Selasa, 17 Maret 2015

Tips Mendaki Malam


Setiap pendaki memiliki style berbeda-beda dalam melakukan pendakian gunung. Ada yang mendaki dengan ritme yang cepat, ada yang berjalan santai sambil menikmati keindahan alam, ada yang mendaki dengan barang bawaan yang ringan namun efisien (ultralight hiking), ada juga yang memilih mendaki dengan tas carier yang besar demi tercukupinya segala kebutuhan selama mendaki, dan masih banyak lagi gaya mendaki lainnya yang sering dilakukan para pendaki gunung. Namun kali ini, penulis akan membahas salah satu gaya pendakian yang berkaitan dengan pemilihan waktu perjalanan, yakni mendaki malam.

Kebanyakan pendaki gunung sering memilih waktu pendakian di siang hari karena banyak alasan bagus yang mendukung pemilihan waktu ini. Mendaki di siang hari dianggap lebih aman dan nyaman, karena dalam kondisi terang kita akan lebih mudah melihat jalur pendakian yang benar, sehingga akan meminimalisir bahaya tersesat di medan pendakian. Selain itu, mendaki di siang hari membuat kita lebih dapat menikmati keindahan alam pegunungan yang terhampar di sepanjang jalur pendakian. Namun bukan berarti gaya mendaki malam tak memiliki banyak keunggulan, mendaki malam akan memberikan kita kenyamanan dari terik panas matahari yang dapat membuat kita cepat dehidrasi. Bagi yang sering phobia melihat tanjakan, mendaki malam dapat dijadikan solusi, dalam kegelapan, kita tak akan melihat langsung medan pendakian curam yang akan kita hadapi, sehingga meminimalisir kekhawatiran yang dapat membuat down mental kita. Terlepas dari hal itu semua, pengetahuan tentang mendaki malam perlu dipelajari oleh setiap pendaki, karena dalam banyak situasi, kita sering dipaksa mendaki hingga malam karena keterlambatan sebelum sampai menuju tujuan akhir pendakian.


Bagi anda yang akan melakukan pendakian pada malam hari atau terpaksa melakukannya karena kemalaman di perjalanan, inilah beberapa tips mendaki di malam hari yang dapat anda lakukan demi keamanan dan kenyamanan pendakian anda.
  • Persiapkan Peralatan Penerangan yang Baik
Mendaki malam hari adalah soal kegelapan, jika anda tak memiliki alat penerangan jangan coba-coba untuk mendaki malam. Persiapkan alat penerangan yang baik berupa headlamp atau lampu senter, pastikan peralatan tersebut dalam kondisi yang prima untuk digunakan semalaman, bawa juga alat penerangan dan sumber energi cadangan. Gunakan alat penerangan secara efisien, hematlah energi sebisa mungkin.
  • Jangan Mendaki Sendiri
Jika anda akan mendaki malam, lebih baik mengajak banyak teman. Mendaki sendiri pada malam hari akan sangat sulit untuk dilakukan (kecuali bagi mereka penggiat alam profesional yang terlatih), apalagi jika anda memiliki phobia terhadap hal-hal mistik. Jika rasa takut telah menguasai anda, dapat dipastikan pendakian malam anda akan kacau dan berakibat fatal. Mendaki dengan banyak orang akan memberi keuntungan dalam mengambil keputusan dan mengatur suasana serta mental grup.
  • Pelajari Jalur Pendakian
Jika anda belum tahu jalur pendakian atau tak ada seorangpun dalam grup anda yang mengetahui jalur pendakian yang akan anda lalui, lebih baik jangan mendaki malam atau jangan sampai kemalam. Mendaki malam tanpa tahu jalur sangat rentan dengan resiko tersesat. Pelajari dengan baik peta jalur pendakian, banyak bertanya kepada teman yang sudah pernah mendaki gunung yang akan anda tuju, pastikan anda menguasai dahulu sebelum memutuskan mendaki malam.
  • Jangan Terburu-buru
Berjalan dengan terburu-buru saat mendaki malam sangat beresiko cedera dan hilang arah. Berjalanlah dengan perlahan sambil meraba-raba situasi dan kondisi medan pendakian, agar anda terhindar dari hal yang tak diharapkan. Cobalah untuk menikmati keindahan malam.
  • Ketahui dengan Baik Peralatan dalam Backpack Anda
Mendaki dalam gelap akan sangat membatasi pergerakan yang anda lakukan. Maka dari itu anda perlu menguasai setiap peralatan yang ada dalam ransel anda. Pastikan anda tahu dimana letak barang-barang penting seperti lampu dan batre cadangan, jas hujan, P3K atau survival kit, dan peralatan lainnya yang sewaktu-waktu dapat dibutuhkan dalam perjalanan.

Mendaki malam hari perlu banyak persiapan yang matang. Rencanakan setiap perjalanan pendakian yang akan anda lakukan dengan baik, serta perhitungkan setiap resiko buruk yang dapat terjadi. Itulah beberapa tips mendaki gunung di malam hari yang dapat penulis bagikan, semoga bermanfaat untuk anda semua, salam lestari!

0 komentar:

Posting Komentar