Kamis, 27 November 2014

Rumah Sang Naga : Pulau Komodo


Pulau Komodo terletak di kepulauan Nusa Tenggara, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau ini merupakan salah satu pulau paling spesial yang ada di Indonesia, karena merupakan rumah/habitat dari salah satu hewan endemik Indonesia yang paling terkenal di dunia, yakni komodo, kadal terbesar dunia. Selain itu, kawasan ini juga terkenal sebagai tujuan wisata diving, karena keindahan panorama bawah lautnya yang kaya akan keanekaragaman hayati. Luas pulau ini sekitar 390 km persegi, dengan bentang alam mayoritas berupa padang savana. Pulau ini dihuni kurang lebih sekitar 2000 orang penduduk pribumi. Pulau Komodo termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo. 

Keindahan alam pulau komodo, serta keberadaan kadal terbesar di dunia membuat pulau ini populer sebagai tujuan wisata bagi para wisatawan lokal maupun internasional. Bahkan beberapa waktu lalu, pulau ini sempat akan masuk nominasi sebagai salah satu keajaiban dunia. Selain komodo, pulau ini juga dihuni berbagai hewan liar seperti kerbau, rusa, burung kakatua, musang, dan kera. Kegiatan hiking sangat cocok untuk dilakukan di pulau nan indah ini, namun tentunya harus dibarengi dengan pemandu profesional untuk mencegah hal-hal yang berbahaya saat berhadapan langsung dengan komodo sang naga. Pulau komodo juga telah termasuk kedalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.


Ada banyak cara untuk dapat menuju ke pulau komodo. Cara termudah adalah dengan membeli paket-paket wisata dengan berbagai pilihan yang banyak disediakan agen-agen perjalanan. Akses transportasi menuju pulau ini dapat dilalui melaui jalur darat, laut, dan udara. Jalur darat menyediakan bus dari bali menuju labuan bajo, untuk jalur laut ada banyak kapal berlayar dari tanjung benoa bali menuju labuan bajo namun dengan waktu relatif lama yakni perlu 1 hari perjalanan laut. Untuk jalur udara, anda dapat menggunakan pesawat dari denpasar menuju labuan bajo. Dari labuan bajo sendiri perlu menggunakan kapal ferry untuk menyebrang ke pulau komodo.

0 komentar:

Posting Komentar