Senin, 23 Maret 2015

Gunung Malabar (2.343 mdpl)


Info Gunung Malabar - Malabar merupakan sebuah pegunungan cukup luas yang terletak di selatan kota Bandung, dengan puncak tertingginya berada pada ketinggian 2.343 meter diatas permukaan laut (disebut puncak besar) yang cukup mudah dijangkau dari daerah Pangalengan. Dahulu gunung ini memiliki stasiun radio yang sangat terkenal pada zaman kolonial Belanda. Namun kini hanya tinggal tersisa dinding-dinding reruntuhannya saja.

Untuk menuju ke puncak besar, dapat mengambil arah kiri di pertigaan pertama di jalan sebelum masuk pangalengan. Pangalengan berada pada elevasi lebih dari 1.500 meter di atas permukaan laut dan disana ada jalan perkebunan dan pertanian, pondok dan warung sesekali akan ditemui pada perjalanan yang mengarah ke sebuah bukit setinggi 1.900 mdpl yang menuju ke puncak besar. Dari desa Cinyiruan (1.590 mdpl) dibutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk mencapai puncak yang sangat jarang dikunjungi ini sangat, jalur menuju ke sana tidak memiliki tanda jejak dan ditumbuhi tanaman liar yang cukup tinggi.


Sebenarnya mendaki ke Puncak Besar bukan pilihan terbaik jika anda mencari keindahan pemandangan alam, karena puncak ini ditumbuhi banyak tanaman liar dan tidak memiliki view yang bagus. Ada beberapa puncak lainnya yang lebih menarik dan lebih bersahabat untuk dikunjungi dan juga memiliki pemandangan indah, yakni Puncak Puntang (2.223 mdpl) dan Haruman (2.140 mdpl). Dimana Puntang merupakan tujuan favorit pendaki karena memiliki jalur yang bersahabat, sedangkan Haruman sangat curam dan becek. Keduanya dapat diakses dari Mekarsari dan kawasan wisata Gunung Puntang yang memiliki objek lain seperti curug siliwangi dan camping ground. Untuk mendaki ke puncak diperlukan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan.


Puncak Gunung Puntang memiliki view yang sangat indah untuk melihat keseluruhan pegunungan, karena pandangan anda tidak akan terhalangi pohon-pohon tinggi nan lebat. Jika cuaca cerah, anda dapat melihat seluruh kota Bandung, Gunung Burangrang, Tangkuban Parahu, dan Bukit tunggul. Bahkan Gunung Pangrango dapat terlihat di kejauhan.


Perjalanan menuju Puncak Gunung Puntang dimulai dari Pos Gerbang Gunung Puntang dimana sebelumnya ada sekre PGPI (Persaudaraan Gunung Puntang Indonesia). Setelah itu perjalanan berikutnya akan mengikuti punggungan gunung yang jelas terlihat mengarah menuju puncak Mega Gunung Puntang dengan ketinggian 2.223 mdpl.

0 komentar:

Posting Komentar