Minggu, 30 November 2014

Wisata Air Terjun Warna-warni Padalarang


Air terjun ini bukan tempat wisata sembarangan, lokasinya tersembunyi di kawasan pertanian warga Padalarang, Jawa Barat. Panorama keindahan air terjun warna warni terlihat dari warna airnya yang lain dari air tawar pada umumnya. Fenomena keindahan air terjun ini sangat indah dan menarik. Tapi anda harus berhati-hati jika ingin mengunjungi lokasi air terjun ini, anda wajib menggunakan pakaian anti zat kimia berbahaya demi keamanan dan keselamatan anda. Mengapa demikian? Yups, sebenarnya tempat ini bukanlah tempat wisata, melainkan tempat pembuangan limbah yang dihasilkan pabrik-pabrik industri yang tidak bertanggungjawab mengolah limbahnya. Warna air terjun yang berbeda dihasilkan oleh zat-zat kimia berbahaya yang dibuang langsung oleh pihak industri-industri setempat ke sungai Cihaur, anak sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat, Citarum. Greenpeace sebagai organisasi peduli lingkungan menjadikan kawasan ini sebagai lokasi wisata yang tak biasa, untuk memberikan kritik dan perlawanan terhadap pihak-pihak industri dan pemerintah yang berwenang. Kondisi sungai yang sudah sangat kritis ini perlu perhatian dari masyarakat dan terutama pihak pemerintah, agar segera melakukan tindakan penanggulangan demi menyelamatkan kelestarian sungai-sungai yang tercemar limbah berbahaya.

Mengapa isu pencemaran sungai ini banyak terjadi? padahal sungai merupakan sumber air permukaan yang sangat penting untuk kehidupan kita sebagai manusia. Ambil contoh sungai Citarum yang mengalir membelah Jawa Barat menuju Laut Jawa, sungai ini menjadi sumber kehidupan masyarakat sekitar sungai, baik untuk kebutuhan rumah tangga, irigasi sawah dan ladang, ataupun kebutuhan air pabrik-pabrik di sekitar sungai. Nah, apa jadinya jika air di sungai yang sangat penting untuk kehidupan kita ini tercemar oleh banyak zat-zat kimia berbahaya? Tentu, kesehatan masyarakat kita menjadi sangat terancam.

Marilah kita bersama-sama tingkatkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup sekitar kita. Tak perlu langsung melakukan hal-hal besar, coba mulailah dari hal kecil yang biasa kita lakukan. Cintai lingkungan, selamatkan alam Indonesia. Salam Lestari! 

Foto dan Informasi diambil dari : http://www.greenpeace.org/seasia/id/

0 komentar:

Posting Komentar