Kamis, 26 Maret 2015

Tips Memilih Tenda untuk Camping


Tenda merupakan salah satu peralatan paling penting dalam setiap kegiatan pendakian. Tenda berfungsi sebagai rumah tempat kita berlindung saat berada di alam bebas, terutama dari ganasnya cuaca yang memang sering berubah-ubah. Tenda memberikan kita perlindungan dari hujan dan udara dingin.


Memiliki tenda dalam daftar perlengkapan mendaki merupakan sebuah kewajiban jika kita akan melakukan pendakian yang membutuhkan lebih dari sehari perjalanan. Maka dari itu, sebagai seorang pendaki, anda sangat disarankan untuk membeli (meminjam pada teman atau menyewa di rental juga boleh, hehe) sebuah tenda dengan karakteristik dan kualitas yang mumpuni untuk melindungi anda saat camping di hutan dan gunung. Berikut adalah beberapa acuan yang harus anda perhatikan saat memilih tenda untuk kegiatan camping anda.

Inilah hal pertama yang harus anda perhatikan jika hendak memilih atau membeli sebuah tenda untuk camping. Berapa orang anggota grup anda? Pilihlah ukuran tenda yang cukup untuk menampung semua orang. Perhatikan ukuran badan anggota grup, jangan terpaku pada keterangan kapasitas yang tertera pada tenda, karena bisa saja tenda dengan kapasitas 4 orang, tidak muat menampung 4 orang anggota grup dengan badan yang besar-besar. Selain akan menampung seluruh anggota grup, tenda juga harus menampung seluruh barang yang dibawa, maka dari itu, lebih baik memilih tenda dengan ruang yang lebih besar, agar kenyamanan anda saat beristirahat akan lebih terjamin.

    Perhatikan dan perkirakan cuaca yang akan anda hadapi selama pendakian. Pilihlah tenda yang kompatibel dengan cuaca yang akan dihadapi. Jika di negara dengan 4 musim banyak tersedia beragam jenis tenda yang kompatibel dengan cuaca per musimnya, di Indonesia sendiri kita hanya mengenal musim hujan dan kemarau, sehingga akan lebih mudah dalam memilih jenis tenda yang sesuai. Pilihlah tenda yang kompatibel dengan cuaca musim hujan, karena sebagai pendaki kita harus selalu memperhitungkan setiap kemungkinan terburuk, selain itu agar tenda kita dapat kita gunakan di sepanjang tahun.

      Kualitas dan harga adalah 2 hal yang berbanding lurus, jika anda ingin sesuatu dengan kualitas terbaik tentunya wajar jika anda harus merogoh kocek lebih dalam. Namun pemilihan tenda sebenarnya bergantung pada dua hal, yakni intensitas pemakaian dan tingkat kenyamanan. Jika anda akan sering berpetualang dan menggunakan tenda yang anda miliki, serta menginginkan kenyamanan yang maksimal, anda harus memilih tenda dengan kualitas terbaik yang memiliki harga cukup tinggi. Sedangkan jika anda akan jarang bepergian dan hanya memakai tenda sesekali, pemilihan tenda dengan harga yang lebih murah dapat anda lakukan.

        Kapanpun waktu perjalanan yang anda pilih, entah itu sedang musim hujan atau musim kemarau, anda harus selalu bersiap menghadapi hujan, karena hujan selalu menjadi kejutan yang kurang menyenangkan di setiap medan pegunungan. Pastikan layer bagian paling luar dari tenda terbuat dari bahan yang water resistance, agar air tidak mengenai bagian dalam tenda. Pastikan juga alas yang menjadi lantai tenda tidak memiliki kebocoran. Pilihlah tenda yang memiliki dua lapisan, serta memiliki lapisan anti hujan dan sistem ventilasi yang baik.

          Efisiensi dan kepraktisan sebuah alat akan menjadi nilai plus yang sangat berharga dalam memberi kenyamanan di setiap pendakian yang anda lakukan. Memilih tenda yang mudah dibawa, dengan ukuran dan berat yang tak terlalu besar, harus anda pertimbangkan dengan baik, tentunya tanpa mengesampingkan faktor kebutuhan ruang dan kapasitas yang telah dibahas sebelumnya. Cara pemasangan yang simpel juga harus jadi perhatian, semakin simpel pemasangan tenda, akan semakin nyaman digunakan dalam keadaan terdesak dan terburu-buru. Semakin ringan dan simpel sebuah tenda, akan semakin baik dan nyaman untuk dibawa dan digunakan.

          Itulah beberapa tips yang dapat kawan-kawan perhatikan saat hendak memilih atau membeli sebuah tenda untuk camping. Baca juga cara memprediksi cuaca dengan melihat awan. Semoga bermanfaat, dan jika anda memiliki tips lain atau ide tambahan tentang memilih sebuah tenda, silahkan meluangkan waktu untuk menuliskannya pada kolom komentar. Salam lestari!

          0 komentar:

          Posting Komentar