Senin, 24 November 2014

Tips Memilih Sepatu Gunung



Tips Memilih Sepatu Gunung - Sebelumnya, beberapa peralatan untuk pendakian seperti baju dan celana lapangan, kompor lapangan, serta ransel telah disajikan dalam pembahasan terdahulu. Selain itu, karakteristik sepatu gunung yang baik juga telah sedikit dibahas dalam materi peralatan dasar pendakian. Untuk melengkapi bahasan mengenai peralatan pendakian, kali ini penulis akan memberikan sedikit informasi mengenai tips memilih sepatu gunung yang baik.

Sepatu merupakan peralatan dasar yang sangat vital kegunaannya dalam kegiatan pendakian. Karena modal utama dalam transportasi atau pergerakan kita saat mendaki adalah kedua kaki kita yang membutuhkan pelindung agar terhindar dari berbagai ancaman, seperti cedera yang diakibatkan medan terjal berbatu yang kerap dijumpai dalam sebuah pendakian. Fungsi lain dari sepatu adalah sebagai pakaian bernilai estetika yang dapat membuat penampilan kita saat mendaki akan terlihat macho dan keren (dengan catatan kita memakai sepatu yang memiliki tampilan luar bagus).
Saat ini, sangat banyak model dan jenis sepatu gunung yang tersedia di pasaran, itu memberi keuntungan pada kita dengan banyaknya pilihan, namun di lain sisi akan membuat kita sangat bingung untuk menentukan pilihan mana sepatu terbaik yang layak kita beli. Untuk memilih sepatu gunung yang baik (dinilai dari segi fungsi utama sebagai pelindung kaki dan fungsi estetikanya), kita perlu memperhatikan dengan baik berbagai aspek yang ada dalam sepatu gunung yang akan kita pilih. Beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk memilih sepatu gunung antara lain:

1. Pikirkan baik-baik medan seperti apa yang akan anda lalui dalam pendakian yang anda lakukan, pikirkan kemungkinan medan paling buruk yang akan dihadapi, sehingga kita akan dapat menentukan sepatu gunung seperti apa yang kita butuhkan untuk menghadapi medan yang akan kita lalui itu.

2. Pilihlah ukuran yang benar-benar pas dengan kaki anda, terlalu kecil akan sangat menyakitkan untuk dipakai, terlalu loggar akan mengganggu pergerakan dinamis anda. *Tambahan advice dari pengunjung : Namun ukuran yang terlalu pas nampaknya akan membuat ujung jari anda kesakitan karena tekanan saat turun gunung, usahakan memilih sepatu dengan ukuran yang sedikit longgar, agar memberi ruang lebih untuk ujung kaki anda dalam menahan tekanan saat turun gunung. 

3. Perkirakan berat beban yang akan anda bawa saat pendakian, semakin berat beban yang akan anda bawa, semakin baik juga kualitas sepatu yang anda butuhkan guna mendukung perjalanan pendakian anda.

4. Pertimbangkan untuk memilih sepatu yang cukup ringan. Meski harganya mungkin lebih mahal, namun pengurangan beban dari sepatu ini akan sangat membantu kelancaran perjalanan anda.

5. Pertimbangkan juga bahan dari sepatu, sepatu dengan bahan full kulit memiliki keunggulan kuat, tahan banting, anti air, dan breathable (memiliki sirkulasi udara baik), namun memiliki berat yang cukup lumayan. Sementara sepatu dengan bahan campuran kulit dan karet sintetis memiliki berat yang lebih ringan, namun kekuatannya tak lebih baik dari sepatu kulit.

6. Jangan terpaku oleh harga, belum tentu sepatu dengan harga mahal memiliki kualitas lebih baik. Yang terpenting adalah kenyaman di kaki anda, jangan malu untuk mencoba dan bertanya-tanya saat sebelum membeli, agar anda benar-benar mendapat sepatu paling ideal yang anda butuhkan.


Itulah beberapa tips memilih sepatu gunung yang dapat penulis berikan. Telitilah sebelum membeli, jangan memilih dengan asal, karena penggunaan sepatu ini untuk jangka waktu yang lumayan panjang. Pilihlah dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kawan-kawan semua..

0 komentar:

Posting Komentar