cerita-cerita pengalaman anda saat berpetualang.


                                                            Banyak sekali perusahaan perlengkapan petualangan yang menawarkan karir yang menjanjikan sekaligus menyenangkan bagi anda para pendaki gunung. Bekerja di perusahaan perlengkapan petualangan adalah salah satu pekerjaan yang paling cocok untuk pendaki gunung. Dengan bekerja di perusahaan seperti ini, anda akan selalu bersentuhan dengan bidang yang memang anda senangi sebagai seorang pendaki gunung. Namun tentunya, anda harus memilih posisi pekerjaan yang cocok, jangan sampai berada di posisi produksi, karena jika berada di sana, anda hanya akan berinteraksi dengan mesin dan pekerja lain setiap harinya.


                                                              Pekerjaan lainnya yang cocok untuk pendaki gunung adalah petani. Dengan bertani, anda akan selalu bersentuhan dengan alam setiap harinya. Anda pun dipastikan akan selalu bekerja di luar ruangan. Bertani membutuhkan kesabaran, ketekunan, serta kekuatan fisik yang prima, hal itu semua pastinya sudah dimiliki oleh para pendaki gunung seperti anda, berkat tempaan petualangan di alam bebas yang telah sering anda lakukan. Jangan remehkan profesi petani, karena petani merupakan tulang punggung produksi makanan pokok yang kita butuhkan setiap hari.

                                                              Itulah 7 pekerjaan yang cocok untuk pendaki gunung menurut pendapat dan pandangan dari penulis. Mungkin masih banyak pekerjaan lainnya yang juga cocok untuk para pendaki gunung, silahkan anda tambahkan sendiri pada kolom komentar.

                                                              Baca juga tips-tips mendaki gunung seperti : tips mendaki gunung sendirian (solo hiking)tips mendaki malamtips packingtips mendaki di musim hujan, dan masih banyak lagi tips bagus yang lainnya. Semoga bermanfaat, Salam lestari!