Jumat, 28 November 2014

Tips untuk Pendaki Pemula


Mendaki gunung adalah olahraga yang makin banyak digemari oleh masyarakat, khususnya para anak muda. Dari waktu ke waktu, penggemar baru aktivitas ini kian banyak seperti jamur di musim hujan. Banyak diantaranya terpengaruh oleh media-media sosial yang dewasa ini makin berkembang pesat.

Semakin banyaknya para travelers yang mengunggah foto dan cerita petualangan mereka di media sosial, membuat orang-orang yang sebelumnya awam terhadap kegiatan mendaki gunung, tiba-tiba menjadi tertarik untuk mencoba memulai petualangannya sendiri, karena terkesima melihat media berupa foto keindahan alam dan cerita-cerita menarik unggahan temannya. Wajar saja, dengan keindahan alam yang ada di gunung-gunung tinggi, mendaki menjadi kegiatan yang sangat menarik bagi mereka yang memerlukan liburan untuk refreshing, serta dalam rangka mencari tempat berfoto-foto ria untuk diunggah ke media sosial.

Untuk para pendaki yang baru mulai menggemari kegiatan ini, sejumlah informasi mengenai pendakian adalah hal yang paling dibutuhkan. Bagi mereka yang punya kawan seorang pendaki yang telah malang melintang di dunia petualangan, hal ini tentunya tak akan menjadi masalah, karena segala informasi yang dibutuhkan berkaitan dengan kegiatan mendaki gunung bisa langsung ditanyakan pada temannya tersebut. Nah bagi kawan-kawan pemula yang bingung mencari informasi, ataupun malu untuk sekedar bertanya, jangan cemas, kali ini penulis akan memberikan beberapa informasi tentang tips mendaki gunung untuk pendaki pemula. Mungkin ulasan ini tidak terlalu detail dan lengkap, namun kami rasa akan cukup untuk sebagai bekal dasar pengetahuan untuk memulai pendakian pertama anda. Silahkan simak dan pahami dengan baik setiap tips di bawah ini..

Pelajari Tujuan Pendakian

Hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah mencari sebanyak-banyaknya informasi mengenai tempat tujuan pendakian anda. Yang paling utama adalah informasi mengenai tingkat kesulitan medan yang akan dilalui. Jika tempat tujuan anda memiliki medan yang cukup berat, pertimbangkanlah untuk mencari tujuan alternatif dengan medan yang lebih ramah bagi pendaki pemula. Namun jika anda tetap ngotot ingin menuju ke tujuan awal anda, persiapkanlah diri dengan baik, latihlah fisik anda, persiapkan peralatan pendukung yang berkualitas, dan ajak teman anda yang punya cukup pengalaman mendaki gunung, agar pendakian pertama anda berjalan dengan aman, lancar, dan selamat hingga kembali pulang ke rumah.

Persenjatai Dirimu dengan Peralatan Berkualitas

Peralatan mendaki gunung yang berkualitas memang memiliki harga yang tak murah. Namun, dengan peralatan yang berkualitas, pendakian yang anda lakukan akan berjalan dengan aman dan lancar (kecuali ada kecelakaan akibat faktor alam yang tak diduga). Persiapkan peralatan yang sesuai, dari mulai peralatan dasar seperti pakaian dan ransel, hingga peralatan penting lainnya seperti tenda, alat masak, alat penerangan, dll. Usahakan untuk memakai peralatan yang memang khusus untuk pendakian. Misalnya sepatu, sehari-hari anda pasti banyak menggunakan sneakers, sepatu jenis ini tak akan bermasalah jika medan yang akan anda lalui datar-datar saja, namun kebanyakan gunung pastinya dipenuhi dengan tanjakan-tanjakan yang akan membuat sneakers anda tak akan berguna. Untuk mengetahui apa saja yang perlu dibawa, selengkapnya baca di daftar perlengkapan mendaki gunung.

Cek dan Pelajari Perkiraan Cuaca


Cuaca memang merupakan hal yang tak dapat ditebak di alam pegunungan, namun dengan mengetahui perkiraan cuaca, setidaknya kamu akan dapat mempersiapkan strategi untuk kemungkinan terburuk dari perkiraan cuaca yang ada. Misalnya saat sedang musim hujan, anda dapat mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk mendaki gunung saat hujan. Jika sedang kemarau, siapkan pelindung kulit dan muka kamu dari debu-debu yang pasti bakal banyak berterbangan di sepanjang jalur pendakian. Namun terlepas apapun musimnya, kamu perlu selalu siap untuk menghadapi hujan kapanpun dimanapun, karena cuaca di gunung sering berubah-ubah tanpa bisa kita kira-kira.


Bawa Snack Bergizi dan Air yang Cukup

Dehidrasi merupakan musuh utama saat pendakian. Pastikan kebutuhan cairan tubuh anda selalu tercukupi dengan baik, saat cuaca sangat panas, usahakan untuk selalu minum setiap kali tubuh anda merasa haus, jangan memaksakan diri saat dehidrasi menyerang, akibatnya bisa sangat fatal untuk tubuh anda. Selain itu, sempatkan mengisi perut dengan snack batangan bergizi saat anda sedang beristirahat, hal ini akan menambah energi yang dibutuhkan tubuh anda terus untuk berjalan. Lebih baik membawa bahan makanan dan air sedikit lebih banyak, daripada anda kelaparan di tengah hutan. Untuk mengetahui seberapa banyak persediaan air yang harus anda bawa, baca disini.

Jangan Lupa Pemanasan

Sebelum memulai pendakian, usahakan untuk terlebih dahulu melakukan pemanasan pada otot-otot anda, terutama otot kaki. Saat mulai berjalan, jangan paksakan tubuh anda untuk langsung berada pada ritme berjalan yang cepat, berjalanlah secara perlahan, lambat-lambat saja diawal agar otot-otot tubuh anda tidak kaget dan mengalami kram atau cedera lainnya.

Lindungi Persendian Kamu

Hal ini sangat penting dilakukan, terutama saat perjalanan turun gunung. Jangan memaksakan berlari dan melompat-lompat agar cepat melewati jalur, hal ini sangat beresiko menimbulkan cedera pada lutut atau ankle anda. Cobalah untuk sedikit memperlambat langkah anda, fokus pada jalur, pelan tapi pasti. Pertimbangkan juga untuk membawa tongkat hiking sebagai alat bantu. Persendian merupakan bagian vital yang perlu kamu jaga dengan baik, karena jika sendimu mengalami cedera yang cukup parah, hampir dapat dipastikan kamu tak akan mampu untuk melanjutkan perjalanan, dan tentunya bakal merepotkan teman-teman seperjalananmu yang mau tak mau harus siap sedia menolong. Memang di beberapa gunung, ada para volunteer yang siap memberikan pertolongan manakala ada kecelakaan, namun alangkah lebih baik jika kamu menjaga dirimu sendiri dengan baik, sehingga tak akan merepotkan siapapun.

Jangan Mendaki Sendirian


Bagi anda pendaki pemula, diharapkan untuk tidak mendaki secara solo dulu. Usahakanlah untuk memulai pendakian pertama anda bersama grup, baik grup dengan anggota sedikit ataupun banyak orang. Jangan so' berani, gunung bukan tempat yang bisa kamu remehkan, sayangi dirimu, hargai nyawamu.

Hargai dan Hormati Alam sepanjang Jalur Pendakian

Ikutilah jalur yang telah tersedia. Jangan merusak pepohonan di sekitarnya, hargailah alam. Jika tidak terpaksa, jangan coba-coba untuk membuat jalur baru. Selain merusak kelestarian pepohonan yang ada, membuat jalur baru sangat beresiko membuat anda tersesat di hutan.

Hindari Hewan dan Tanaman Beracun

Pelajari tanaman-tanaman beracun yang dapat merugikan anda, dan hindari saat sedang melakukan pendakian. Tetap jaga jarak dengan hewan yang berpotensi membahayakan keselamatan anda, hargai mereka, jangan sekali-sekali mengganggunya dengan berusaha untuk tetap menghindar dari bertemu langsung.

Mulai dengan Gunung yang Ramah

Lihat dan ukurlah diri anda, perhatikan batas kemampuan fisik anda, cobalah untuk memulai dengan pendakian ringan. Saat anda mulai percaya diri dan kemampuan fisik anda telah memadai, barulah cari tantangan pendakian dengan medan yang lebih berat.

Belajar tentang Konservasi Alam


Yang terakhir dan yang paling penting, hargai dan hormati alam liar tempat anda mendaki, dengan tidak merusaknya dan selalu menjaga kelestariannya. Jangan mengotori alam dengan coretan-coretan alay, bawa selalu plastik untuk menampung sampah anda, dan bawa kembali sampah yang anda hasilkan. Jika tidak terpaksa, jangan menebang pohon hanya sekedar untuk bahan bakar api unggun, penebangan pohon sangat merusak ekosistem hutan, api yang dihasilkan juga sangat berbahaya mengundang kebakaran. Sebagai pendaki yang banyak beraktivitas di alam bebas, sudah sewajarnya kita memberikan feedback yang baik terhadap alam itu sendiri dengan menjaga kelestariannya. Lindungi dan cintai alam raya, jangan malah mengotori atau merusaknya.

Itulah beberapa tips mendaki gunung untuk para pendaki pemula yang dapat penulis bagikan, informasi lainnya yang kawan-kawan butuhkan dapat dicari dari sumber-sumber lain yang lebih relevan. Semoga bermanfaat, Salam Lestari!

Baca juga : 7 alasan kenapa kamu harus coba mendaki gunung, 7 kesalahan yang sering dilakukan pendaki pemula, 7 kemampuan yang harus dimiliki pendaki gunung, dan banyak tips-tips menarik lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar