Rabu, 03 Desember 2014

Pesona Gua Terbesar Dunia : Gua Son Doong, Vietnam


Dalam bahasa Vietnam, gua Son Doong berarti gua sungai gunung. Gua Son Doong merupakan gua terbesar yang ada di dunia. Panjang gua Son Doong mencapai 3,8 km, dengan lebat sekitar 90 m, dengan beberapa bagian gua yang memiliki ketinggian hingga 180 meter! Muat untuk dimasuki gedung bertingkat tinggi. Pintu masuk gua ini sebenarnya telah ditemukan seorang penduduk lokal pada tahun 1991, namun keberadaannya baru menghentak dunia pada tahun 2009 setelah ditemukan oleh seorang penjelajah asal Inggris. Meski penduduk lokal telah mengetahui keberadaan gua terbesar dunia ini sejak lama, namun karena suara air dari sungai di dalam gua ini yang begitu keras, membuat warga lokal takut untuk memasukinya. Peneliti dan penjelajah dari Inggris pun tak menemukan ujung gua ini saat pertama kali melakukan ekspedisi, dikarenakan beberapa bagia gua yang tertutup air. Gua Son Doong kemudian masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, Provinsi Quang Binh, Vietnam.



Atap beberapa bagian gua ini telah runtuh berabad-abad lalu, sehingga mengijinkan sinar mentari masuk ke dalam gua, dan menumbuhkan hutan yang dihuni beberapa hewan seperti monyet dan rubah terbang. Oleh para peneliti, kawasan hutan di dalam gua Son Doong ini dinamakan Garden of Edam. Selain itu, para peneliti menemukan spesies tanaman baru di sekitar air terjun Gua Son Doong. Dan di dalam gua terbesar dunia ini terdapat sungai besar yang mengalir deras.
Itulah sedikit informasi yang dapat penulis berikan mengenai gua terbesar dunia, yakni gua Son Doong di Vietnam. Semoga dapat berguna dalam menambah wawasan dan pengetahuan kawan-kawan semua.

0 komentar:

Posting Komentar