Sabtu, 06 Desember 2014

7 Pekerjaan yang Cocok untuk Pendaki Gunung

Mendaki gunung adalah hobi yang memberikan kesenangan bagi para pencintanya. Berpetualang di alam bebas, menaklukkan tantangan medan-medan terjal, dan menikmati keindahan puncak setelah melawan rasa lelah saat menghadapai tanjakan curam, pastinya bakal memberikan sensasi kesenangan tersendiri yang tak ada duanya. Karena kebiasaan beraktivitas di alam bebas, kadangkala banyak pendaki gunung yang tak suka dengan rutinitas yang mengharuskannya untuk berlama-lama berada dalam ruangan. Namun, realitas kehidupan yang membutuhkan penghasilan demi pemenuhan kebutuhan, menuntut banyak pendaki terpaksa melakukan pekerjaan yang mengharuskan untuk selalu berada di dalam ruangan (kerja kantoran misalnya). Namun bagi anda pendaki gunung yang tak ingin menjalani pekerjaan seperti itu, ada beberapa jenis pekerjaan yang sangat cocok untuk dijadikan profesi tanpa menghilangkan kesenangan anda untuk berkegiatan di luar ruangan. Apa saja jenis pekerjaannya? Inilah dia beberapa diantaranya.


    Menurut penulis, ini merupakan pekerjaan terbaik dan paling cocok untuk para pendaki gunung. Dengan menjadi kontributor (penulis dan fotografer) majalah travelling atau petualangan, anda akan sering jalan-jalan atau mendaki ke tempat-tempat baru sambil tentunya melakukan pekerjaan anda. Ini merupakan pekerjaan yang akan memberikan kesenangan karena juga merupakan hobby yang menyenangkan bagi anda. Namun, untuk bisa menjadi fotografer handal dan penulis profesional, anda perlu skill yang sangat mumpuni di bidang penulisan atau fotografi.


      Sebagai pendaki gunung, tentunya anda punya segudang pengalaman dan cerita perjalanan pendakian ke berbagai gunung yang ada di tanah air atau mancanegara. Hal ini merupakan satu hal yang dapat anda jual dengan mengupload cerita anda di internet melalui sebuah blog pribadi ataupun kelompok. Cobalah untuk membuat sebuah blog atau website, dan tuliskan cerita dan pengalaman mendaki anda di sana. Memang butuh waktu cukup lama untuk membangun sebuah blog yang cukup mapan dan dapat menghasilkan uang, namun jika telah sukses, hal ini akan menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Cara lain agar cepat mendapatkan uang dari cerita petualangan anda adalah dengan menjadi kontributor di blog petualangan lain yang sudah cukup mapan.


        Bekerja di Taman Nasional, Balai Konservasi, dan instansi sejenis tentunya akan membuat anda banyak beraktivitas di alam bebas. Hal ini akan sangat menyenangkan untuk dilakukan oleh para pendaki gunung yang memang telah terbiasa berkegiatan di alam bebas. Selain itu, dengan menjadi petugas di Taman Nasional, anda juga akan berkontribusi positif untuk usaha konservasi alam.


          Dengan semakin populernya kegiatan alam bebas seperti mendaki gunung, penjat tebing, atau rafting, akan semakin banyak juga masyarakat awam yang ingin mecoba melakukan kegiatan tersebut. Namun untuk memulai, tentunya mereka yang awam tentang dunia petualangan membutuhkan pemandu-pemandu profesional yang telah berpengalaman seperti anda. Dengan menjadi guide pendakian, anda akan menikmati pendakian gunung sambil tentunya mendapatkan bayaran atas jasa anda sebagai guide.


            Kegiatan alam bebas membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang tak sedikit dengan harga yang tak murah. Semakin maraknya kegiatan alam bebas di Indonesia merupakan peluang yang bagus bagi anda untuk mencoba peruntungan sebagai penjual barang-barang perlengkapan petualangan. Sebagai pendaki gunung dengan pengalaman yang banyak, anda akan dengan mudah meyakinkan pembeli untuk membeli produk dengan saran dan cerita-cerita pengalaman anda saat berpetualang.


              Banyak sekali perusahaan perlengkapan petualangan yang menawarkan karir yang menjanjikan sekaligus menyenangkan bagi anda para pendaki gunung. Bekerja di perusahaan perlengkapan petualangan adalah salah satu pekerjaan yang paling cocok untuk pendaki gunung. Dengan bekerja di perusahaan seperti ini, anda akan selalu bersentuhan dengan bidang yang memang anda senangi sebagai seorang pendaki gunung. Namun tentunya, anda harus memilih posisi pekerjaan yang cocok, jangan sampai berada di posisi produksi, karena jika berada di sana, anda hanya akan berinteraksi dengan mesin dan pekerja lain setiap harinya.


                Pekerjaan lainnya yang cocok untuk pendaki gunung adalah petani. Dengan bertani, anda akan selalu bersentuhan dengan alam setiap harinya. Anda pun dipastikan akan selalu bekerja di luar ruangan. Bertani membutuhkan kesabaran, ketekunan, serta kekuatan fisik yang prima, hal itu semua pastinya sudah dimiliki oleh para pendaki gunung seperti anda, berkat tempaan petualangan di alam bebas yang telah sering anda lakukan. Jangan remehkan profesi petani, karena petani merupakan tulang punggung produksi makanan pokok yang kita butuhkan setiap hari.

                Itulah 7 pekerjaan yang cocok untuk pendaki gunung menurut pendapat dan pandangan dari penulis. Mungkin masih banyak pekerjaan lainnya yang juga cocok untuk para pendaki gunung, silahkan anda tambahkan sendiri pada kolom komentar.

                Baca juga tips-tips mendaki gunung seperti : tips mendaki gunung sendirian (solo hiking)tips mendaki malamtips packingtips mendaki di musim hujan, dan masih banyak lagi tips bagus yang lainnya. Semoga bermanfaat, Salam lestari!

                0 komentar:

                Posting Komentar