Rabu, 13 Mei 2015

Tips Menerapkan Teknik Ultralight Hiking


Ultralight hiking merupakan teknik mendaki gunung yang menyenangkan sekaligus sangat menantang untuk dilakukan. Mengurangi beban ransel dari yang biasanya seberat 20 kg menjadi hanya 10 kg saja, tentu akan meringankan langkah kaki anda saat menapaki setiap tanjakan, speed pendakian pasti akan meningkat pesat, waktu perjalanan pun dapat dipersingkat. Itulah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan saat menerapkan teknik ini dalam pendakian. Namun perlu diingat, mengurangi beban berarti menghilangkan banyak barang dari ransel anda, bersiaplah untuk kehilangan banyak kemewahan dalam perjalanan mendaki anda. Teknik ultralight hiking memaksa anda untuk hanya membawa barang yang benar-benar penting untuk keselamatan dan keamanan pendakian anda, kenyamanan dan kemewahan yang terdapat dalam barang-barang lainnya yang biasa anda bawa, otomatis harus anda lupakan. Itulah tantangan terberat dari mendaki dengan teknik ini, efisiensi harus mengorbankan kenyamanan dan kemewahan yang biasa didapat dari mendaki dengan teknik tradisional.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba mendaki dengan teknik ini, banyak sekali persiapan yang harus anda lakukan. Beberapa diantaranya telah dibahas dalam artikel tentang teknik ultralight hiking yang telah kami bahas sebelumnya. Kali ini, kami akan melengkapi informasi tersebut dengan memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan jika anda tertarik untuk mencoba mendaki dengan teknik ultralight hiking. Inilah beberapa tips yang dapat anda lakukan.

Tegaslah dalam Memilih Barang


Pertimbangkan dengan baik pilihan barang yang akan anda bawa. Perhatikan fungsi dan manfaat utama barang yang anda pilih. Jika suatu barang dirasa memiliki fungsi yang tak terlalu vital dalam mendukung keselamatan dan keamanan mendaki anda, jangan ragu untuk meninggalkannya di rumah anda. Ingatlah, teknik ultralight ini tidak mencari kenyamanan dan kemewahan saat berkemah, tapi efisiensi dan keamanan saat perjalanan lah yang diutamakan. Tentu saja, untuk pertama kali, hal ini akan sulit untuk dilakukan, anda akan dipaksa meninggalkan barang-barang kesayangan yang biasanya selalu menemani dan memberikan kenyamanan dalam pendakian anda sebelumnya.

Utamakan Membawa Barang Multifungsi


Satu alat dengan banyak fungsi merupakan senjata paling baik yang harus anda bawa saat mendaki dengan teknik ultralight. Barang multifungsi akan benar-benar mengurangi beban anda, karena satu barang tersebut dapat menggantikan banyak barang dengan fungsi berbeda-beda. Pisau multifungsi dari Swiss Army adalah contoh paling umum yang sering digunakan para pendaki.

Bawalah Barang dengan Porsi yang tepat


Jika biasanya anda membawa bahan makanan dan bahan bakar berlebih sebagai cadangan antisipasi jika mengalami kekurangan, cobalah untuk mulai meninggalkan kebiasaan itu. Belajarlah dari pengalaman anda untuk menentukan jumlah porsi makanan dan bahan bakar dengan tepat, tidak kekurangan, dan tidak juga berlebih. Pilihlah carrier dengan ukuran yang sesuai dan bawa pakaian secukupnya. Efisiensi adalah segalanya.

Perhatikan Jumlah Air yang Kamu Bawa


Air adalah kebutuhan utama yang tak tergantikan. Kekurangan air akan sangat berbahaya untuk keselamatan hidup anda. Namun air adalah barang paling berat yang ada dalam carrier anda, jika membawa terlalu banyak, tentu akan sangat mengganggu perjalanan pendakian anda. Belajarlah untuk membawa air hanya sebanyak yang anda butuhkan. Ketahuilah setiap titik sumber air di lokasi pendakian anda. Saat berada di sumber air, minumlah sebanyak-banyaknya. Untuk menentukan jumlah air yang harus di bawa, baca di sini.

Berbagi Beban dengan Teman Seperjalanan


Peralatan kelompok seperti tenda dan kompor adalah tanggungjawab bersama setiap anggota grup pendakian, maka dari itu, tak adil jika beban tersebut harus dipikul oleh hanya satu orang anggota. Berbagi beban secara merata merupakan langkah bijak untuk dilakukan, demi efisiensi perjalanan yang anda lakukan. Jika kemampuan fisik setiap anggota terasa sama, bagikanlah secara merata beban kelompok yang harus dibawa.

Latih Fisik dengan Baik


Mendaki dengan teknik apapun tentunya memerlukan kekuatan fisik yang prima, tak terkecuali teknik ultralight hiking. Dengan beban yang lebih ringan dari biasanya, bukan berarti anda boleh mengabaikan kekuatan fisik tubuh anda. Dalam jarak hanya beberapa kilometer saja, dengan berat badan berlebih dan kekuatan fisik yang loyo, ransel seberat 10 kg akan terasa seperti tas yang dipenuhi batu-batu besar.

Itulah tips melakukan ultralight hiking yang dapat kami berikan kepada anda semua. Jika ada kesalahan dalam pilihan kata, cara penulisan, dan materi yang disampaikan, silahkan meluangkan waktu untuk memberikan koreksi dan tambahan pada kolom komentar, salam lestari!


0 komentar:

Posting Komentar