Minggu, 23 November 2014

Puncak Tertinggi Sumatra : Gunung Kerinci


Kerinci merupakan gunung api tertinggi di Indonesia. Letaknya berada di Provinsi Jambi, di barat pulau Sumatra, merupakan bagian dari gugusan pegunungan Bukit barisan yang memanjang dari utara hingga selatan pulau Sumatra. Puncaknya yang berada pada ketinggian 3.805 mdpl merupakan puncak tertinggi pulau Sumatra. Gunung ini termasuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, yang merupakan rumah bagi populasi harimau sumatra dan badak sumatra yang terancam punah. Selain itu, di kawasan konservasi ini terdapat bermacam flora eksotis, salah satu yang cukup langka adalah Rafflesia Arnoldi. Gunung ini memiliki kawah seluas 400 x 120 meter yang berisi air berwarna hijau. Gunung ini merupakan gunung api aktif bertipe stratovolcano, terakhir kali meletus pada tahun 2009.


Bagi anda para pendaki, Gunung kerinci juga dibuka untuk pendakian. Jalur pendakian paling umum yang sering dilalui para pendaki adalah jalur pos Kersik Tuo yang berada di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, dengan ketinggian 1400 mdpl. Jika pendakian lancar, dari jalur ini hingga puncak dapat dilalui dengan waktu tempuh satu hari perjalanan. Dari pos Kersik Tuo, perjalanan dilanjutkan ke pos R10 yang dikelola oleh pihak Taman Nasional Kerinci Seblat. Pos ini bertugas untuk mendata dan mengawasi para mendaki yang melakukan perjalanan di kawasan Gunung Kerinci.


Itulah sedikit informasi mengenai puncak tertinggi pulau Sumatra, yakni Gunung Kerinci. Bagi anda yang tertarik untuk mendaki, silahkan lakukan petualangan anda dengan baik tanpa merusak kawasan konservasi. Jadilah pendaki yang ikut mendukung usaha konservasi, agar kelestarian alam Indonesia tetap terjaga hingga anak cucu kita kelak juga dapat menikmati keindahan alam yang ada. Salam Lestari!

0 komentar:

Posting Komentar