Jumat, 03 April 2015

Gerakan Yoga untuk Pendaki Gunung

Yoga merupakan salah satu aktivitas meditasi dan latihan fisik untuk meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh. Belakangan ini, yoga sedang banyak digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Gerakan-gerakan yoga banyak yang mendadak populer karena beberapa aktris terkenal mengunggah foto-foto aktivitas yoganya di media sosial, otomatis banyak masyarakat kemudian mencari tahu dan mulai mencoba aktivitas yoga. Aktivitas ini memang memiliki banyak manfaat positif bagi tubuh, terutama kesehatan badan dan pikiran. 

Bagi anda para pendaki gunung, mungkin belum terlalu mengenal apa itu yoga dan manfaat yang bisa di dapat dari melakukan aktivitas yoga. Menurut beberapa sumber yang kami baca, ternyata aktivitas yoga sangat bagus untuk dilakukan, sebagai latihan fisik dan kebugaran tubuh sebelum atau sesudah melakukan pendakian gunung. Kali ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai beberapa gerakan yoga yang bagus untuk pendaki gunung. Mulailah dengan vinyasa yoga, bernafaslah dengan dalam dan lembut, rasakan aliran nafas yang perlahan menyebar ke seluruh tubuh, kemudian lakukanlah gerakan ini satu persatu.

Downward Facing Dog - Aho Mukha Svanasana


    Pose ini merupakan pose yang paling mendasar dalam latihan yoga yang umum dilakukan. Tekankan kedua tangan anda ke atas lantai sambil menekuk kedua lutut anda. Kemudian angkat pinggul anda ke atas, dan kencangkan paha anda sambil menekan tumit ke lantai. Lakukan secara bergantian antara menekuk lutut dan mengangkat pinggul untuk meningkatkan sirkulasi darah pada otot-otot yang lelah. Pose dan gerakan tersebut akan sangat berguna memperkuat dan melenturkan otot paha dan ankle kaki anda, yang mana adalah bagian tubuh yang paling banyak bekerja saat mendaki.

    Plank Pose - Uttihita Chaturanga Dandasana


      Berikutnya, turunkan posisi badan anda menjadi seperti posisi push up. Tahan agak lama posisi badan saat sedang berada di atas seperti yang terlihat pada gambar. Gerakan ini akan memperkuat otot bahu, tangan dan punggung bawah anda, yang mana otot-otot ini sangat sering digunakan untuk memikul beban ransel saat sedang mendaki. 

      Upward Facing Dog Pose - Urdhva Mukva Shavasana


        Turunkan dada anda pada lantai atau matras, kemudian angkat dada dengan meluruskan tangan menekan lantai dan hadapkan wajah anda ke atas. Jika anda sudah cukup familiar dengan posisi cobra tersebut, anda boleh mencoba posisi upward facing dog, dengan paha yang tak menempel ke lantai. Setelah beberapa saat, turunkan kembali dada anda ke matras, dan lakukan kembali gerakan tadi secara berulang-ulang. Atur napas mengikuti gerakan, hirup napas sedalam mungkin saat mengangkat dada dan wajah anda ke atas, dan lepaskan saat kembali ke bawah.

        Cat/Cow Pose - Marjaryasana To Bitilasana


          Berikutnya gerakan yoga dengan posisi kucing atau sapi. Ambil napas yang dalam dengan posisi seperti pada gambar, dimana anda menumpu pada kedua tangan dan lutut anda. Kemudian, lengkungkan punggung anda, dan lebarkan bahu. Tahan napas beberapa saat pada posisi itu, kemudian lepaskan dengan kembali ke posisi awal. Lakukan secara berulang-ulang sambil merasakan aliran napas menyebar ke seluruh tubuh.

          Bride Pose - Setu Bandha Sarvangasana


            Sambil berbaring di lantai, tekuk lutut anda hingga ujung jari anda dapat menyentuh bagian belakang pergelangan kaki. Kemudian perlahan angkat paha dan perut anda ke atas, dan lengkungkan punggung anda seperti terlihat pada gambar. Ini adalah posisi peregangan badan yang sangat bagus, menenangkan pikiran, mengurangi insomnia, dan mendinginkan tubuh anda setelah bekerja dengan lelah. 

            Half Spinal Twist Pose - Ardha Matsyendrasana


              Duduklah dengan tegak, silanhkan kaki kiri anda ke depan kaki kanan dengan lutut yang ditekuk sejajar dengan dada anda. Buatlah posisi ini dengan senyaman mungkin. Kemudian letakkan lengan kiri anda di depan lutut kiri seperti terlihat pada gambar. Gunakan tangan kanan anda sebagai tumpuan di atas lantai, hadapkan wajah ke arah bahu kanan anda. Lakukan selama beberapa saat, kemudian lepaskan, dan ulangi dengan sisi tubuh yang berbeda. 

              Child's Pose - Balasana


                Praktek yoga anda tak akan lengkap tanpa posisi istirahat ini. Posisi ini meregangkan tulang belakang anda, dan memperlancar sirkulasi dari pinggul, melalui punggung, hingga ke kepala dan tangan anda. Biarkan tangan anda rileks di sisi badan, atau simpan didepan dan tekan ke lantai seperti terlihat pada gambar. Posisi tangan di depan akan meregangkan tulang belikat anda, dan membuat rileks punggung anda dari stress setelah beraktivitas seharian. Jika anda punya masalah pada lutut, berikan alas yang lembut di bawah lutut anda.

                Itulah posisi dan gerakan yoga yang bagus dilakukan oleh pendaki gunung. Lakukan secara rutin sebagai persiapan fisik untuk mendaki, agar tubuh anda dalam kondisi siap dan segar saat akan mulai mendaki. Gerakan-gerakan ini juga sangat bagus untuk pendinginan setelah pulang dari pendakian. Biasanya setelah pulang mendaki, kita ingin cepat-cepat beristirahat, tidur panjang di atas kasur empuk semalam auntuk. Daripada begitu, lebih baik anda cobalah gerakan-gerakan ini dulu sebelum pergi ke tempat tidur, peregangan otot-otot dengan gerakan-gerakan di atas akan mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh anda setelah lelah mendaki, agar tubuh anda siap untuk kembali beraktivitas keesokan harinya.

                Baca juga tips-tips yang lain, seperti latihan fisik sebelum mendakitips mendaki gunung sendirian (solo hiking)tips mendaki malamtips packingtips mendaki di musim hujan, 7 kebiasaan mendaki yang bagus,  dan masih banyak lagi tips bagus lainnya. Semoga bermanfaat, salam lestari!

                0 komentar:

                Posting Komentar