Kamis, 10 Desember 2015

Selamat Hari Gunung!


International Mountain Day atau Hari Gunung se-Dunia diperingati setiap tanggal 11 Desember. Perayaan ini diprakarsai oleh pemerintah Amerika Serikat sejak tahun 2003. Tujuan utamanya, agar semua warga dunia memahami betapa pentingnya pengelolaan gunung yang bersifat berkelanjutan. Kini, FAO sebagai salah satu organisasi PBB diberi mandat memimpin perayaan ini setiap tahunnya.

Perayaan hari gunung sedunia selalu memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya. Tema-tema yang dipilih selalu menyangkut pengembangan gunung secara berkelanjutan untuk memberikan kesejahteraan khususnya pada masyarakat yang hidup di sekitar gunung.


Tahun ini tema yang dipilih oleh FAO adalah "Promoting mountain products for better livelihoods". Tema ini menyuarakan agar pengelolaan peroduk-produk dari gunung (khususnya hasil pertanian) seperti kopi, cokelat, madu, dll bisa dikemas dengan lebih berkualitas dan dipasarkan dengan lebih baik, agar mendatangkan keuntungan dan manfaat bagi banyak manusia.

Selain itu, produk-produk lain yang berhubungan dengan gunung seperti sektor pariwisata juga ikut disoroti, Jika dikelola dengan lebih baik dan berbasis ramah lingkungan, kegiatan pariwisata gunung seperti pendakian, panjat tebing, paragliding, sepeda gunung dan pariswisata lainnya bisa mendatangkan kesejahteraan untuk masyarakat sekitar sekaligus tidak merusak ekosistem gunung itu sendiri.

Dengan adanya perayaan ini, semoga kita bisa lebih menghargai, mencintai, dan ikut aktif memelihara keindahan dan kelestarian gunung-gunung yang ada di Indonesia.

Selamat Hari Gunung! Semoga gunung Indonesia tetap lestari selamanya!

0 komentar:

Posting Komentar