Selasa, 24 November 2015

8 Fakta Gunung Everest yang Perlu Kamu Tahu


Siapa yang tak tahu gunung Everest, predikatnya sebagai gunung tertinggi di dunia tentu telah membuat salah satu puncak di pegunungan Himalaya ini menjadi terkenal di seantero dunia. Belakangan popularitasnya juga semakin meningkat, usai beberapa waktu lalu. sebuah kisah pendakian gunung ini diangkat ke dalam film layar lebar.

Dengan popularitas dan statusnya sebagai yang tertinggi, tentu saja gunung ini sering menjadi impian terliar dari para petualang dunia. Beberapa diantaranya kemudian beruntung bisa menginjakkan kaki di tanah tertingginya, namun kebanyakan akhirnya hanya menjadi mimpi belaka, karena banyak sekali rintangan-rintangan yang harus dihadapi untuk mendaki gunung ini, terutama soal masalah biaya pendakian yang sangat mahal.

Agar kita bisa mengenal lebih dekat serta menambah pengetahuan tentang gunung tertinggi dunia ini, berikut ada 8 fakta gunung Everest yang perlu kamu tahu.

1. Mereka yang pertama mencapai puncak Everest


Tahun 1953, pendaki asal Selandia Baru bernama Edmund Hillary bersama seorang Sherpa bernama Tenzing Norgay menjadi 2 orang pertama yang sukses menginjakkan kaki di punyak Everest.

Sedangkan menurut beberapa sumber yang penulis baca, orang Indonesia sekaligus orang Asia Tenggara pertama yang tercatat pernah menginjakkan kaki di puncak Everest masih diperdebatkan banyak pihak, antara seorang pendaki wanita bernama Clara Sumarwati dan Anggota Kopassus Serka Asmujiono.

Clara Sumarwati berhasil mencapai puncak Everest pada September 1996, namun karena kurangnya bukti, terutama foto ketika dirinya memgang bendera di puncak Everest, banyak pihak kemudian menyangsikan kisah pencapaian Ibu Clara. Terlepas dari kontroversi tersebut, dari berbagai sumber pencatatan dunia, Clara diakui sebagai penakluk puncak Everest ke-836. Masyarakat pendaki gunung internasional pun sudah maklum bahwa Clara adalah orang Indonesia dan juga orang Asia Tenggara pertama yang sampai ke puncak Everest.

Sedangkan Serka Asmujiono tercatat berhasil mengibarkan merah putih di puncak tertinggi dunia itu pada April 1997, saat mengikuti misi ekspedisi puncak Everest yang diprakarsai Danjen Kopassus saat itu, yakni Prabowo Subianto.

Terlepas dari kontroversi siapa orang Indonesia pertama yang mencapai puncak Everest, kita patut bangga, karena berkat perjuangan mereka, bendera Merah Putih bisa berkibar di puncak tertinggi dunia, dan Indonesia menjadi negara Asia Tenggara pertama yang berhasil melakukan itu.

2. Ketinggian Everest yang super


Gunung yang termasuk dalam rangkaian pegunungan Himalaya di wilayah Nepal ini punya ketinggian 8.848 meter, yang mana sama dengan ketinggian terbang rata-rata sebuah pesawat penumpang.

Jika angka itu belum memunculkan imajinasi pikiranmu tentang betapa tingginya gunung ini, coba bayangkan bus bertingkat dua ditumpuk-tumpuk di bagian atasnya hingga mencapai 643 unit bus. Setinggi itulah gunung Everest!

3. Statistik jumlah pendaki Everest


Hingga saat ini, jumlah pendaki yang telah berhasil mendaki gunung Everest ada sekitar 3000 orang. Sedangkan korban yang meninggal baik saat sedang mendaki maupun setelah pulang ada sebanyak 210 orang.

4. Antrian di gunung Everest


Meski statusnya sebagai gunung tertinggi di dunia, tidak berarti gunung Everest tidak bisa dipenuhi banyak orang. Banyak orang melaporkan, jika mereka harus terlibat ke dalam antrian saat mendaki di beberapa bagian gunung Everest.

5. Pendaki tertua


Pada bulan Mei tahun 2013, seorang pendaki yang pada saat itu berusia 80 tahun asal Jepang bernama Yuichiro Miura, tercatat sebagai pendaki tertua tertua yang pernah mendaki Everest.

6. Pendaki termuda


Sedangkan yang termuda adalah Jordan Romero asal Amerika Serikat yang berusia 13 tahun saat mendaki gunung Everest di tahun 2010.

7. Pendaki wanita pertama

Pada tahun 1975, seorang pendaki wanita asal Jepang bernama Junko Tabei mencatatkan sejarah sebagai pendaki wanita pertama yang mencapai puncak Everest.

8. Perlu biaya besar untuk mendaki Everest

Sebagai gunung tertinggi dunia dengan medan pendakian yang ekstrem, tentu saja butuh banyak biaya untuk dapat mendaki gunung ini. Menurut kabar yang beredar, jika kamu ingin mendaki Everest, minimal kamu harus mengantongi uang sebesar £50,000 atau setara 1 milyar Rupiah (kurs November 2015). Gila kan, untuk bisa mendaki gunung ini, kita harus jadi milyarder dulu, hihi.

Itulah 8 fakta gunung Everest yang perlu kamu tahu, semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang dunia pendakian dan petualangan. Salam lestari!

Keterangan :
Informasi dalam tulisan ini diambil dari salah satu artikel bbc.co.uk, dengan beberapa penambahan dan pengurangan materi oleh penulis.
Sumber foto : pixabay.com

0 komentar:

Posting Komentar